OUR NETWORK

Komponen Rantai Sepeda yang Harus Kamu Ketahui

Rantai adalah salah satu komponen terpenting pada sepeda. Tanpa rantai, sepeda tidak bisa difungsikan dengan baik. Untuk memperdalam pengetahuan mengenai rantai sepeda, berikut ini penjelasan mengenai komponen rantai yang terdapat pada part tersebut.

Inilah Penjelasan Lengkap Komponen Rantai Sepeda

Komponen sepeda terdiri atas item-item kecil yang digabung dan dirancang sebagai satu rangkaian panjang. Di bawah ini komponen yang terdapat pada rantaj sepeda untuk kamu ketahui.

  1. Side Plates

    Source Image: Printerest @Take A Hike Shop

Side plates adalah komponen rantai sepeda yang berfungsi sebagai penggerak rantai. Laporan ini memiliki ukuran yang kecil.

  1. Inner Plates

    Source Image: Printerest @backcountrycom

Tidak jauh berbeda dengan side plates, inner plates adalah komponen rantai sepeda yang juga digunakan sebagai driven atau penggerak pada sepeda.

  1. Rivet/bushing

    Source Image: Printerest @tune2modperformance

Komponen rantai sepeda yang ketiga yaitu rivet atau bushing. Bisa dibilang bushing merupakan bagian dari perakitan sumbu pusat. Bushing dilengkapi dengan slot tertutup dan slot terbuka.

  1. Roller/rantai sepeda

Komponen rantai yang terakhir adalah roller. Roller atau rantai sepeda bermanfaat sebagai komponen yang dapat meneruskan putaran mesin melalui inner plates dan side plates.

Setelah mengetahui komponen yang terdapat pada sepeda, berikutnya kamu bisa mengetahui perawatan yang bisa dilakukan pada komponen rantai sepeda melalui penjelasan di bawah ini.

  • Membersihkan rantai sepeda menggunakan pelumas

Komponen tersebut perlu dibersihkan secara rutin untuk menghindari karatan pada rantai sepeda. Salah satu bahan yang efektif untuk membersihkan dan menjaga rantai untuk tetap dalam kondisi baik adalah menggunakan pelumas.

Bersihkan rantai sepeda mainan pelumas maksimal dua: sampai tiga bulan sekali secara rutin. Hindari membiarkan rantai sepeda dalam kondisi kotor dalan jangka waktu yang lama hingga bertahun-tahun.

  • Membersihkan rantai sepeda menggunakan cairan pembersih

    Source Image: Printerest @anthembranding

     

Selain menggunakan pelumas rantai sepeda juga bisa dibersihkan menggunakan cairan pembersih. Cairan pembersih dapat mencegah rantai sepeda mengalami kemacetan. menggabungkan pelumas dan cairan pembersih untuk membersihkan komponen rantai adalah kombinasi combo untuk menjaga dan merawatnya.

Di bawah ini panduan membersihkan rantai sepeda menggunakan pelumas dan cairan pembersih yang bisa kamu tiru.

  • Terlebih dahulu bersihkan kotoran atau lumpur yang terdapat pada rantai sepeda menggunakan air biasa. Jangan semprot terlalu kencang pada bagian rantai sepeda agar komponen penting yang ada pada rantai sepeda tidak terlepas. Cukup semprot dengan tekanan normal hingga kotoran dan debu yang menempel bisa terjatuh.
  • Setel rantai sepeda bagian belakang ke gigi terendah dan rantai sepeda bagian depan kegigit tertinggi agar kamu lebih mudah selama proses pembersihan rantai sepeda.
  • Untuk membersihkan bagian rantai sepeda gunakan air hangat dan sikat berbulu kasar agar kotoran pada kaitan rantai bisa dibersihkan secara maksimal.
  • Semprotkan cairan pembersih pada bagian kaitan rantai secara menyeluruh. Penggunaan cairan pembersih bisa muruntuhkan kotoran pada kaitan rantai yang tidak bisa dibersihkan hanya menggunakan air sabun biasa.
  • Setelah rantai sepeda dirasa bersih. Biarkan beberapa saat hingga rantai sepeda kering. Setelah rantai sepeda kering berikan pelumas pada rantai sepeda secara merata,

Berikan pelumas secukupnya saja tidak kurang dan tidak berlebihan. Pelumas yang diberikan terlalu banyak dapat membuat rantai sepeda lebih mudah menarik kotoran sedangkan pelumas yang diberikan terlalu sedikit dapat membuat rantai sepeda menjadi cepat kering.

 

Must Read