OUR NETWORK

Wiper Mobil Tidak Bergerak? Mungkin Ini Penyebabnya!

Mungkin terlihat sepele akan tetapi Wiper mobil merupakan salah satu komponen yang dapat membuat perjalanan kalian tidak hanya lebih nyaman tapi juga aman. Apalagi ketika kalian sedang berkendara pada saat hujan deras, Wiper mobil akan memainkan peran yang sangat penting, sama halnya ketika kalian melewati jalan yang penuh debu.

Walaupun memiliki peran yang cukup penting akan tetapi banyak orang yang hanya memberikan perhatian kepada komponen ini ketika sudah musim penghujan. Nah, karena lama tidak diperhatikan maka tidak heran jika Wiper mobil bisa saja macet atau tidak bergerak. Dan ketika hendak menggunakannya kalian baru sadar jika Wiper mobil kalian dalam kondisi yang tidak dapat bergerak.

Wiper yang macet atau tidak dapat bergerak ini sendiri dapat disebabkan oleh beberapa hal yang untungnya cukup mudah untuk diatasi. Di bawah ini kami akan memberikan kalian beberapa informasi mengenai apa hal – hal yang dapat menyebabkan Wiper mobil macet atau tidak dapat bergerak.

Buat kalian yang penasaran, mari ikuti dan simak ulasan kami di bawah ini hingga tuntas sehingga kalian bisa mewanti – wanti hal tersebut terjadi kepada kalian.

Karet Pada Wiper Rusak

Sumber Gambar: kompas.com

Hal yang paling umum terjadi adalah karet Wiper mobil kalian rusak, yang mana akan membuat pergerakan Wiper mobil kalian menjadi tersendat. Jika sudah begitu maka kemampuan Wiper untuk membersihkan kaca akan menurun dan membuat pandangan kalian terganggu. Hal ini tentu saja sangat berbahaya, apalagi ketika kalian sedang berkendara pada saat hujan deras.

Rusaknya karet Wiper ini sendiri dapat disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari cuaca hingga umur karet yang sudah “tua”. Wiper yang sering terkena sinar matahari secara langsung dapat membuat karetnya menjadi keras dan tidak lentur lagi. Yang mana tentu saja akan membuat kinerjanya berkurang dengan drastis.

Tidak hanya itu saja, karet Wiper yang sudah “tua” juga dapat mengurangi kelenturan dari karet itu sendiri sehingga dapat menyebabkan kerusakan. Segera ganti karet Wiper jika memang komponen ini yang mengalami kerusakan sehingga Wiper akan bekerja secara optimal kembali.

Motor Wiper Rusak

Sumber Gambar: gooto.com

Motor Wiper adalah komponen yang membuat Wiper mobil dapat bergerak dan kalian gunakan untuk membersihkan kaca mobil kalian. Dan sama seperti komponen lainnya, Motor Wiper ini juga dapat mengalami kerusakan sehingga membuat Wiper mobil kalian tidak dapat bergerak sama sekali. Agar Motor Wiper dapat bekerja dengan baik, maka komponen ini memerlukan suplai energi listrik.

Dan sebagai komponen yang memerlukan energi listrik maka sama seperti semua komponen listrik lainnya, komponen ini dapat mengalami korsleting karena arus pendek. Untuk memastikannya kalian dapat mengecek pada bagian kabel sirkuit untuk memastikan apakah ada kabel yang longgar atau bahkan putus. Jika kalian sudah menemukannya dan tidak mampu menggantinya sendiri maka segera bawa ke bengkel langganan kalian.

Sekring Atau Fuse Terbakar

Sumber Gambar: hsrwheel.com

Wiper mobil tidak bisa bergerak juga dapat disebabkan oleh sekring atau fuse yang sudah terbakar. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan sekring atau fuse ini terbakar mulai dari beban yang berlebihan hingga penggunaan cairan Wiper mobil yang salah juga dapat menjadi penyebabnya.

Oleh sebab itu menggunakan cairan Wiper mobil yang tepat adalah keharusan karena selain dapat membersihkan dengan lebih optimal akan membuat umur Wiper menjadi lebih panjang. Jika kalian merasa ada yang tidak beres maka bawa segera mobil kalian ke bengkel langganan kalian untuk memeriksa apa yang salah dengan Wiper mobil kalian. Jika memang sekring atau fuse yang terbakar maka segera ganti agar Wiper mobil dapat bekerja dengan optimal kembali.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan Wiper mobil kalian menjadi macet atau tidak bisa bergerak yang mana cukup merepotkan. Tidak hanya membuat kalian tidak dapat berkendara dengan nyaman akan tetapi dapat membahayakan kalian. Kalian bisa bayangkan berkendara pada saat hujan deras dengan Wiper yang tidak dapat bergerak.

Kalian akan mendapatkan visual dengan jarak pandang yang sangat terbatas dan akan membuat perjalanan kalian menjadi berbahaya karena tidak dapat melihat dengan baik.

Must Read