OUR NETWORK

Bagaimana Kalau Sampai Jatuh Dari Jetski?

Olahraga Jetski memang sangat menyenangkan. Namun dibalik asyiknya permainan ini ternyata tetap ada resiko yang perlu kamu ketahui agar kamu bisa waspada dan tetap berhati-hati saat bermain Jetski.

Beberapa Resiko Kalau Tidak Hati-Hati Sampai Jatuh Dari Jetski

  • Mengalami patah tulang

Resiko pertama yang dapat terjadi saat kamu bermain jetski yaitu mengalami patah tulang. Patah tulang bisa terjadi saat jetski terkena ombak saat bermain Jetski. Patah tulang bisa terjadi pada bagian kaki, tangan bahkan leher. Adanya resiko patah tulang perlu kamu waspadai agar tetap berhati-hati dan tidak mengendarai jetski dalam kecepatan yang tinggi.

  • Terbawa Ombak

Resiko permainan jetski yang kedua yaitu lawan terbawa ombak. Arus ombak yang kencang bukan tidak mungkin akan menyebabkan pengendara jetski tebawa arus. Apabila beruntung kamu bisa terdampar di pinggir pantai atau laut.

Namun apabila ombak yang menghantam berkekuatan besar bukan tidak mungkin kamu dapat terbawa arus hingga ke tengah laut. Resiko yang paling ringan yaitu tidak sadarkan diri hingga yang paling parah bisa mereggang nyawa.

  • Tenggelam di laut

Resiko ketiga saat bermain jetski dan terjatuh adalah tenggelam di laut. Terlebih apabila kondisi ombak sedang tidak bagus untuk bermain jetski. Alangkah lebih baik dan aman untuk bermain jetski kamu menggunakan peralatan yang sesuai dengan SOP (standar operasional prosedur) serta mempunyai kemampuan berenang yang baik.

Bagaimana Cara Agar Aman Bermain Jetski?

Setelah mengetahui resiko ketika jatuh dari jetski selanjutnya kamu bisa mengetahui bagaimana cara untuk menghindari kecelakaan saat bermain jetski melalui penjelasan di bawah ini.

  1. Bermain Jetski dengan pelatih

Cara pertama untuk menghindari kecelakaan saat bermain jetski yaitu bermain dengan didampingi pelatih. Alternatif cara ini perlu kamu lakukan Terlebih jika kamu masih pemula dalam bermain jetski. Hal ini dikarenakan kamu belum tahu ada resiko apa selama berada di tengah laut.

Bermain jetski bersama pelatih akan jauh lebih aman.  Pelatih dapat mengarahkan kamu ketika ada ombak besar atau hal-hal membahayakan lainnya saat berada di tengah laut.

  1. Menggunakan alat pelindung yang lengkap

Cara kedua yang bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan atau cedera saat bermain jetski yaitu menggunakan alat pelindung. beberapa alat yang perlu kamu gunakan saat bermain kasti yaitu pakaian pelampung, kacamata renang, dan lain sebagainya.

  1. Mengendarai jetski dengan kecepatan normal

Tidak sedikit kecelakaan yang disebabkan karena pengendara mengendarai jetski dengan kecepatan tinggi. Padahal, mengendarai jetski dengan kecepatan tinggi beresiko terjatuh dari jetski saat terhantam ombak. Oleh karena itu kendarailah jetski dengan kecepatan normal untuk menghindari terjadinya kecelakaan saat bermain Jetski.

  1. Jangan mengendarai jetski terlalu dekat dengan perahu

Tips terakhir agar kamu terhindar dari kecelakaan saat bermain jetski adalah dengan tidak berada terlalu dekat dengan perahu. Berada terlalu dekat dengan perahu dapat membuat kamu menabrak bagian belakang perahu. Terlebih apabila kamu merasa kaget atau berada dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk mengontrol kendali jetski.

Selain menjaga jarak dengan perahu kamu juga perlu menjaga jarak dari pemain jetski yang lainnya. Jangan berada terlalu dekat dengan pemain jetski yang lain karena bisa menyebabkan terjadi tabrakan dan menimbulkan cedera fisik.

Demikian tadi penjelasan mengenai resiko yang dapat terjadi ketika kamu terjatuh saat bermain jetski. Semoga dengan membaca artikel ini kamu bisa lebih berhati-hati dan terus waspada ketika bermain jetski agar tidak mengalami cedera.

Must Read