OUR NETWORK

Review : Fliteboard

Produk eFoil semakin tahun semakin digemari dan semakin dapat kalian temukan dimana saja. Tidak mengherankan memang karena produk eFoil ini menawarkan sensasi berbeda yang para peselancar rasakan selama ini. Jadi tidak heran kalau banyak pengguna papan selancar konvensional mulai berpindah ke efoils. Untuk produknya sendiri sudah mulai banyak diproduksi oleh pabrikan – pabrikan ternama salah satunya adalah Fliteboard Pty. Ltd.

Flightboard didirikan oleh David Trewern yang tumbuh besar sebagai peselancar konvensional dan juga Peselancar Angina tau Windsurfing hingga pada suatu saat ketika dia mengikuti sebuah ajang pada tahun 2016 yang dimana tidak ada angin sama sekali. Membuat dia memiliki ide untuk membuat sebuah papan selancar tapi dengan menambahkan mesin motor listrik yang membuat dia dapat berselancar walaupun tanpa ombak dan juga angin.

Dengan hanya bermodalkan sebuah dapur yang dia berubah menjadi bengkelnya dia mulai mengerjakan apa yang ada di otaknya saat itu. Dan setelah mengalami overdrive dengan printer 3D – nya dan setelah lusinan prototype diciptakan akhir Fliterboard pun muncul untuk pertama kalinya.

Usaha David memang tidak sia – sia karena Fliteboard sekarang menjadi salah satu perusahaan eFoils atau Hydrofoils terbaik di dunia. Sudah begitu banyak penghargaan dan pengakuan yang didapat dari perusahaan ini.

Fliterboard sendiri memiliki empat varian model yang bisa kalian pilih dengan harga yang sama yaitu sebesar 17,795 Dollar atau sekitar Rp. 210 juta – an. Harga yang cukup tinggi mengingat dengan uang segitu kalian sudah bisa mendapatkan sebuah mobil. Tapi tentu saja harga yang ditawarkan sesuai dengan pengalaman yang akan kalian dapatkan.

Untuk empat varian model itu sendiri bernama Fliteboard, Fliteboard Pro, Fliteboard Ultra dan juga Fliteboard Air. Nah berikut akan kami berikan kelebihan yang ditawarkan masing – masing varian model Fliteboard tersebut.

1. Fliteboard

Sumber Gambar : @nauticexpo.com

Produk paling standar yang mereka tawarkan. Dibuat menggunakan Sandwich Karbon PVC dengan lapisan dek Innegra yang juga dilengkapi dengan baterai Explore 40 Ah / 2,1 KWh yang juga dikenal dengan “Flitecell” yang dapat beroperasi rata – rata mencapai 60 sampai 90 menit tergantung bobot si pengendara.

Baterai Fliteboard sendiri memerlukan waktu hingga 3,5 jam untuk terisi penuh apabila dalam keadaan normal. Untuk memasang baterai ke slot juga tidak lama, hanya memerlukan waktu kurang lebih 20 detik yang dapat kalian lakukan mau di darat ataupun di air.

Hadir dengan sayap karbon standar dengan foil tips dengan aspek desain menengah serta ujung sayap yang melengkung ke bawah memberikan kecepatan maksimum hingga mencapai 32 kilometer per jam. Bobotnya sendiri seberat 37 kilogram saja jadi kalian bisa menggunakan Fliteboard dengan nyaman.

2. Fliteboard Pro

Sumber Gambar : @takeoffluxurytoys.com

Untuk performa terbaik Fliteboard Pro jawabannya, sama seperti Fliteboard standar yang juga menggunakan Flitecell hanya saja dengan kapasitas yang lebih kecil dibandingkan Fliteboard standar yaitu sebesar 30 Ah / 1,65 KWh dengan rata – rata waktu pengoperasian 45 hingga 60 menit yang akan terisi penuh dalam dua jam pengisian daya dalam keadaan normal.

Model ini hadir dengan sayap Flyer yang tipis dan juga kecil yang tentu saja dengan desain yang memungkinkan kalian mencapai kecepatan tertinggi hingga 40 kilometer per jam. Tidak ada perbedaan yang terlalu mencolok dengan Fliteboard standar soal penyetelan stabilizer yang sama.

Dengan desain dan bahan pembuatan yang sangat dijaga kualitasnya membuat kalian hampir tidak merasakan getaran karena motor listrik terendam lebih dalam dibandingkan dengan eFoils yang ada pada kelasnya.

Secara keseluruhan Fliteboard Pro sangat stabil dan juga solid mungkin perbedaan yang paling mendasar akan kalian temukan pada Sensitivitas Pitch dan Rollnya yang sangat dramatis jika dibandingkan dengan Fliteboard Standar.

3. Fliteboard Ultra

Sumber Gambar : @shopify.com

Tahu julukan Fliteboard yang satu ini “Mesin Adrenalin” yang rasanya sangat cocok dan pantas karena dengan Fliteboard Ultra kalian bahkan bisa melakukan maneuver Backflip sebuah maneuver yang tidak gampang dilakukan jika menggunakan eFoils lain.

Fliteboard Ultra sangat cocok bagi kalian para ahli atau profesional yang ingin memiliki sebuah papan eFoil yang memiliki responsive yang mantap dan juga dengan ukuran sekecil mungkin karena dengan itu kalian bisa merasakan benar – benar terbang.

Saking responsivenya Fliteboard Ultra bahkan akan merespon setiap gerakan kecil yang kalian buat. Luar biasa bukan? Tapi tentu saja hanya bisa dikendarai oleh kalian – kalian yang sudah ahli.

4. Fliteboard Air

Sumber Gambar : @alicdn.com

Kenapa namanya Fliteboard Air karena ini adalah satu – satunya Fliteboard yang merupakan papan tiup jadi kalian memang perlu menambahkan udara kedalam papan sebelum kalian gunakan.

Dan selain itu juga Fliteboard Air merupakan papan Fliterboard yang memiliki ukuran paling besar dibandingkan dengan varian model yang lainnya. Tapi dengan ukurannya ini membuat kalian memiliki ruang yang lebih bebas untuk berdiri dan bahkan memiliki ketahanan yang lebih dibandingkan dengan model yang terbuat dari bahan serat karbon.

Berbeda dengan varian sebelumnya kalau Fliteboard Air disarankan bagi mereka yang masih pemula karena memiliki daya apung yang lebih besar dibandingkan varian model lainnya. Nah daya apung ini yang memungkinkan kalian belajar jauh lebih mudah. Belum lagi pengemasan yang lebih praktis yang tentu saja dikarenakan ini merupakan papan tiup.

Jadi itulah papan eFoil dari Fliteboard sebuah merek yang sudah mendunia yang dimana tidak akan mengecewakan kalian.

Must Read