OUR NETWORK

Tips Mendapatkan Trailer yang Cocok untuk Jetski Anda

Memilih trailer yang cocok untuk jetski bisa jadi masalah yang cukup membingungkan mengingat semakin banyaknya varian yang ada di pasaran saat ini. Jika Anda tak cukup memiliki pengetahuan tentang perlengkapan transport ini, tak menutup kemungkinan Anda mengalami kesulitan untuk membawa jetski ke lokasi yang dimaksud.

Inilah 9 Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Mendapatkan Trailer Ideal untuk Jetski Anda

Mengingat fungsi trailer yang tak bisa dikesampingkan, Anda pun perlu memberikan perhatian khusus saat berencana untuk membelinya. Untuk lebih memudahkan Anda, kami merangkum 9 poin yang bisa Anda manfaatkan sebagai panduan memilih unit trailer yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Trailer Berbahan Baja atau Aluminium  

Pada umumnya, trailer dibuat menggunakan 2 bahan yang bisa dipilih yaitu baja dan aluminium dan masing-masing pilihan bahan memiliki kelebihan dan kekurangan, meskipun keduanya juga hadir dalam berbagai pilihan. Trailer berbahan baja mungkin lebih murah dengan opsi baja anti karat dan baja ringan. Sementara trailer berbahan aluminium berharga lebih mahal karena lebih ringan dan tahan karat dan kelembaban.

Trailer Single atau Double

Jika Anda memang berencana untuk memuat 2 jetski sekaligus, maka trailer double adalah pilihan yang tepat. Namun membeli trailer double sementara Anda hanya punya 1 jetski, sepertinya bukan pilihan yang baik (meskipun Anda mungkin ingin membeli 1 jetski lagi). Ini karena Anda harus selalu menaruh beban tambahan untuk menyeimbangkan trailer double yang memuat 1 jetski saja.

Dimensi Trailer 

Dimensi trailer juga layak Anda pertimbangkan, trailer single dengan panjang sekitar 60 inci mungkin menyulitkan Anda untuk mengawasinya dari kaca spion. Anda pun bisa memilih trailer dengan panjang 140 sampai 180 inci yang biasanya juga dilengkapi dengan bagasi atau tempat bahan bakar.

Bobot Muatan

Sebuah trailer jetski single bisa memuat hingga 450kg hingga 80kg, sementara trailer aluminium bisa memuat mulai 350kg hingga 900kg. Jika Anda memilih trailer double, maka Anda tinggal mengalikan daya muat tersebut 2 kali. Tentunya Anda perllu memilih sesuai dengan bobot jetski yang akan dimuat.

Trailer Terbuka atau Dengan Penutup 

Anda yang mungkin membawa 2 jetski dan segala perlengkapan di trailer, ada baiknya mempertimbangkan memilih tipe trailer berpenutup. Selain melindungi dari cuaca, penutup juga dapat mencegah akses pencurian. Namun tentu saja, jenis trailer ini lebih mahal dibanding trailer terbuka.

Trailer dengan As Single atau As Tandem  

Trailer yang menggunakan 1 as akan lebih mudah untuk bergerak mengikuti manuver kendaraan. Trailer yang lebih murah ini bisa dijadikan pilihan ideal untuk memuat jetski yang ringan. Sebaliknya, trailer dengan as tandem memang lebih mahal namun bisa menawarkan kemampuan memuat jetski yang lebih besar dan lebih stabil selama dalam perjalanan.

Jenis Suspensi

Kebanyakan trailer menggunakan suspensi jenis pegas yang mudah dipasang sekaligus lebih murah. Di lain sisi, Anda juga bisa mempertimbangkan torsion beam suspension yang menawarkan kualitas lebih baik dalam meredam guncangan.

Rem

Kebanyakan trailer single tidak dilengkapi dengan rem karena hanya diperuntukkan memuat jetski yang tak terlalu berat. Berbeda dengan trailer double atau triple yang dilengkapi dengan remnya sendiri untuk meningkatkan keamanan.

Ban

Sama halnya dengan ban mobil, Anda pun bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Pastikan Anda mendapatkan spesifikasi ban yang ideal untuk memuat jetski Anda dengan aman dan selalu merawat roda ini mulai dari permukaan ban, tekanan dan lain sebagainya. Makin mahal ban yang digunakan, idealnya makin baik kualitasnya serta mudah perawatannya.

Bagaimana, apakah Anda sudah memiliki gambaran untuk memilih trailer yang paling sesuai dengan kebutuhan? Tak ada salahnya Anda juga mencari informasi kepada penjual tentang spesifikasi trailer yang Anda incar terlebih dahulu sebelum membeli salah satunya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan trailer yang tepat.

Must Read