Mengenal Mobil Listrik Hyundai Kona Electric Rally

Setelah kehilangan mobil pabriknya di Kejuaraan Reli Dunia, Hayden Paddon mulai merancang mobil listrik yang dapat menggetarkan panggung. Kona EV yang memukau yang dibangun oleh tim Paddon sendiri dengan dukungan dari Hyundai Selandia Baru melakukan hal itu. Prihatin dengan arah masa depan reli dan kemampuannya untuk terhubung dengan pabrikan, pemenang Rally Argentina 2016 Hayden Paddon telah memulai perjalanan penemuannya. Pada tahun 2019, mantan pereli Hyundai WRC asal Selandia Baru ini mulai mengembangkan mobil reli Hyundai Kona bertenaga listrik bersama tim yang beranggotakan 10 orang di Selandia Baru. Tujuan utamanya adalah untuk membuktikan konsep reli listrik berperforma tinggi dan mungkin menyediakan platform masa depan untuk disiplin ini.

Powertrain dan Transimisi

Hyundai Kona Electric Rally_2b
Hyundai Kona Electric Rally. (Sumber: Autosport)

Berikut ini adalah panduan mendalam tentang mobil yang dapat memberikan beberapa jawaban untuk masa depan reli. Kona memiliki konfigurasi yang fleksibel di mana hingga empat Motor BLDC Brusa dapat digunakan, menghasilkan output tertinggi 800kW (empat motor), menghasilkan torsi hingga 1.100Nm.

Dalam spesifikasi reli, dua motor digunakan untuk menghasilkan 400kW dengan daya kontinu 260kW-280kW. “Jika Anda tidak memperhitungkan jarak tempuh dan menambah tenaga, maka mobil ini setara dengan mobil Rally1,” jelas Paddon. “Untuk membuatnya bekerja dalam jarak yang lebih jauh, Anda tidak bisa meningkatkan tenaga setinggi itu.

“Apa yang kami coba lakukan adalah membuat mobil ini setara dengan Rally2. Dari segi performa, kami tahu ini lebih cepat. Kita berbicara tentang satu detik per kilometer dibandingkan dengan mobil Rally2 yang setara. Namun kami harus meningkatkan jangkauannya.”

Kona memiliki gearbox berpotongan lurus di bagian depan dan belakang, yang terhubung ke paddleshift. Diferensial dikendalikan oleh komputer, tetapi limited slip diff tradisional masih digunakan.

Ban dan Suspensi

Peredam telah mengalami perubahan, meskipun desain dasarnya mirip dengan mobil reli kontemporer. Namun keseimbangan depan-belakang berbeda karena distribusi bobot mobil hampir 50:50, yang berdampak pada pengaturan peredam belakang.

“Geometrinya berbeda dan hampir diatur dengan cara yang berlawanan dengan apa yang biasanya kami lakukan,” kata Paddon. “Semuanya sedikit mundur ke depan!” Rem berpendingin udara dengan kaliper empat piston telah dibawa dari i20 Rally2 tanpa modifikasi, bersama dengan jajaran ban Pirelli saat ini.

“Pada akhirnya ban akan berevolusi,” katanya. “Kami menemukan bahwa kami tidak terlalu banyak menggunakan dinding samping atau bersandar, karena pusat gravitasi yang rendah, jadi Anda mungkin bisa menggunakan ban yang lebih lembut dan mendapatkan lebih banyak cengkeraman.”

Baterai dan Berat

Hyundai Kona Electric Rally_3c
Hyundai Kona Electric Rally. (Sumber: Kumparan)

Saat ini, prototipe baterai 23kWh menjadi sumber tenaga bagi Kona, yang akan digantikan oleh versi 54kWh yang dikembangkan oleh STARD. Baterai ini diharapkan dapat menghasilkan jarak tempuh 50 km (30 mil) dalam mode reli, jarak yang setara dengan sebagian besar putaran WRC.

“Begitu kami mendapatkan baterai itu di dalam mobil, kami mulai melihat jarak tempuh yang sebanding dengan mobil reli pembakaran,” jelas Paddon. “Umumnya, di antara pengisian bahan bakar, Anda tidak akan menemukan terlalu banyak putaran yang lebih dari 50 km. Jika kami dapat mencapai target tersebut dan berada dalam performa Rally2, maka ini menjadi masalah pengisian daya.”

Mobil ini telah dirancang sedemikian rupa sehingga penggantian baterai dapat dilakukan dalam waktu delapan menit. Paddon percaya bahwa ini “mungkin cara termudah dan paling praktis untuk melakukan reli penuh” hingga jarak tempuh baterai dan kecepatan pengisian daya meningkat.

Paddon mengakui bahwa keterbatasan anggaran membuat Kona dibuat agar tahan lama. Panel bodi merupakan campuran baja dan serat komposit, yang dipasang pada cangkang baja yang didasarkan pada mobil jalan raya Kona. Dengan bobot 1.500 kg, mobil ini memiliki berat 250 kg lebih berat dari mobil Rally1.

“Dengan anggaran yang lebih besar, Anda dapat mendesain sesuatu yang lebih ringan dan lebih kuat, tetapi kami tidak berada dalam posisi untuk merusak banyak hal,” kata Paddon, yang menganggap bahwa penghematan berat 100kg dapat dicapai dengan “cukup mudah”.

“Kami mewakili Hyundai Selandia Baru, jadi kami harus menghasilkan sesuatu yang kuat dan dapat diandalkan. Semuanya mungkin sudah direkayasa secara berlebihan.”

Styling

Untuk membantu meringankan stigma seputar mobil listrik, Paddon dan timnya dengan sengaja mencoba menciptakan mobil reli yang menarik.

Bekerja sama dengan Canterbury University di Selandia Baru, kompromi yang menantang pada aero telah dirancang untuk menghasilkan downforce yang signifikan yang diperlukan tetapi membatasi hambatan “karena pada akhirnya akan mengurangi efisiensi baterai” juga menjadi prioritas, jelas Paddon.

“Kami telah sedikit menjulurkan leher dengan mobil ini,” katanya. “Ada beberapa orang yang tidak ingin menyukai mobil listrik, jadi kami ingin mobil ini terlihat bagus.”

Must Read

Related Articles