OUR NETWORK

Cara Membersihkan Blok Mesin Dengan Sitrun, Mudah dan Murah

Membersihkan mobil jangan hanya memperhatikan bagian luarnya saja. Tetapi, dalam juga harus bersih agar terlihat sempurna. Kebersihan tersebut merupakan bentuk perawatan agar terhindar dari debu yang bisa menyebabkan kerusakan.

Salah satu bagian yang jarang diperhatikan adalah Blok mesin. Cukup sulit memang menjangkaunya karena, ada banyak komponen kelistrikan disana. Jika, terkena air akan menimbulkan arus pendek dan kerusakan bisa jadi lebih parah.

Sebenarnya, ada solusi untuk permasalahan tersebut dengan menggunakan jasa car detailing. Sayangnya, harga yang ditawarkan sangat tinggi. Belum lagi kalau harus masuk nomor antrian, pasti lebih lama. Lalu bagaimana solusinya? Cobalah menggunakan sitrun atau asam sitrat.

Source Image: glorykatriputera.co.id

Bahan ini biasa digunakan ibu rumah tangga untuk membersihkan noda membandel pada pakaian. Andai saja, sabun cuci yang digunakan tidak mampu membersihkan kotoran tersebut. Bagaimana langkahnya, coba perhatikan berikut ini!

Peralatan yang Dibutuhkan

Mengapa harus menggunakan sitrun? Selain memberikan kualitas prima dalam membersihkan noda. Asam sitrat ini juga dikenal dengan harga yang cukup murah. Setidaknya Anda hanya mengeluarkan uang sebesar Rp10 ribu saja.

Cara menggunakannya, Anda harus mempersiapkan dulu berbagai macam peralatan yang dibutuhkan seperti Sitrun, alat untuk menyemprot tanaman, sabun cuci piring, ember dan isi air secukupnya, kuas cat yang ukurannya sedang, lap kering bersih.

Kemudian, langkah selanjutnya adalah proses eksekusi. Di mana Anda harus mengisi air di ember tersebut setidaknya setengahnya saja. Tambahkan, 4 sendok makan cairan sabun cuci piring. Lalu, larutkan 2 sendok makan sitrun.

Aduk hingga seluruh bahan tersebut tercampur jadi satu, lalu tuang air tersebut ke dalam semprotan. Seperlunya saja, jangan penuh-penuh agar seluruh larutan tersebut tidak tumpah dan membasahi semua bagian.

Sebelum digunakan lebih baik dicoba terlebih dulu, apakah semprotan tersebut bisa digunakan atau tidak. Jika memang bisa digunakan dan bagus, pembersihan blok mesin bisa dilakukan segera. Tetapi jika kondisinya kurang baik, disarankan untuk menggantinya saja dengan yang baru.

Mulai Melakukan Pembersihan Blok Mesin

Semprotkan secara perlahan, mesin yang akan dibersihkan. Kemudian, gosok menggunakan kuas. Hingga seluruh noda akan terangkat. Jangan terburu-buru, bersihkan saja sedikit demi sedikit. Intinya, seluruh bagian bersih dengan noda.

Untuk menjangkau sudut yang sulit dan sempit, usahakan menggunakan kuas yang lebih kecil. Jika, dalam penguasan ini sudah selesai. Lap menggunakan kain kering sampai tidak ada bekas sitrun atau noda. Bila memang kurang puas, lakukan sekali lagi.

Dengan begini, kondisi blok pada mesin akan terlihat lebih bersih daripada biasanya. Lebih baik membersihkannya menggunakan kanebo yang memiliki daya penyerapan air terbaik. Walaupun, sudah menggunakan semprotan tetap jangan asal begitu saja.

Karena, bahan yang Anda campur tadi tetap mengandung air. Jika, terkena kabel atau soket akan berbahaya Bila saat penyemprotan tidak sengaja terkena bagian kabel. Langsung saja di lap kering sampai bersih.

Pemanfaatan situn ini memang terbukti efektif dalam membersihkan noda. Tidak hanya pada pakaian saja melainkan blok mesin juga sangat efektif. Hati-hati dalam mencampur, takarannya harus tepat jangan terlalu dominan.

Cukup satu kali semprot kemudian kuas, jangan sampai berlebihan takutnya, air akan menetes ke bawah dan mengenai komponen lainnya. Saat proses membersihkan jangan sampai mesin hidup.

Getaran yang terasa akan menimbulkan percikan air. Sehingga, kemungkinan mengenai komponen lain cukup tinggi. Pastikan dulu semuanya benar-benar kering dan bersih. Setelah itu, silahkan untuk menghidupkan mesin Anda. Selamat mencoba!

 

Must Read