OUR NETWORK

Mengenal Fungsi Gelcoat pada Jetski dan Hal yang Perlu Anda Ketahui

Pada dasarnya, gel coat adalah sebutan untuk semacam  lapisan epoxy atau resin yang digunakan pada saat menyatukan cetakan bagian fiberglass. Pemberian lapisan ini bertujuan untuk memberikan tampilan yang mulus mengkilat pada dinding eksterior jetski. Dengan demikian, jetski memiliki tampilan yang lebih baik dan mudah disesuaikan.

Tak Sekedar Penampilan, Gelcoat Juga Berfungsi Melindungi Jetski

Source Image: Viator.com

Namun demikian, fungsi gelcoat pada jetski tidaklah sesederhana itu dan masih ada fungsi lain yang juga perlu Anda ketahui. Fungsi lain yang ditawarkan gelcoat adalah tambahan perlindungan untuk bahan fiberglass pada jetski. Ya, fungsi gelcoat lainnya adalah untuk mendukung kemampuan tahan air pada dinding jetski.

Lapisan gelcoat tak hanya memberikan tampilan mengkilat pada finishing unit jetski saja. Lapisan ini juga menawarkan dukungan untuk kemampuan tahan air jetski Anda. Lapisan ini melindungi bahan fiberglass di bawahnya dari efek hydrolysis maupun dari sinar UV. Sehingga bahan dinding jetski bisa memiliki masa pakai yang lebih lama.

Seperti yang diketahui bahwa air yang terlalu lama mengenai bahan fiberglass dapat mempengaruhi ketahanan struktur. Dengan dukungan tahan air dan kerusakan lain yang ditawarkan lapisan gelcoat, maka lapisan ini menjadi perlindungan yang penting untuk selalu diperhatikan. Adanya kerusakan seperti baret halus hingga lecet.

Baret halus dan lecet bisa saja membuat air meresap dan masuk ke jetski. Hal ini bisa saja memicu timbulnya karat pada frame jetski. Bagian frame yang cukup jarang dperhatikan dan luput dari pengawasan ini bisa saja mengalami korosi tanpa Anda sadari.

Jika Anda memiliki unit jetski, maka ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang lapisan gelcoat ini, diantaranya

Segera Lakukan Perbaikan Jika Perlu

Kapan Anda bisa menentukan waktu yang tepat untuk memperbaiki lapisan gelcoat atau belum? Anda bisa mengetahuinya dengan memeriksa adanya lecet, baret atau bahkan retakan pada dinding jetski Anda. Segera perbaiki untuk mencegah air meresap dan mengenai komponen metal di dalamnya.

Memilih Gelcoat Repair Kit

Repair kit memang bisa menjadi opsi bagi Anda yang ingin merawat sendiri lapisan gelcoat jetski Anda. Untuk bisa memilih repair kit yang tepat, tentu saja Anda harus menilainya berdasar kondisi kerusakan. Pemilihan juga bisa didasarkan pada jenis jetski yang akan diperbaiki.

Satu hal yang bisa memudahkan pemilihan adalah dengan memperhatikan produk yang dibuat oleh produsen terkemuka. Biasanya, pabrikan besar menawarkan varian produk yang lebih lengkap apapun kebutuhan Anda. Dengan begitu Anda bisa memilih ukuran berbeda hingga produk tertentu yang dibutuhkan seperti bahan dasar, pigment, katalis hingga cairan pembersihnya.

Perbaikan Tidak Harus Dilakukan Bengkel

Menyerahkan pekerjaan gelcoat ini kepada profesional memang direkomendasikan. Bengkel yang memiliki tenaga ahli serta peralatan yang lengkap tentunya menawarkan opsi perbaikan yang lebih komprehensif. Biasanya, opsi ke bengkel dipilih apabila kerusakan mencakup area yang luas.

Sementara untuk perbaikan kecil, Anda bisa mempertimbangkan untuk memperbaiki gelcoat jetski sendiri. Dengan begitu, Anda bisa lebih menghemat biaya untuk perbaikan yang memang tak terlalu signifikan. Selain itu, melaukan perawatan jetski secara mandiri juga memungkinkan Anda untuk lebih mengetahui kondisi pasti jetski Anda.

Teknik melakukan perbaikan gelcoat secara mandiri tentu saja harus disesuaikan dengan kondisi kerusakan. Misalnya, jika gelcoat Anda teroksidasi dengan tampilan yang kusam, Anda cukup menggunakan penghilang oxidasi gelcoat untuk kembali mengkilapkan tampilan tanpa harus melakukan perbaikan menyeluruh.

Langkah-langkah perbaikan gelcoat sendiri pada umumnya dapat dilakukan dengan cara

  1. menyiapkan media (membersihkan cat dan lapsan wax),
  2. membuat tanda menggunakan selotip,
  3. memberikan filler lalu menghaluskannya,
  4. menentukan warna gelcoat yang sesuai
  5. campurkan dengan katalis
  6. semprot atau oleskan gelcoat
  7. haluskan dengan amplas, kilapkan dengan compound dan lapisi dengan wax

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang fungsi gelcoat pada jetski dan opsi perbaikan yang bisa dilakukan. Kini, Anda pun memiliki gambaran tentang bagaimana menentukan langkah perbaikan apabila lapisan gelcoat jetski Anda mengalami masalah.

Must Read