OUR NETWORK

Yang Perlu Kalian Perhatikan Ketika Memutuskan Untuk Membeli Sepeda Listrik

Sepeda listrik memang sedang banyak digemari apalagi dengan situasi pandemi seperti ini, kegiatan sepeda menjadi salah satu alternatif olahraga yang sangat digemari karena gampang dilakukan dan juga tidak memerlukan orang yang banyak. Kalian tinggal mengeluarkan sepeda dan kemudian mulai berkendara ke rute yang kalian inginkan dan senangi.

Akan tetapi sepeda listrik sedikit berbeda dengan sepeda konvensional yang digunakan orang kebanyakan, yang dimana perbedaannya sudah pasti pada motor listrik yang digunakan pada sepeda jenis ini. Dengan sepeda listrik kalian mendapatkan perpaduan antara sepeda konvensional dan juga sepeda motor karena kalian dapat menggunakan Throttle layaknya mengendarai sepeda motor.

Akan tetapi tentu saja ada berapa perbedaan yang cukup mendasar dibandingkan sepeda konvensional dan juga sepeda motor. Sepeda konvensional sudah jelas tidak memiliki bantuan Throttle layaknya sepeda motor. Akan tetapi walaupun sama – sama memiliki Throttle berbeda dengan sepeda motor, sepeda listrik tidak takut kehabisan bensin atau tenaga karena mereka memiliki sepasang pedal yang dapat mereka kayuh ketika kehabisan tenaga yang dimana tidak dimiliki oleh sepeda motor.

Nah, buat kalian yang tertarik nih untuk menggunakan sepeda listrik. Dibawah ini akan kami berikan beberapa ulasan mengenai apa saja yang perlu kalian perhatikan ketika kalian memutuskan untuk membeli sebuah sepeda listrik.

Kapasitas Baterai

Sumber Gambar : @electricridelab.com

Ketika kalian memutuskan untuk menggunakan atau membeli sebuah sepeda listrik maka hal pertama yang perlu kalian perhatikan adalah kapasitas baterai yang dimiliki oleh sepeda listrik yang hendak kalian beli. Dengan kapasitas baterai yang besar, maka kalian dapat berkendara dengan jangkauan jarak tempuh yang jauh pula sehingga kalian dapat berkendara dengan lebih puas dan juga nyaman.

Untuk mengukur besar kecilnya kapasitas suatu baterai kalian dapat memeriksa informasi yang ada pada baterai dan satuan untuk kapasitas baterai biasanya akan menggunakan satuan “Watt Jam” atau dengan kode “Wh”. Yang dimana semakin besar jumlah “Wh”-nya maka semakin besar pula kapasitas baterainya dan juga semakin jauh juga jangkauan jarak tempuh yang dapat kalian tempuh.

Performa Mesin Motor Listrik

Sumber Gambar : @electricbikereport.com

Tidak jauh berbeda dengan kapasitas baterai, performa dari sebuah motor listrik juga sangat penting pada sebuah sepeda listrik yang dimana motor listrik ini adalah penggerak utama yang ada pada sepeda listrik. Sebuah sepeda listrik yang memiliki performa motor listrik, akan menghasilkan output tenaga yang besar serta menghasilkan kecepatan yang lebih dibandingkan dengan sepeda listrik dengan motor listrik dengan output yang lebih rendah.

Dengan performa mesin motor listrik yang bagus juga akan membuat sepeda listrik yang kalian gunakan, memiliki torsi yang tinggi juga. Sehingga kalian tidak akan menghadapi masalah yang berarti ketika kalian gunakan untuk mendaki dan juga ketika kalian gunakan untuk mengangkut kargo. Akan tetapi kalian juga harus memasangkan motor listrik kalian dengan kapasitas baterai yang besar pula, karena apabila kalian memiliki motor listrik dengan performa yang baik maka motor listrik tersebut akan menggunakan tenaga yang juga sangat besar.

Jadi apabila kalian menggunakan baterai dengan kapasitas kecil sedangkan mesin motor listrik kalian begitu besar, maka kalian tidak akan dapat berkendara terlalu jauh karena baterai kalian akan dengan cepat habis tenaganya.

Kualitas Desain

Sumber Gambar : @i.pinimg.com

Kalian akan mendapatkan sebuah sepeda listrik dengan kualitas yang berbeda – beda, hal ini juga berpengaruh pada harga dari sebuah sepeda listrik itu sendiri. Komponen yang sama mungkin akan dibuat menggunakan kualitas bahan yang berbeda, sehingga memberikan perbedaan kualitas secara keseluruhan. Pada dasarnya kebanyakan sepeda listrik akan dibangun menggunakan alumunium, dimana juga banyak sepeda listrik yang dibuat menggunakan beberapa bahan lainnya.

Pada sepeda listrik yang memiliki harga lebih mahal, maka bisanya kalian akan mendapatkan sebuah sepeda listrik dengan fitur – fitur premium yang bisa kalian gunakan. Fitur – fitur seperti Integrasi Antara LCD dengan Smartphone kalian, Rem dengan kualitas premium dan juga Drivetrain yang memiliki daya tahan yang lebih lama. 

Fitur Lainnya

Suumber Gambar : @amazon.com

Ketika kalian memutuskan untuk membeli sebuah sepeda listrik, maka ada beberapa fitur lain yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah fitur “aktivasi bantuan pedal dan juga sensai pada pedal”, dengan fitur ini kalian dapat berkendara dengan pedal yang lebih halus dan juga responsif. Biasanya kalian akan mendapatkan hingga empat tingkat bantuan yang dapat membantu kalian dalam berkendara dengan memberikan lebih banyak kecepatan dan juga torsi yang kuat.

Untuk memantau kondisi sepeda listrik kalian, maka akan diberikan sebuah LCD yang dimana kalian dapat memperoleh semua informasi yang kalian perlukan secara Real – Time.

Kalian juga akan mendapatkan sebuah fitur Bluetooth, dimana bisa kalian sambungkan atau hubungkan pada smartphone kalian. Hal ini bertujuan agar kalian dapat memiliki beberapa perintah yang bisa kalian lakukan dengan lebih mudah.

Itulah beberapa hal yang perlu kalian perhatikan ketika kalian memutuskan untuk sebuah sepeda listrik yang dimana bisa kalian jadikan sebagai referensi.

Must Read