OUR NETWORK

Tips Merawat HoverBoard Kalian Agar Beroperasi Optimal

Hoverboard sebuah alat yang tidak hanya digunakan untuk rekreasi akan tetapi juga sebagai alat transportasi jarak pendek atau alat transportasi yang digunakan sebagai penghubung antar moda angkutan umum. Alat satu ini memang sangat digandrungi oleh masyarakat tidak hanya oleh anak – anak tetapi juga orang dewasa.

Akan tetapi Hoverboard sendiri juga memiliki umur pakai layaknya alat – alat elektronik lainnya dan agar umur Hoverboard Panjang dan beroperasi optimal kalian harus merawat Hoverboard kalian dengan tidak hanya rutin tetapi juga dengan benar.

Oleh karena itu akan kami berikan beberapa tips untuk merawat Hoverboard kalian agar umurnya Panjang dan dapat beroperasi secara optimal.

1. Lakukan Pengecekan Dan Pembersihan Bagian Roda Secara Rutin

Sumber Gambar : Youtube @Giesbert Nijhuis

Roda merupakan salah satu komponen yang langsung mendapatkan kontak langsung dengan permukaan jalan atau trek yang kalian lalui. Karena memang tugas atau fungsi utamanya untuk membuat Hoverboard bisa bergerak dan berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Sehingga membuat roda dari Hoverboard merupakan salah satu komponen yang sangat mudah cepat kotor.

Jadi kalian harus selalu rutin melakukan pengecekan terhadap roda kalian melihatnya adanya kotoran atau debu yang menempel pada roda kalian. Cara membersihkannya juga tidak sulit kalian cukup membersihkan permukaan roda dengan kuas atau alat lainnya asalkan tidak berupa benda tajam. Jangan membiarkan kotoran atau debu menempel di bagian roda terlalu lama karena dapat merusak sensor yang berada pada roda.

2. Rawat Dengan Baik Baterai Hoverboard

Sumber Gambar : review.bukalapak.com

Baterai merupakan salah satu komponen yang vital pada Hoverboard kalian, tanpa baterai Hoverboard kalian hanyalah sebuah papan biasa. Tidak ada bedanya dengan papan skateboard biasa. Karena itu kalian harus menjaga komponen yang satu ini agar tetap awet. Berikut akan kami berikan beberapa tips untuk menjaga baterai kalian agar tetap awet.

– Selalu pastikan baterai Hoverboard kalian selalu terisi penuh sebelum kalian gunakan untuk berkendara, karena apabila digunakan dalam keadaan baterai tidak penuh maka akan berpengaruh kepada kesehatan baterai yang kalian miliki. Apalagi jika baterai kalian penuh kalian juga bisa berkendara lebih jauh dengan jangkauan yang lebih luas. Pengisian baterai juga tidak memakan waktu yang lama hanya perlu waktu sekitar satu sampai dua jam saja.

– Ini kesalahan yang sering terjadi ketika kalian menggunakan Hoverboard yaitu membiarkan baterai kalian benar – benar kosong atau juga membiarkan baterai kalian overcharging atau mengisi baterai lebih dari kapasitas yang bisa di terima oleh baterai.

– Ketika selesai di cas ada baiknya kalian mengeluarkan baterai kemudian mengecek apakah ada kerusakan fisik yang diterima oleh baterai seperti ada tidaknya luka bakar pada baterai dan jangan lupa untuk membersihkan baterai kalian dengan kain kering.

3. Lakukan Pengecekan Kabel Secara Teratur

Sumber Gambar : eridehero.com

Ada baiknya kalian melakukan pengecekan kabel listrik secara rutin, karena Hoverboard merupakan alat kelistrikan jadi sangat penting untuk mengecek kelistrikan pada Hoverboard. Pada umumnya kabel pada alat – alat elektronik atau alat – alat listrik dapat mengalami aus. Tidak susah untuk mengecek kabel listrik yang mengalami masalah kalian tinggal membuka papan Hoverboard kalian dan periksa saja kabel – kabel apakah dalam keadaan kencang dan juga rapi.

Ketika kalian menemukan ada kabel yang longgar kalian segera kencangkan kembali. Dan kalau terlihat ada kerusakan yang tidak kalian ketahui ada baiknya kalian membawa Hoverboard kalian ke tempat servis resmi dan jangan mengotak – atik sendiri apabila kalian tidak mengerti dengan kelistrikan yang ada pada Hoverboard.

4. Jangan Sampai Overheat

Sumber Gambar : content.fortune.com

Namanya saja alat kelistrikan sudah pasti alat yang satu ini bisa panas apabila kalian gunakan terus menerus. Sehingga kalian harus memberikan waktu agar Hoverboard kalian juga bisa sedikit bernafas dan beristirahat sehingga Hoverboard kalian tidak mengalami Overheat. Dengan melakukan ini kalian juga dapat membiarkan baterai kalian dingin. Dan kalau kalian mau mengecas baterai kalian harus menunggu baterai kalian benar – benar dingin terlebih dahulu.

5. Jangan Berkendara Di Permukaan Ekstrem

Sumber Gambar : swagtron.com

Jika kalian ingin mengendarai Hoverboard di luar permukaan aspal atau semen kalian harus menggunakan Hoverboard khusus untuk offroad, jangan gunakan Hoverboard biasa untuk dikendarai di permukaan ekstrem karena akan cepat merusak komponen yang ada Hoverboard kalian. Jadi selalu kendarai Hoverboard sesuai dengan tipe dan permukaan yang cocok.

Itulah beberapa tips buat kalian agar Hoverboard kalian dapat bertahan lama dan beroperasi secara optimal.

Must Read