OUR NETWORK

Bagaimana Cara Memperbaiki Sistem Elektrik Pada Escooter

Sistem elektrik pada E-Scooter jadi salah satu komponen penting yang harus diperhatikan oleh sejak sekarang. Bila memang tidak dirawat dengan baik, bisa saja akan mati mendadak. Hal ini menjadi kendala tersendiri bagi para pemiliknya. Bila sudah seperti ini tidak perlu panik, ada beberapa cara bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Cobalah untuk cek pada bagian baterai. Masalah terjadi dari alat transportasi ini adalah baterai. Daya listrik sebagai tenaga utama dari Scooter tersebut akan tersimpan setelah melakukan pengisian. Tetapi, ada beberapa kasus sering terjadi, setelah selesai Charge. Tenaga tetap tidak keluar, justru semakin lemah.

Hal kedua adalah saat proses pengisian daya, harus memenuhi standar yaitu full dalam waktu tertentu. Tetapi, pada kasus ini berbeda. Proses Charge berjalan sangat cepat. Bila keduanya terjadi, bisa dipastikan ada yang salah dari baterai tersebut. Bila tetap dibiarkan begitu saja sangat berbahaya.

Caranya cukup mudah, tinggal ganti saja baterai tersebut. Sayangnya, untuk membelinya membutuhkan biaya tidak sedikit. Oleh karena itu, cukup ganti saja bagian mana yang rusak. Agar lebih aman, bawa saja ke pusat perbaikan. Periksa lebih jauh, bila mengalami pergantian usahakan mereka yang menggantinya.

Tetapi perlu diperhatikan, setelah menggantinya usahakan menggunakan escooter dengan bijak. Jangan melakukan pengisian daya terlalu lama. Bila memang standar 2 jam cukup waktu itu saja. Usahakan untuk tidak melakukan akselerasi secara dadakan dan hindari jalanan menanjak walau bisa melewatinya.

Cobalah Periksa Pada Bagian Dinamo

Pada sistem elektrik di scooter bagian tersebut biasanya mengalami kerusakan pada bagian dinamo. Bila kondisi baterai kamu tetap baik-baik saja. Cobalah untuk memeriksa bagian Dinamo. Cara untuk mengetahui apakah bagian ini rusak atau tidak cukup mudah, cobalah hidupkan escooter ini.

Coba dengarkan dengan seksama suara mesinnya, pasti terasa pincang putaran pada mesin terasa sangat pelan atau malah tidak mampu dinyalakan pada saat di tambah gas. Cobalah membuka pada bagian jok. Selanjutnya coba cari komponen port hall sensor. Dari sana, kamu bisa mendapati ada lima warna kabel.

Biru, merah, hitam, kuning dan hijau. Keluarkan seluruh kabel tersebut lalu hidupkan kembali. Cobalah cabut salah satu warna itu, bila memang suaranya masih sangat pincang berarti memang ada salah satu komponen yang rusak. Hal berbeda bila saat kamu mencabut salah satu tetapi, suaranya tidak pincang. Maka, hanya kabelnya saja yang memang rusak dan harus ganti.

Periksa Juga Komponen Kontroller

Bagian terakhir yang harus kamu periksa juga adalah komponen kontroller. Salah satu pertanda yang dapat dilihat adalah pada bagian gas motor sulit dinyalakan walau pada kondisi on. Untuk memperbaikinya, kamu cukup mengganti bagian yang rusak saja. Dengan begini semua akan beres dan dapat bekerja seperti biasanya.

Bila memang kamu paham pada bagian kontroller ini, langsung saja diganti. Tetapi, kalau memang kurang paham. Cobalah membawanya ke bengkel. Dengan begini kemungkinan mengalami kesalahan dalam penggantian dan perbaikan bisa diminimalkan. Karena saat kesalahan itu terjadi, bisa jadi muncul kerusakan baru yang lebih parah.

Sistem elektrik pada scooter listrik ini memang penting untuk selalu diperiksa. Agar tidak terjadi hal demikian, usahakan untuk merawatnya dengan baik. Mulai dari bagaimana cara menggunakannya. Karena, sistem perawatan tidak akan jadi maksimal bila kamu sendiri salah dalam menggunakannya.

Salah satu cara terbaik adalah pergunakan alat transportasi ini pada jalanan lurus dan halus. Hindari tanjakan walau mempunyai kemampuan untuk menaklukkannya. Serta jangan lakukan manuver dengan akselarasi mendadak.

Must Read