OUR NETWORK

Begini Caranya Mengatur Suspensi Pada Sepeda Agar Terasa Nyaman

Selama ini, banyak yang berpikir bahwa suspensi hanya ada di kendaraan bermotor saja. Sebenarnya, sepeda juga punya dan Anda dapat mengaturnya sendiri. Dengan membuka knob pada spring atau dumper.

Menurut merek, tersedia dua pilihan yaitu per untuk melakukan pengaturan cobalah memutarnya ke arah terbuka atau negatif. Tetapi, perlu diperhatikan bahwa setiap jenis punya istilah berbeda.

Jadi, sebelum mencoba mengaturnya usahakan untuk mempelajari terlebih dulu secara keseluruhan. Selanjutnya, pada jenis udara Anda akan diberikan berbagai macam angka. Untuk penyesuaiannya tergantung dari cara berkendara Anda sendiri.

Tetapi, biasanya di dalam kerangkanya sudah tampak berat serat aturan tekanannya. Bisa menurut petunjuk tersebut, atau diatur sendiri sesuai dengan keinginan. Langkah selanjutnya adalah mencari nilai Sag.

Mengenal Sepintas Sag

Source Image: ridefox.com

Komponen berikutnya adalah mencari nilai Sag. Menurut pengertiannya Sag sendiri memiliki arti sebagai jarak suspensi bergerak saat pengendara naik sepeda itu. Karena, berhubungan dengan jarak.

Maka. jangan lupa siapkan penggaris dan juga meteran. Tetapi, di beberapa sepeda lainnya ukuran ini sudah disematkan. Jadi, Anda tidak perlu mengukurnya terlebih dulu. Biasanya fork dalam sepeda sudah terdapat karet gelang atau disebut dengan O-ring.

Bila memang tidak ada maka bisa Anda ganti menggunakan tali, hanya saja sangat rentan karena mampu merusak bagian fork pada saat membuka serta melepasnya kembali. Dalam pengaturan suspensi ini bisa dilakukan dengan langkah.

Geser karet gelang hingga ada pada posisi dibawah Selanjutnya, berdiri di atas pedal hanya saja untuk melakukannya sendiri akan sulit. Jadi, usahakan untuk meminta bantuan orang lain agar mendapatkan keseimbangan dalam sepeda.

Ayunkan badan naik turun kemudian stabilkan selama 10 detik, mintalah bantuan orang kembali untuk menggeser O-ring ke posisi paling bawah. Selanjutnya, turun kan badan kembali sehingga, menambah beban pada suspensi.

Selanjutnya, lihat pada karet gelang tersebut akan bergeser berapa meter. Bila sudah ada angkanya Anda bisa dengan mudah mengetahuinya. Tetapi, bila harus dilakukan menggunakan meteran ukur saja jarak tali yang sudah bergeser.

Dari sini Anda akan mendapatkan nilai presentase dari sag tersebut. Di mana dapat dicontohkan perhitungannya demikian. Pada fork akan terdapat travel atau jarak suspensi pada piston. 120 mm kemudian bergerser 30 mm Perhitungan presentasenya jadi,
30/120 x 100% sama dengan 25%. Kenyamanan dalam suspensi ini sendiri tergantung juga dari aktivitas Anda. Jadi, ukuran 25% sangat cocok untuk freeride atau downhill.

Mengganti Nilai Dalam Sag

Mengganti nilai dalam sag memang sangat penting sebagai upaya memberikan kenyamanan dalam mengendarai sepeda. Jika, langkah di atas presentasenya kurang sesuai. Anda dapat melakukan perubahan dengan cara sebagai berikut,

Bila menggunakan Spring udara melakukannya dengan mengurangi tekanan udara yang masuk didalamnya untuk coil atau preaload, Anda dapat memutar ke arah negatif atau positif.

Setelah melakukan perubahan ulangi langkah diatas kemudian, lakukan pengukuran lagi. Agar tidak terjadi berulang kali. Anda dapat melakukan perhitungan. Misalnya, di putar beberapa derajat, hasilnya akan berkurang atau bertambah. Bila masih kurang sesuai.

Lakukan kembali, hanya saja Anda sudah mendapatkan angkanya untuk memperkirakan kembali uji coba yang kedua. Dengan begini lebih menghemat waktu, terakhir agar semua tampak sempurna Anda dapat mengatur dumper.

Tetapi, perhatikan juga medan yang akan Anda lalui agar tidak salah dalam mengaturnya. Pengaturan suspensi melalui sag sangat penting, karen setiap jalan punya karakter masing-masing salah satu untuk meredamnya dengan pengaturan suspensi.

Misalnya, jalanan bergelombang membutuhkan peredaman yang cukup banyak. Jadi, suspensi harus harus besar nilai sag pasti tinggi. Atau mau lebih kecil untuk jalanan bergelombang.

Must Read