OUR NETWORK

3 Cara Menghilangkan Bau AC Mobil yang Tidak Sedap

Setiap orang yang memiliki mobil pastinya ingin mobilnya selalu nyaman dan aman saat dikendarai. Nah, untuk memenuhi itu semua kamu harus lebih rutin melakukan pengecekan dan perawatan mobil. Salah satu komponen mobil yang tak kalah pentingnya untuk diperhatikan adalah AC Mobil.

AC mobil merupakan sebuah komponen mobil yang sangat penting demi menciptakan kenyamanan saat berkendara. Terlebih mobil tersebut biasa kamu gunakan bersama keluarga, tentu kenyamanan menjadi poin utama. Jadi selain memperhatikan kinerja mesin, kualitas AC juga menentukan kenyamanan.

Berbeda lagi kalau mobil kamu AC-nya mengeluarkan bau tak sedap, pasti menjengkelkan bukan? Memang masalah bau AC ini sudah sering kali dialami para pemilik mobil. Kalau kamu alami hal tersebut maka jangan panik dulu karena ada beberapa hal yang menyebabkan AC bisa bau.

Cara Mudah Hilangkan Bau Tak Sedap Pada AC Mobil

Masalah AC ini bisa saja terjadi karena saluran udara dari komponen AC mobil sudah kotor, sehingga mengeluarkan bau tak sedap. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai 3 cara menghilangkan bau AC mobil yang tidak sedap. Selengkapnya bisa simak penjelasan berikut ini :

  • Menggunakan pengharum AC mobil alami

Masalah bau tak sedap yang keluar dari AC mobil itu tidak serta merta karena adanya kerusakan pada sistem mekanis AC. Nah, untuk mengatasi bau tak sedap di dalam mobil kamu bisa memilih menggunakan parfum mobil yang tepat.

Source Image: pinterest @iphonewallpapers4kcom

Seiring banyaknya jenis pengharum AC mobil maka kamu bisa menggunakan pengharum AC yang alami. Jangan terlalu menggunakan pewangi mobil yang sembarangan karena terlalu banyak menggunakan bahan kimia. Akan lebih baik kalau menggunakan parfum AC yang terbuat dari bahan natural seperti bunga melati, biji kopi, dan wangi pandan.

  • Melakukan servis Evaporator

Selain menggunakan parfum alami, kamu juga harus lakukan servis AC secara rutin. Kalau kamu ingin mendapatkan AC yang berkualitas tanpa mengeluarkan bau tak sedap kamu bisa lakukan servis AC setiap 6 bulan sekali. Terlebih lagi kalau mobil kamu digunakan untuk mobilitas sehari-hari.

Source Image: airconditioner-auto.blogspot.com

Perawatan yang perlu kamu lakukan untuk membuat AC mobil tetap dalam performa terbaiknya, silahkan lakukan pengecekan pada bagian Evaporator. Jadi langkah pertama silahkan bersihkan dulu bagian Evaporatornya.

Pada bagian evap ini merupakan bagian paling lembab dan kotor sehingga menjadi sarangnya jamur dan bakteri. Jadi dengan membersihkan bagian evapnya, AC tidak akan keluarkan bau tak sedap.

Selain bagian Evaporator, kamu juga perlu melakukan perawatan dan pembersihan pada bagian selang atau saluran AC mobil. Selang inilah yang menghubungkan antara komponen AC sehingga sangat berpengaruh terhadap performa AC. Pembersihan ini harus dilakukan pengurasan agar selangnya bisa bersih kembali.

  • Mengganti filter kabin

Apabila kamu sudah lakukan servis pada komponen evaporator dan saluran AC kamu perlu lakukan pergantian filter kabin. Masalah bau tak sedap pada AC mobil bisa juga disebabkan oleh filter kabin yang lembab. Hal ini bisa terjadi karena suhu dalam kabin tidak tersentuh sinar matahari.

Source Image: pinterest @family_handyman

Filter kabin ini biasanya ada di bagian belakang dashboard mobil. Memiliki bentuk seperti persegi yang terbuat dari beberapa bahan termasuk kertas. Kamu perlu melakukan pergantian filter kabin kalau sudah mencapai 20 ribu km sampai 25 ribu km. kalau memang sudah merasa kotor dan mengeluarkan bau tak sedap bisa segera lakukan pergantian.

Demikianlah penjelasan mengenai 3 cara mengatasi bau tak sedap pada AC mobil. Pastikan lakukan perawatan AC secara berkala agar tidak lagi mengeluarkan bau tak sedap. Semoga dengan adanya pembahasan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan dalam merawat AC mobil.

Must Read