OUR NETWORK

Tip Merawat Baterai Escooter Agar Lebih Awet dan Tahan Lama

Escooter saat ini sedang jadi primadona di kalangan masyarakat perkotaan. Karena, populernya banyak pabrikan mulai mengembangkan dan memproduksinya. Harganya juga bervariasi mulai dari satu sampai puluhan juta rupiah. Tingginya harga membuat alat satu ini harus benar dan tepat dalam merawatnya.

Agar tidak banyak komponen yang rusak sehingga, harus ganti yang baru. Salah satu yang harus diperhatikan adalah baterai. Di mana bahan bakar dari Escooter ini sendiri adalah listrik yang tersimpan dalam baterai. Perlu diketahui bahwa harga baterai ini sendiri sangat mahal angkanya bisa mencapai jutaan rupiah.

Source Image: Printerest @carsoid

Teknik merawat yang bisa kami rekomendasikan sebagai berikut. Pertama, saat baterai habis, lebih baik langsung lakukan pengisian daya, jangan pernah ditunda. Membiarkannya kosong dalam waktu lama akan menurunkan kekuatannya. Langkah dalam melakukan pengisian mesin sulit, Anda hanya perlu mematikan terlebih dahulu.

Jangan pernah mengisi daya saat kondisi skuter sedang On sangat berbahaya. Perhatikan waktu pengisiannya. Di sana sudah ada lampu indikator yang dapat menjadi tanda apakah sudah penuh atau belum. Langsung saja lepaskan listrik bila memang sudah dalam keadaan penuh.

Sangat disarankan mengisinya selalu langsung penuh, jangan hanya setengah atau tinggal sedikit langsung diputus. Perilaku seperti ini membuat kondisi baterai lambat akan melemah. Hal tersebut bisa diketahui dengan melihat ketahanan skuternya. Misalkan, biasanya mampu menempuh 10 kilo jadi hanya 9 kilo saja.

Perhatikan Petunjuk Penggunaan

Langkah selanjutnya yang harus diperhatikan adalah cara berdoa. Memang, setiap skuter mampu melintas di jalan tanjakan. Tetapi, jangan terlalu sering, walaupun diizinkan dengan sudut kemiringan 15% saja. Namun, usahakan jangan melakukannya. Tetap cari jalan lurus, datar, dan halus.

Cara kerja dari baterai hampir ini sama saat Anda menggunakan ponsel. Semakin tinggi penggunaan maka akan menguras baterai sangat cepat. Dengan begini, kamu bakal lebih sering mengisi daya. Jika, memang terlalu banyak jalan tanjakan. Untuk mengemat baterai lebih cepat secara manual saja.

Selanjutnya, petunjuk batas batas beban. Memang scooter ini mampu lebih dari 150 kg sekaligus. Tetapi, hal tersebut akan membebani baterai. Konsumsinya lebih banyak jadi, kesempatan untuk cepat rusak dan harus diganti sangat besar.

Gas Perlahan Saja Jangan Langsung Ngebut

Perawatan baterai juga dilakukan dengan bagaimana caranya Anda dalam mencapai. Bila biasanya dalam mengendarai langsung gas kencang. Mulai sekarang lebih baik dan perlahan dulu. Biarkan kecepatannya naik secara alami. Perlu diingat, Escooter ini dibuat bukan untuk kebut-kebutan atau melaju kencang.

Tetapi, alat itu diciptakan hanya untuk santai dan menikmati suasana yang ada. Tidak heran jika kecepatan maksimalnya hanya bisa berlari 25 km / jam. Secara ilmiah, gas yang ditarik dengan cepat menyebabkan gangguan pada penyerapan energi listriknya. Jumlahnya akan melonjak tajam dan sangat besar.

Bila dibiarkan dapat merusak bagian pengontrol karena semakin panas. Kontroler yang panas akan menurunkan daya dari baterai itu sendiri. Hampir semua petunjuk sudah tersedia pada buku petunjuknya. Jadi, sebelum menggunakan tidak ada salahnya untuk dibaca dan dilaksanakan terlebih dahulu.

Merawat Escooter memang harus tepat dan disipilin agar sepeda ini bisa dijalankan dengan baik saat digunakan. Melihat harga baterainya yang sangat tinggi, tidak heran jika sejak sekarang Anda harus melakukan perawatan dengan baik. Jika, jarang digunakan, laporan kondisi baterai untuk selalu membayar.

Tidak ada salahnya selalu mengisi setiap kali kondisi habis. Agar tidak masalah permasalahan baru. Usahakan untuk membersihkan setiap hari. Debu dan kotoran akan masuk serta menempel pada beberapa elemen. Takutnya, saat pemasangan baterai komponen itu tidak dapat bekerja dengan baik, efeknya menguras listrik terlalu banyak.

Must Read