OUR NETWORK

Cara Memperbaiki Handle Gas Sepeda Listrik

Pada sepeda listrik terdapat berbagai macam komponen penting yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah handle gas. Fungsi utamanya adalah mengatur laju kecepatan. Perlu ada perawatan serta perbaikan bila terjadi kerusakan, karena bagian ini cukup penting. Bukan jadi jaminan, produk baru terhindar dari kerusakan.

Source Image: Market Place

Untuk melakukan perbaikan, Anda harus tahu dulu apa penyebab dari kerusakan tersebut. Cobalah menggunakan alat throttle tester. Alat ini sangat efektif untuk mengetahui apakah handle tersebut masih bagus atau dalam keadaan rusak. Ciri utama saat terjadi kerusakan adalah handle tersebut sulit menghasilkan tegangan 0 hingga 5 volt.

Bila tidak memiliki throttle tester bisa menggunakan alat lainnya yaitu meminjam kontroller 5 volt yang masih dalam keadaan normal. Pasang port untuk trottle dan kontroller, kemudian ukur kabelnya menggunakan supply. Ukur terlebih dulu 5 volt. Lalu, coba ukur kabel signal yaitu, biru dan hitam. Cobalah lihat multimeternya, bila tidak bergerak pertanda ada kerusakan.

Langkah Pertama Dalam Pengecekan

Langkah selanjutnya adalah membuka baut dan sekrup dengan L kecil dan baut. Congkel secara perlahan ujung pada throttle gas Kemudian, Anda akan menemukan Hall Sensor. inilah yang bertugas mengatur kecepatan. Saat dinaikkan atau diturunkan. Biasanya menggunakan seri 49 E.

Bukan F41 atau jenis lainnya Hal ini bisa Anda saksikan pada ujung Hall yang menunjukkan angka tersebut. Coba cek apakah pemasangannya benar atau salah. Bila sisi pada tulisan nomor tersebut menghadap ke bagian dalam, maka pemasangannya sudah benar. Jika, sebaliknya mungkin kerusakan dapat terjadi dari sini.

Karena, arah arus yang terjadi bukan lagi 0 -5 V melainkan sebaliknya 5 – 0 V jadi dari besar langsung turun ke kecil. Dalam siklus handle seharusnya kecepatan di mulai dari angka nol atau terkecil terlebih dulu kemudian, naik ke atas. Cobalah perbaiki hall sensor tersebut menghadap ke arah yang benar.

Selain dari Hall Sensor sebenarnya, ada satu bagian lagi yang ada dalam handle tersebut yaitu bagian lampu indikator. Bila lampu tersebut memang rusak, hal paling mudah adalah menggantinya saja dengan yang baru.

Pergantian Sensor Handle Gas Baru

Pergantian sensor handle gas memang jadi solusi utama bila sensor tersebut ternyata tidak dalam keadaan terbalik. Tetapi perlu diperhatikan dalam penggantiannya, jangan menggunakan produk yang biasa, Melainkan harus baru serta original agar awet dan tahan lama. Memang, dari segi harga jauh lebih mahal.

Tetapi, dilihat awet atau tidaknya tetap akan berbeda. Agar pemasangan ini berjalan sempurna dan tidak terjadi permasalahan lagi kebelakang. Maka lebih baik gunakan dulu lem perekat, sebelum melakukan uji coba kembali. Pasang terlebih dulu bagian hand grip seperti semula. Harap hati-hati agar tidak menimbulkan kerusakan pada komponen lain.

Kemudian, pasang isolator dalan lakukan tahap akhir yaitu di soldier. Perhatikan pula kaki plus dan minus, serta kaki pada data. Karena, sangat kecil jadi harus berhati-hati dan pastikan melakukannya dalam waktu singkat. Hantaran panas dari solder ini bisa mengakibatkan kerusakan pada Hall sensor.

Tahap akhir adalah pengecekan ulang menggunakan kontroller 5 volt. Uji pada bagian sinyal data di supply. Bila memang bergerak, handle gas sudah normal dan bisa digunakan. Tetapi jika masih diam saja, kemungkinan Anda salah memasang sensor. Atau hall sensor kembali rusak, karena terlalu lama dalam tahap soldier.

Saat proses pemasangan kembali, pastikan lampu LED sesuai dengan fungsinya. Karena, lampu ini digunakan sebagai indikator dan setiap warnanya punya arti. Memperbaiki handle gas sebenarnya, sangat mudah. Hanya saja butuh ketelitian terutama saat membuka dan menutup bagian hall sensor hingga teknik soldier, jangan terlalu lama.

Must Read