OUR NETWORK

Sebelum Engine Mounting Rusak, Coba Kenali Beberapa Gejalanya

Engine Mounting merupakan salah satu komponen mobil yang memegang peranan dalam meredam mesin. Agar getaran yang dihasilkan tidak sampai terasa sampai ke dalam kabin. Sehingga, mempengaruhi kenyamanan dalam berkendara.

Alat ini terbuat dari bahan yang elastis seperti karet. Jika, mengalami kerusakan biasa karet tersebut akan sobek atau bahkan pecah yang akan berakibat sangat fatal. Sebenarnya, tanda dari kerusakannya bisa dirasakan oleh pemilik mobil.

Contohnya, saat Anda menghidupkan mesin mobil. Biasanya getaran yang dihasilkan tidak begitu terasa. Tetapi kondisinya berbeda, hal tersebut dapat dirasakan dan terasa sangat nyata. Jika, hal itu terjadi kemungkinan besar ada masalah di Engine Mounting.

Akan sangat terasa lagi bila, mobil berada di posisi idle atau mesin bekerja tetapi mobil tidak berjalan. Misalnya, saat Anda memanasi mobil setiap pagi. Getaran tersebut terasa, karena kekuatannya dalam menahan getaran dari mesin sudah sangat berkurang.

Coba perhatikan perlahan saat Anda mulai menghidupkan mesin. Pasti terjadi guncangan cukup hebat. Hal itu sangat dirasakan bila kendaraan Anda bermesin bensin. Kalau mesin diesel tidak akan begitu terasa karena, hampir setiap kali dihidupkan seperti itu.

Terdengar Suara yang Tidak Normal

Gejala berikutnya biasanya terjadi pada suara mesinnya. Cobalah dengarkan secara seksama apakah ada suara seperti, “Kluthuk-kluthuk”. Hal tersebut merupakan pertanda besar kalau mesin ini memang harus segera diganti.

Ingat walau hanya berfungsi sebagai dudukan saja. Tetapi, jika mengalami kerusakan dan dibiarkan begitu saja maka akan merembet ke komponen lainnya. Jadi, usahakan untuk segera menggantinya.

Jangan panik, mobil yang sudah berusia pasti akan mengalami pergantian dari Engine Mounting ini. Jadi, langsung saja bawa ke bengkel dan lakukan pergantian sesegera mungkin. Dengan begini mobil akan terjaga keawetannya.

Mobil Terasa Menghentak

Ciri lain yang harus diperhatikan adalah mesin yang terasa menghentak. Coba rasakan dulu sudah berapa kali terjadi. Bila 1 sampai 2 kali lebih baik segera di bawa ke bengkel. Untuk biaya penggantiannya memang berbeda.

Tetapi kisarannya mulai dari Rp300 ribu sampai Rp700 ribu. Semua tergantung dari kualitas Engine Mounting itu sendiri. Semakin bagus kualitasnya, pasti harga juga akan mengikuti. Jadi, usahakan untuk menganggarkannya sejak sekarang.

Suara Tersebut Sangat Terdengar Saat Melewati Polisi Tidur

Saat melewati polisi tidur biasanya, getaran akan sangat terasa. Jika, engine mounting ini bermasalah. Maka, getaran yang dihasilkan lebih terasa lagi. Hal itu juga terjadi bila Anda melewati jalanan berlubang.

Sehingga, rasanya sangat tidak nyaman. Terutama penumpang yang berada di bagian depan, pasti akan sangat terasa. Usahakan membawakan ke bengkel sesegera mungkin. Agar mendapatkan perawatan dan penanganan.

Dengan begini kenyamanan dalam berkendara akan terasa. Apalagi, kalau Anda memacunya untuk jarak jauh terutama di tol. Engine Mounting akan sangat membantu. Selain dari beberapa gejala Anda juga dapat melakukan pemeriksaan melalui kasat mata.

Seperti, memastikan kondisi karet yang terdapat di Engine Mounting. Letaknya ada di sekitar mesin. Selain itu, Anda juga bisa melihat posisi mesin ini secara visual akan berbeda dengan biasanya. kelihatannya lebih turun atau bergeser dari tempat biasa.

Hal ini terjadi, karena engine mounting di bagian atas sudah tidak mampu untuk menampungnya. Jadi, getaran hebat tersebut menciptakan perpindahan mesin memang bergeser sedikit tetapi, begitu berbahaya bila didiamkan begitu saja.

Engine Mounting merupakan bagian terpenting dalam mobil yang harus diperhatikan. Perannya berpengaruh besar dalam memberikan kenyamanan maksimal terutama saat berkendara. Selain itu, bila didiamkan begitu saja komponen lain bisa saja ikut rusak. Jadi, tidak ada salahnya untuk lakukan pemeriksaan secara berkala.

Must Read