OUR NETWORK

Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik Sebelum Membeli

Mobil listrik menjadi salah satu solusi terbaik mencegah pencemaran lingkungan karena bahan bakar semakin menjadi. Karena, kenyataan inilah Indonesia mempercepat pengembangan alat transportasi dengan bahan elektrik.

Saat ini hanya BMW i3 mobil listrik yang sudah mengaspal di jalanan Indonesia. Dengan harganya yang begitu tinggi yaitu Rp1,299 miliar. Bagi Anda yang tertarik menggunakannya, cobalah simak dulu bagaimana kelebihan dan kekurangannya di bawah ini

Kelebihan Mobil Listrik

Poin pertama yang harus diperhatikan dari kelebihan mobil listrik adalah mampu mencegah kerusakan lingkungan lebih parah dari ini. karena, emisi karbon yang dihasilkan sangat rendah. Bahkan, jauh lebih rendah dibandingkan dengan mobil konvensional yang sudah menggunakan sertifikat Euro 4.

Dari sebuah studi ternyata, penggunaan dari kendaraan elektrik ini jauh lebih hemat dibandingkan dengan bahan bakar. Bahkan, selisihnya bisa mencapai 10%. Proses pengisiannya juga cepat apalagi, bila Anda melakukannya di stasiun pengisian.

Bahkan bila Anda adalah seorang sultan, tidak perlu pergi ke stasiun pengisian. Cukup menambah daya listrik dirumah saja menjadi 3500 watt minimal. Dengan begini, setiap pemiliknya bisa mengisis sendiri.

Source Image: hyundaimobil.co.id

Hanya saja, berbeda kecepatan pengisiannya. Jika, dirumah mungkin butuh waktu 7 jam sampai 8 jam. Tetapi, bila di stasiun pengisian mampu 10 menit saja sudah bisa melaju dengan jarak minimal 300 km.

Untuk jarak ini tergantung dari spesifikasi setiap mobil. Semakin, menggunakan baterai dengan kapasitas besar. Biasanya jarak yang ditempuh semakin jauh. Kelebihan lainnya adalah soal perawatan.

Beberapa pabrikan klaim, bahwa Anda tidak butuh banyak biaya untuk merawatnya. Asalkan secara rutin dibawa ke bengkel sesuai dengan petunjuk yang sudah diberikan. Anda cukup merawat kondisi baterainya saja.

Bahkan, untuk pergantian oli dan lain sebagainya sudah dilakukan dengan metode elektrik pula. Dengan kata lain, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu banyak. Mobil elektrik ini hampir sama dengan kondisi baterai di Handphone. Jadi sistem perawatannya harus baik bila ingin usianya panjang.

Kekurangan Dari Mobil Listrik

Satu hal yang pasti kekurangan mobil listrik ini adalah Anda harus menghitung secara pasti. memperkirakan jarak dan daya baterai. Misalnya saja setelah charge penuh, bisa menempuh jarak 300 km.

Suatu ketika Anda ingin pergi ke suatu tempat tetapi, kondisi baterainya sendiri tinggal 50%. Sementara jarak yang dibutuhkan kurang lebih 170 km. Secara otomatis, Anda harus mengisinya terlebih dulu.

Takutnya, kehabisan daya sementara kota yang dituju belum ada tempat pengisian. Dari ilustrasi tersebut, Anda juga harus memikirkan fasilitas di setiap kota. Apakah sudah tersedia stasiun pengisian atau belum.

Jika sudah dimana serta berapa jaraknya. Semua harus diperhitungkan secara detail hal inilah yang terkadang menyulitkan semua orang. Membuat mereka enggan membeli, kasusnya berbeda dengan mobil konvensional.

Saat bensin tinggal sedikit langsung gas saja, karena pengisian bahan bakar masih banyak. Selanjutnya adalah suara, menggunakan mobil listrik memang terdengar suara hanya saja terlalu pelan.

Kondisi tersebut memang jadi sebuah perdebatan. Suara ini, sebenarnya memberikan pertanda kepada pengemudi lain bahwa, ada mobil yang berada di sekitarnya. Selanjutnya, adalah harga jual di mana saat ini masih di angka Rp600 juta yaitu Hyundai Ioniq.

Sementara, untuk mobil konvensional angka tersebut Anda sudah bisa mendapatkan kualitas mobil nomor satu. Hal terakhir yang harus Anda perhatikan adalah Anda sulit untuk memodifikasinya.

Sistem kelistrikan disini sangat kompleks dan penting. Terlebih lagi soal kecepatan dimana, mobil listrik ini mempunyai batasan. Jadi, bagaimana apakah Anda masih ingin membeli mobil listrik atau tetap konvensional?

Must Read