Mencoba Mobil Listrik Nissan Sakura

Hal pertama yang kami perhatikan ketika kami menempatkan tubuh kami yang setinggi 6 kaki 5 meter di belakang kemudi Nissan Sakura EV pasar domestik Jepang adalah bahwa kami dapat memakai topi baja di dalam mobil ini. Mobil listrik terlaris di Jepang ini memiliki banyak kelebihan – sempit, tegak, penuh gaya, bahkan mungkin menyenangkan, tetapi sempit bukanlah salah satunya.  Minggu lalu, undangan Nissan ke Tokyo untuk menghadiri Japan Mobility Show dan memberikan kesempatan untuk mengendarai beberapa produk Pasar Domestik Jepang sebagai lauk yang lezat untuk mobil konsep utama.

Mengenal Nissan Sakura

Sumber Gambar: nissan-global.com

Kendaraan yang paling menarik yang ditawarkan adalah Sakura, mobil listrik mini yang murah dan sangat fleksibel yang membuat para pembeli di Jepang berbondong-bondong datang.

Hingga akhir Oktober, Nissan dikatakan telah menjual lebih dari 35.000 Sakura di Jepang, lebih banyak daripada Tesla, yang mana hal ini bukanlah hal yang mudah dilakukan di manapun di dunia.

Sakura juga ringkas, terjangkau, dan ukuran baterainya masuk akal, jauh berbeda dengan mobil listrik yang besar dan mahal yang terus bermunculan.

Kami penasaran untuk melihat bagaimana EV mungil ini bisa melaju di jalanan, dan juga untuk menilai apakah mobil ini bisa menjadi model “produk yang layak minimum” bagi para pengemudi di Amerika Serikat – ukuran persentil ke-99 yang kami gunakan sebagai uji coba yang berguna bagi rekan-rekan. Setidaknya bagi kami yang bertubuh tinggi, hasil awal yang didapat cukup positif.

Mengetahui Lebih Lanjut Tentang Nissan Sakura

Sumber Gambar: nissan-global.com

Model sepeda motor listrik tercepat Energica tidak hanya Ego+ tapi juga dua model lainnya yang tak kalah kencang. Peringkat ke-4 sepeda motor listrik tercepat di dunia menjadi milik Energica Eva Ribelle dan EsseEsse9+.

Keduanya dijadwalkan produksi pada 2022. Keduanya mampu mencapai kecepatan 125 mph atau 201 km/jam. Namun, cara mereka mencapai kecepatan tertinggi berbeda.

Sepeda motor Eva Ribelle merupakan versi telanjang dari Energica Ego+, sehingga menjadikannya sepeda jalanan listrik. Berkat itu, Eva Ribelle juga memiliki motor listrik berpendingin cairan berkapasitas 169 tenaga kuda. Perlengkapan selebihnya sama dengan paket Ego+, baterai 21,5 kWh, rem Brembo, garpu segitiga Marzocchi yang dapat disetel sepenuhnya, dan monoshock Bitubo belakang yang dapat disetel.

Keduanya Mobil sama-sama memiliki bobot yang sama, 259 kg dan hanya memuat 2,6. detik dari 0 hingga 100 km/jam.Energica Eva Ribelle tidak memiliki fairing lengkap. Alhasil, alih-alih berakselerasi hingga 240 km/jam, kecepatannya malah mencapai 201 km/jam. Namun sekali lagi, tetap menempatkannya di peringkat ke-4 sebagai sepeda motor listrik tercepat yang legal di jalan raya.

Sedangkan Energica EsseEsse9+ merupakan sepeda motor listrik menurut The Classic yang telah mengalami peningkatan motor listrik, inverter, dan baterai yang sama. seperti Eva Ribelle. Namun meski versi RS, EsseEsse9+ hanya menghasilkan 107 tenaga kuda. Sebab, akselerasi 0 hingga 100 km/jam membutuhkan waktu 3,0 detik. Kecuali versi RS lebih pendek yang hanya mampu bertahan 2,8 detik.

Namun saat terisi penuh, Energica EsseEsse9+ mampu menempuh jarak hingga 420 km. Energica Eva Ribelle dan EsseEsse9+, masing-masing Pendapatan mulai dari USD 23.800 atau Rp 356 juta dan ​USD 22.850 atau sekitar Rp 341 juta. Kemampuan akselerasi 0 hingga 100 km/jam masih lebih cepat dan murah dibandingkan Porsche 911.

Ketahui Juga Tenaga Mobil Listrik Ini

Nissan Sakura_3c
Nissan Sakura. (Sumber: Detik Oto)

Kami sudah beberapa kali mencicipi apel test drive i-MiEV selama karier ini kami dapat memberitahu Anda bahwa rasanya tidak menjadi lebih baik seiring bertambahnya usia.

Apa pun yang dimiliki mobil ini dalam hal akselerasi dan bobotnya yang relatif ringan (kelas ringan untuk sebuah BEV), diimbangi dengan kualitas pengendaraan yang keras dan merangkak sangat lambat untuk mencapai kecepatan tertinggi.

Powertrain Nissan Sakura yang berasal dari Leaf mungkin tidak memiliki tenaga yang lebih besar daripada i-MiEV – kedua outputnya berada di angka 63 tenaga kuda yang merupakan standar untuk kelas Kei – tetapi semua hal lain tentang pengalaman mengemudinya jauh lebih baik.

Akselerasinya sangat cepat hingga sekitar 20 mil per jam, dengan torsi 144 pound-feet dari pengaturan motor tunggal yang dikirim secara instan dan hanya diperlukan untuk memindahkan 2.381 pon (ditambah kami dan sekaleng Boss Coffee seberat 6 ons). Waktu 0-60 sekitar 8 atau 9 detik terasa sangat masuk akal.

Namun yang lebih penting, mudah bagi kami untuk menyalip bus dan mengalahkan taksi Crown di lampu merah di Tokyo – ini adalah powertrain yang sangat baik untuk sebuah city car.

Must Read

Related Articles