OUR NETWORK

Kenali Gejala Steering Rack Avanza Bermasalah

Tujuan utama membeli mobil adalah untuk memberikan kenyamanan saat bepergian jauh. Akan tetapi ada hal yang bisa merusak kenyamanan kamu yaitu rusaknya rack steer kendaraan kamu. Untuk kamu yang ingin tahu lebih dalam, berikut ini adalah ulasannya.

Rack Steer dan Kenyamanan Berkendara

Source Image: pinterest @advanceauto

Sebelum kita masuk ke ulasan lebih dalam mengenai rack steer, kita ketahui dahulu mengenai apa itu rack steer. Rack steer merupakan salah satu bagian dari kendaraan atau mobil yang berhubungan dengan kenyamanan kendaraan kamu. Rack steer memiliki bentuk fisik berupa selongsong besi yang di dalamnya terdiri dari beberapa komponen, seperti sistem hidrolik cairan power steering dan juga hose untuk steering.

Seperti disebutkan sebelumnya, rack steer digunakan untuk menjaga kenyamanan saat berkendara. Nah, komponen ini bekerja dengan cara menghubungkan steer dengan kaki. Jadi ketika ia rusak atau bermasalah, pengalaman berkendara kamu akan kurang nyaman.

Selain itu, komponen ini juga merupakan komponen yang sangat penting dalam power steering. Jadi jika bagian ini mengalami kerusakan, mobil Avanza kamu pasti akan terasa tidak nyaman digunakan. Sangat penting bagi kamu untuk tahu apa saja penyebab masalah, akibat dan juga pencegahannya. Untuk tahu lebih banyak, ini dia ulasannya.

  • Penyebab masalah rack steer

Rack steer bisa mengalami kerusakan karena beberapa penyebab. Penyebab utama dari masalah pada rack steer ini adalah karena adanya kebocoran pada rack steer kendaraan kamu. Selain itu, penggunaan mobil pada area terjal terlalu sering juga bisa menjadi penyebab masalah rack steer ini.

Oh ya, kendaraan yang sudah lama juga sangat riskan mengalami masalah pada rack steer ini. Apalagi jika kendaraan kamu sudah lama dan sering digunakan untuk keluar kota, masalah rack steer ini akan lebih sering terjadi.

  • Gejala masalah pada rack steer

Untuk gejalanya, setiap orang sesungguhnya bisa mengetahui ada masalah pada rack steer kendaraannya. Bahkan orang yang tidak paham mengenai mesin sekalipun. Kendaraan yang memiliki masalah pada bagian rack steer-nya umumnya akan kurang nyaman saat digunakan.

Selain itu ketika rack steer kendaraan kamu mengalami masalah, kamu akan mendengar bunyi-bunyi yang tidak mengenakkan dari kendaraan kamu. Masalah kenyamanan dan bunyi-bunyi yang muncul inilah yang menjadi gejala yang paling banyak dialami saat rack steer bermasalah.

Oh ya, satu lagi masalah yang paling banyak di alami oleh pengendara saat rack steer kendaraan mereka mengalami kerusakan adalah mengenai kenyamanan dalam pengendalian kendaraan. Seperti disebutkan sebelumnya, rack steer adalah bagian yang berhubungan dengan power steer. Kondisi rack steer yang buruk pasti akan menyebabkan masalah pada power steer kendaraan kamu.

  • Pencegahan masalah pada rack steer

Di atas kita sudah pelajari hal-hal berhubungan dengan masalah rack steer, penyebab serta gejalanya. Dari hal-hal yang sudah disampaikan sebelumnya, kita bisa simpulkan beberapa cara pencegahan kerusakan rack steer ini.

Untuk menghindari kerusakan pada rack steer, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan menghindari jalan rusak. Jalan rusak bisa jadi penyebab utama masalah rack steer kendaraan kamu.

Sesungguhnya jika kamu sesekali menggunakan kendaraan kamu melewati jalan rusak tidak masalah. Akan tetapi jika kamu mengendarai kendaraan kamu terus menerus melewati jalanan yang rusak ini, kamu harus siap-siap ya!

Selain menghindari jalanan yang rusak sebagai jalan utama yang kamu lewati, cara pencegahan lainnya adalah dengan melakukan pengecekan. Kamu harus melakukan pengecekan dan pemeriksaan secara teratur untuk kendaraan kamu.

Pengecekan ini dilakukan dengan mengecek rack steer setiap penggunaan kendaraan 10.000 km sekali. Bukan hanya itu, kamu juga harus cek pelumas dari rack steer secara terjadwal jika ingin kendaraan kamu tetap nyaman digunakan meski sudah cukup tua.

Must Read