OUR NETWORK

Tips Merawat Baterai Skuter Listrik

Baterai merupakan salah satu komponen vital yang ada pada skuter listrik sehingga komponen ini memerlukan perhatian lebih. Yang dimana kita tahu kalau baterai memiliki umur pakai, selain itu juga komponen yang satu ini juga memiliki garansi yang lebih pendek. Umur baterai sendiri diukur dengan siklus pengisian. Biasanya baterai sudah akan menurun performanya ketika mencapai 300 sampai 500 siklus pengisian daya.

Tapi bukan berarti setelah 300 sampai 500 siklus pengisian daya kemudian baterai tidak bisa lagi digunakan. Akan tetapi setelah melewati siklus pengisian daya tersebut kapasitas baterai mulai mengalami penurunan biasanya sekitar 25 sampai 30 persen. Berkurangnya kapasitas baterai secara berkala ini yang akan membuat performa si baterai juga makin melemah.

Tetapi apabila baterai kalian dirawat dengan benar maka bisa membuat baterai kalian awet dan tahan lama. Berikut akan kami berikan tips merawat baterai skuter listrik kesayangan kalian agar awet.

1. Charge Dengan Cara Yang Benar

Sumber Gambar : escooternerds.com

Walaupun para pengguna skuter listrik tidak pernah menggunakan skuter listrik sampai baterainya benar – benar habis tapi disarankan untuk selalu melakukan pengecasan. Jadi ketika kalian sudah menggunakan skuter listrik kalian ada baiknya selalu di cas agar ketika hendak kalian gunakan baterai dalam keadaan optimal.

Sangat tidak disarankan untuk kalian menghabiskan atau membiarkan baterai kalian dalam keadaan dayanya di bawah 10 persen apalagi habis sama sekali. Ada beberapa tips pengecasan yang benar agar baterai kalian awet.

  • Ketika kalian baru membawa pulang skuter kalian langsung dicas paling tidak selama dua belas jam.
  • Lakukan pengecasan ketika mesin skuter benar – benar dalam keadaan dingin agar tidak menyebabkan overheat pada baterai.
  • Ini kasus yang paling sering dialami yaitu membiarkan charger tetap terpasang padahal baterai sudah penuh. Jangan pernah lakukan itu pada skuter listrik, selalu ingat cabut baterai apabila sudah dalam keadaan penuh jangan dibiasakan charger terpasang terus.
  • Pastikan skuter listrik anda dalam keadaan mati ketika sedang melakukan pengecasan.
  • Jangan pernah kalian meninggalkan skuter kalian ketika sedang discharge karena bisa membuat baterai bengkak atau bahkan meledak karena terlalu banyak daya listrik.

2. Gunakan Charger Resmi

Sumber Gambar : walmart.com

Agar baterai skuter listrik kalian tetap awet selalu gunakan charger resmi keluaran produsen skuter yang kalian miliki. Karena semua skuter listrik pasti memiliki charger bawaan yang sudah sesuai dengan dengan skuter listrik kalian.

Jangan pernah kalian mencoba mengecas baterai kalian menggunakan casan yang tidak resmi atau KW. Karena selain bisa saja tegangan yang tidak cocok atau karena alasan lainnya. Memang harga charger yang tidak resmi atau KW jauh lebih murah daripada yang resmi. Akan tetapi membeli charger resmi jauh lebih baik daripada kalian harus membeli baterai baru.

3. Perhatikan Tempat Kalian Menyimpan Skuter Listrik Kalian

Sumber Gambar : @brunei.desertcart.com

Ada kalanya kalian tidak akan menggunakan skuter listrik kalian dalam waktu yang cukup lama ketika kalian sedang dinas keluar kota misalnya. Sehingga membuat kalian tidak bisa menggunakan skuter listrik kalian dan harus menyimpan skuter listrik kalian. Nah, untuk tempat penyimpanannya sendiri kalian tidak bisa sembarangan lho. Harus kalian perhatikan dimana kalian akan menyimpan skuter listrik kesayangan kalian.

Pertama – tama ketika kalian harus memastikan kalau baterai kalian masih memiliki daya setidaknya 40 sampai 50 persen. Itupun dengan catatan kalian hanya pergi selama sebulan karena kalian harus mencharge baterai kalian sebulan sekali.

Selain itu juga kalian harus menyimpan skuter listrik kalian di tempat yang suhunya pas. Kalian tidak boleh menyimpan skuter kalian di tempat yang suhunya terlalu dingin karena bisa menyebabkan baterai kalian membeku. Begitu juga jangan simpan skuter listrik kalian ditempat kalian di tempat yang langsung terkena terik matahari karena bisa membuat baterai kalian menjadi panas dan bisa rusak permanen.

Maka dari itu kalian harus benar – benar memperhatikan lokasi atau tempat kalian menyimpan skuter listrik kalian karena akan berdampak langsung ke baterai kalian juga. Hal  itu juga yang akan menentukan dari umur baterai yang kalian gunakan semakin teliti dan telaten kalian menjaga baterai kalian, maka semakin panjang juga umur dari baterai kalian.

Must Read