OUR NETWORK

Skuter Listrik Pertama Dari Vespa, Vespa Elettrica

Piaggio induk perusahaan dari Vespa memang terkenal dengan motor – motor Scooternya yang tidak hanya digemari oleh orang – orang tua tetapi juga anak muda. Banyak Scooter yang dihasilkan dari perusahaan ini menjadi begitu disenangi.

Nah baru – baru ini akhirnya Piaggio melalui Vespa mengeluarkan E – Scooter atau skuter listrik pertama mereka bernama Electrica. Wajar saja mengingat kalau Skuter listrik memang sedang digandrungi oleh banyak orang karena gerakan kendaraan non – emisi yang sedang digaungkan oleh banyak pihak.

Karena banyak yang menganggap kalau kendaraan beremisi adalah salah satu alasan yang membuat polusi lingkungan. Skuter Listrik Vespa Elettrica ini sendiri diperkenalkan di gelaran EICMA ( Esposizione Internazonale Ciclo Motociclo e Accessori ) atau Milan Motorcycle Show pada tahun 2017 silam.

Hadir Dengan Tampilan Yang Elegan Nan Cantik

Sumber Gambar : imotorbike.vn

Skuter listrik ini merupakan Skuter Listrik pertama yang di produksi oleh Vespa secara masal, bentuknya sendiri tidak jauh berbeda dengan Scooter – scooter yang di produksi oleh Vespa. Hanya saja untuk Skuter Listrik pertamanya sudah pasti pihak Vespa sendiri memberikan sentuhan yang berbeda dengan skuter – skuter sebelumnya.

Dengan balutan warna full silver ditambah dengan trimming warna biru menjadikanVespa Elettrica ini tidak hanya terlihat cantik tetapi juga sangat elegan. Jadi buat kalian yang gemar dan menyukai warna – warna seperti ini sepertinya skuter listrik yang satu ini bisa menambah koleksi kalian ya.

Untuk warna sendiri kalian tidak perlu khawatir karena pihak Vespa sendiri memberikan beberapa pilihan komposisi warna, walaupun masih didominasi oleh warna bodi full silver yang berbeda hanyalah warna dari trimmingnya saja. Semisal kombinasi dari silver dan kuning atau kombinasi silver dan juga hijau dan kombinasi – kombinasi lainnya.

Mengenal Lebih Dekat Vespa Elettrica

Sumber Gambar : nextpit.com

Perlu kalian ketahui kalau Vespa Elettrica bukanlah EV atau Electric Vehicle hybrid kerena skuter listrik ini sudah menggunakan tenaga penggeraknya sudah full listrik tanpa ada pilihan untuk menggunakan Bahan Bakar Minyak. Dengan peak power mencapai “hanya” 4 kilowatt, jadi tenaga yang dihasilkan oleh Vespa Elettrica bisa dibilang hanya sedikit diatas motor – motor konvensional berbahan bakar minyak dengan kubikasi 50 cc.

Untuk jangkauan sendiri pun tidak terlalu jauh mengingat untuk sekali perjalanan hanya bisa menjangkau sejauh 100 kilometer dalam satu kali pengisian daya selebihnya kalian harus melakukan pengisian daya lagi.

Sebagai perbandingan saja, Skuter Vespa konvensional seperti Vespa Primavera mampu menempuh jarak sekitar 331 kilometer berbeda jauh dengan Skuter Listrik Vespa Elettrica yang hanya mampu menempuh 100 kilometer saja. Untuk pengisian daya sendiri dari baterai kosong hingga penuh memerlukan waktu hingga empat jam jika kalian menggunakan sambungan listrik biasa.

Spesifikasi Vespa Elettrica

Sumber Gambar : img1.icarcdn.com

Untuk baterai sendiri skuter listrik ini menggunakan Baterai Piaggio 4,2 kWh Lithium – Ion dengan Built – in Battery Charger. Dengan besar daya sebesar 48 Volt dan kapasitas baterai mencapai 86 Ah yang akan penuh dalam empat jam pengecasan kalau kalian menggunakan Voltase sebesar 220 Volt. Skuter Listrik Vespa Elettrica ini juga sudah dilengkapi dengan sistem KERS atau Kinetic Energy Recovery Sistem.

Dan untuk pengereman Vespa Electronica ini juga sudah menggunakan sistem Regenerative Braking yang artinya Vespa ini akan menangkap kembali energi dari hasil pengereman sehingga akan mengisi kembali energi baterai kalian walaupun tidak besar.

Pada tahap awal penjualan skuter listrik ini hanya akan dilakukan di wilayah Eropa, Amerika dan juga Asia tapi untuk soal harga pihak Piaggio sendiri belum membuka harga pasti. Tapi pabrikan asal Italia ini sudah mengungkapkan kalau target pasar mereka adalah kalangan High – End secara global. Yang kisaran harganya diperkirakan akan menyentuh hingga angka Rp. 200 juta – an.

Nah buat kalian pecinta Vespa sepertinya skuter listrik yang satu ini bisa menjadi tambahan ya di koleksi Vespa – vespa kalian. Yang dimana kita tahu kalau Vespa sendiri memang memiliki begitu banyak penggemarnya di Indonesia. sehingga tidak heran kalau kalian bisa dengan mudah menemukan komunitas – komunitas pecinta Vespa.

Must Read