OUR NETWORK

Bedanya Mobil Hybrid Dengan Mobil Listrik

Dengan semakin banyaknya orang – orang sadar akan pentingnya untuk mengurangi polusi yang menyebabkan kerusakan alam terutama polusi – polusi yang disebabkan oleh kendaraan. Pada umumnya masyarakat menggunakan kendaraan konvensional yang berbahan bakar minyak, namun kendaraan berbahan bakar minyak karena menggunakan sistem pembakaran membuat kendaraan jenis ini mengeluarkan sisa pembakaran. Nah, sisa pembakaran inilah yang diakui banyak pihak menjadi salah satu alasan pencemaran udara.

Dengan alasan di atas maka dari itu banyak juga produsen yang berlomba – lomba untuk mengeluarkan kendaraan dengan teknologi yang lebih ramah lingkungan. Nah untuk saat ini ada dua teknologi yang mengklaim lebih ramah lingkungan karena kedua teknologi ini tidak lagi menggunakan sistem pembakaran.

Kedua teknologi itu dikenal dengan Hybrid dan Listrik, nah khusus kendaraan roda empat kedua teknologi ini sudah banyak diaplikasikan oleh banyak produsen atau pabrikan. Sekilas kedua teknologi ini terlihat sama, tapi sebenarnya ada perbedaan yang cukup mendasar diantara kedua teknologi ini.

Berikut akan kami berikan apa saja sih perbedaan antara mobil dengan teknologi Hybrid dan mobil yang menggunakan teknologi Listrik.

1. Perbedaan Mesin. Hybrid = Ganda, Listrik = Tunggal

Mungkin ini adalah perbedaan paling mendasar, banyak yang mengira kalau kedua teknologi ini sama – sama hanya menggunakan satu sumber tenaga. Tapi sebenarnya tidak, untuk kendaraan Hybrid sebenarnya menggunakan dua mesin yang dimana mobil yang menggunakan teknologi ini sebenarnya masih menggunakan mesin konvensional atau mesin dengan bahan bakar minyak.

Hanya saja untuk mobil dengan teknologi Hybrid juga sudah menambahkan mesin dengan sumber tenaga listrik. Jadi para pengendaranya bisa memilih untuk menggunakan mobil ini dengan sumber tenaga yang mana apakah bahan bakar minyak atau listrik.

Sedangkan untuk mobil dengan teknologi listrik ya sudah jelas ya. Berdasarkan namanya saja kalian sudah bisa menebak kalau mobil yang satu ini hanya menggunakan satu jenis mesin atau bermesin tunggal yaitu mesin dengan sumber tenaga listrik. Mobil ini sendiri menggunakan baterai Lithium – Ion sebagai medium untuk menyimpan dan menyalurkan tenaga listrik agar mobil ini dapat bergerak dan beroperasi secara optimal.

2. Mesin Yang Berbeda = Perawatan Yang Berbeda

Dengan mesin yang berbeda sudah pasti ada beberapa perawatan yang berbeda mau itu dari segi biaya atau segi treatment. Untuk mobil Hybrid sebenarnya memiliki potensi perawatan yang lebih murah karena mobil dengan teknologi hybrid ini menggunakan dua mesin sehingga kinerja mesin juga terbagi dua sehingga mengurangi beban kerja mesin, untuk biaya perawatan juga tidak begitu tinggi apabila kerusakan terjadi pada mesin dengan berbahan bakar minyak.

Beda cerita kalau yang mengalami kerusakan adalah mesin dengan sumber tenaga listrik kalian akan mengeluarkan biaya lebih apabila bagian mesin itu yang mengalam kendala atau kerusakan.

Kalau untuk mobil dengan teknologi listrik memiliki biaya perawatan yang relatif lebih mahal, hal ini dikarenakan pada umumnya mobil yang menggunakan sumber tenaga listrik menggunakan system yang sudah terkomputerisasi.

Tetapi dari segi perawatan jauh lebih mudah karena kalian tidak perlu mengecek mesin dan lainnya. Kalian cukup mengecek kondisi mobil secara fisik saja, semua ini berkat system yang sudah terkomputerisasi sehingga memudahkan kalian dari segi perawatan.

3. Perbedaan Harga Yang Cukup Jauh

Kali ini mari kita bahas soal harga, kalau soal harga mobil Hybrid seakan tidak ada apa – apanya. Kita ambil contoh saja dari pabrikan ternama asal Amerika yang memproduksi mobil listrik yaitu Tesla. Untuk Tesla sendiri dengan model S P100D saja dibanderol dengan harga yang luar biasa yaitu sebesar Rp. 4.4 Miliar. Harga yang sangat fantastis memang.

Bandingkan dengan mobil Hybrid, kita ambil contoh dari pabrikan yang juga sudah ternama Mitsubishi. Harga mobil hybrid yang dirilis oleh Mitsubishi dengan nama Mitsubishi Outlander PHEV ini saja “hanya” dibanderol dengan harga Rp. 890 juta – an yang apabila dibandingkan dengan harga Tesla S P100D memiliki perbandingan yang sangat jauh. Padahal sama – sama dari pabrikan yang sudah memiliki nama.

Itu dia beberapa perbedaan yang cukup mendasar antara mobil dengan teknologi Hybrid dan juga mobil dengan teknologi Listrik.

Must Read