OUR NETWORK

Perhatikan Hal – Hal Ini Sebelum Kalian Membeli Underwater Scooter

Buat kalian yang sedang menyenangi Scuba Diving pasti sedang senang – senangnya berada di bawah permukaan air. Wajar sih, karena tidak semua orang memiliki kesempatan untuk menikmati indahnya pemandangan di bawah permukaan air. Tapi sayangnya kalian tidak bisa berlama – lama di dalam air karena kita butuh oksigen dan tabung oksigen yang kita bawa untuk bernafas memang terbatas kapasitasnya.

Semua itu karena ketika kalian turun menyelam ke dalam air kalian menggunakan tenaga yang cukup besar sehingga berakibat konsumsi oksigen yang juga besar. Akan tetapi sekarang sudah ada alat yang dapat membantu kalian untuk mencapai kedalaman lebih cepat dan tanpa memakan energy yang besar sehingga konsumsi oksigen juga terjaga.

Alat yang dimaksud adalah Underwater Scooter atau Sea Scooter, sepertinya untuk para pecinta Diving terutama Scuba Diving alat ini sudah tidak asing. Karena memang banyak digunakan tapi bukan artinya semua Scuba Divers tahu hal – hal apa yang perlu diperhatikan ketika hendak membeli alat yang satu ini.

Maka dari itu dibawah ini akan kami berikan informasi tentang hal – hal apa saja yang perlu kalian perhatikan ketika kalian ingin membeli Underwater Scooter atau Sea Scooter.

Bahan Yang Digunakan

Sumber Gambar : @alicdn.com

Karena kalian akan sangat sering berada di bawah permukaan air maka memilih bahan yang tepat untuk sebuah Underwater Scooter adalah suatu keharusan karena kalian tidak ingin membeli atau malah bolak balik untuk memperbaiki. Karena sangat berbahaya juga ketika mengalami kerusakan saat kalian sedang menyelam. Sebaiknya kalian mencari sebuah Underwater Scooter yang menggunakan bahan Polimer atau Logam Non – Korosif sehingga tahan lama.

Karena ketika kalian menyelam yang kalian hadapi tidak hanya masalah oksigen akan tetapi lingkungan sekitar kalian seperti batu karang dan lain sebagainya. Dan juga semakin dalam kalian menyelam maka kalian akan merasakan tekanan air yang cukup kuat sehingga kalian harus yakin bahan yang digunakan Underwater Scooter kalian cukup kuat.

Daya Apung Di Bawah Permukaan Air

Sumber Gambar : @overtiredpod.com

Daya apung sebuah Underwater Scooter secara tidak langsung akan mempengaruhi kegiatan kalian dalam menyelam. Karena daya apung sebuah Underwater Scooter akan mempengaruhi daya apung kalian juga secara keseluruhan.

Misalkan kalau Underwater Scooter kalian memiliki daya apung yang negatif yang artinya daya apungnya tidak bagus maka kalian juga akan susah untuk mengapung. Sedangkan kalau daya apungnya bagus maka kalian akan dengan mudah juga mengapung. Yang dimana dalam sudah penyelaman sangat penting.

Batas Kedalaman

Sumber Gambar : @go2scooter.com

Ketika kalian memilih sebuah Underwater Scooter pastikan kalau skuter tersebut sudah memiliki batas kedalaman yang pas buat kalian. Karena masing – masing skuter memiliki batas kedalaman yang berbeda. Bagi kalian yang sudah veteran tentu mau mencari sebuah skuter yang dapat bertahan dan memiliki batas kedalaman yang maksimum. Sehingga kalian dapat menjelajah dengan maksimum.

Akan tetapi buat kalian yang masih pemula ada baiknya mencari skuter yang memiliki batas tidak terlalu dalam sehingga kalian bisa membiasakan diri dengan kegiatan baru ini.

Batas Maksimal Kecepatan

Sumber Gambar : @go2scooter.com

Mungkin kalian berpikir kalau semakin cepat sebuah Underwater Scooter maka semakin baik, kurang tepat sepertinya. Kalau kalian sudah berpengalaman dan dapat mengurangi kecepatan itu tidak masalah tapi apabila kalian benar – benar pemula kalian tidak mau bermain – main dengan skuter yang dapat melaju kencang.

Ketika kalian tidak terbiasa menyelam dengan cepat dan paru – paru kalian tidak siap maka bisa terjadi sesuatu dengan paru – paru kalian. Karena apabila suplai oksigen yang tiba – tiba berubah drastis pada paru – paru akan sangat berbahaya buat kalian. Maka dari itu pilihlah sebuah Underwater Scooter yang kecepatannya pas buat kalian.

Bobot Sebuah Underwater Scooter

Untuk masalah bobot juga tidak bisa kalian anggap enteng. Pastikan kalau kalian bisa mengangkat skuter yang kalian beli karena apabila terlalu berat buat kalian, akan membuat kalian susah untuk bermanuver. Jadi selalu pastikan skuter tersebut cukup ringan untuk kalian bawa sehingga tidak mengganggu maneuver kalian.

Kapasitas Baterai

Sumber Gambar : @levelematte.it

Sama seperti produk – produk yang menggunakan tenaga listrik lainnya baterai merupakan salah satu komponen yang sangat penting. Tanpa baterai seberapa mahal skuter yang kalian beli akan percuma saja. Pada umumnya sebuah skuter dapat kalian kendarai antara 45 menit hingga dua jam. Jadi kalian harus memperhatikan kapasitas baterai dari skuter yang akan kalian beli.

Oh dan satu lagi buat kalian yang senang menyelam di banyak tempat sehingga membuat kalian harus sering terbang menggunakan pesawat, pastikan kalau jenis baterai yang kalian gunakan diizinkan untuk naik ke pesawat.

Harga

Sumber Gambar : @beginnersurfgear.com

Ini juga adalah yang paling penting selalu sesuaikan dengan budget yang kalian miliki dengan pikiran semakin mahal yang kalian beli ya semakin banyak yang kelebihan yang ditawarkan. Karena harga memang tidak bohong. Rata – rata harga sebuah Underwater Scooter berada pada kisaran 250 Dollar atau sekitar Rp. 3,5 juta – an hingga 4,000 Dollar atau sekitar Rp. 56 juta – an. Yang di mana tentu saja tidak bisa kalian bandingkan. Jadi ingat sesuaikan dengan budget dan juga keperluan kalian.

Itulah hal – hal yang perlu kalian perhatikan sebelum kalian memutuskan untuk membeli sebuah Underwater Scooter atau Sea Scooter, semoga dapat kalian jadikan referensi dan berguna.

Must Read