OUR NETWORK

Ketahui Apa Saja Fungsi Intermittent Wiper di Mobil?

Ketika Anda sedang berkendara di waktu hujan, tentunya penglihatan akan menjadi kabur dan tidak jelas. Disinilah peran intermittent wiper pada mobil diperlukan. Mengenai fungsi intermittent wiper sendiri pada mobil mungkin tidak semua pengguna memahami hal tersebut.

Pada umumnya, untuk mengetahui apakah mobil Anda dibekali dengan intermittent wiper adalah dengan mengukur bagian tuas wiper yang ada dekat lingkar kemudi mobil. Bentuk pada intermitten wiper ini akan menyerupai tombol yang bisa diarahkan dan menjadi satu tuas.

Mengenal Intermittent Wiper Berikut Fungsinya

Fungsi intermittent wiper sendiri adalah untuk mengatur seberapa aktif wiper ketika hujan sedang turun. Dengan begitu, Anda pun akan dengan mudah mengatur seberapa banyak sapuan yang dibutuhkan untuk menyibakkan air hujan pada kaca depan mobil.

  • Sapuan intermittent wiper harus disesuaikan dengan derasnya hujan. Hal ini dibuktikan dengan adanya pengaturan terkait seberapa sering wiper menyapu kaca bagian depan. Sapuan ini juga harus Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan jangan sampai salah menentukan periode dengan cuaca yang sedang dihadapi saat itu.
  • Untuk memilih seberapa sering sapuan dioperasikan, maka Anda bisa memilihnya pada menu setting yang ada pada tuas wiper. Sesuaikan banyaknya sapuan dengan intensitas hujan. Hal ini dilakukan untuk membuat kinerja wiper menjadi lebih optimal dalam memperjelas pandangan pengendaranya.
  • Jika hujan sedang gerimis, maka Anda pun wajib untuk menyalakan penyemprot air terlebih dahulu agar karet wiper dan kaca basah.
  • Selain itu, maksimalkan sapuan dengan melakukan perawatan pada karet wiper mobil untuk menghasilkan performa yang mumpuni. Cek secara berkala, setidaknya satu kali dalam sebulan
  • Pastikan bahwa karet wiper mobil Anda tetap prima agar fungsi intermitten wipernya bisa lebih optimal. Hal ini harus dilakukan dengan memberikan perawatan terhadap karet wiper itu sendiri. Beberapa masalah yang sering muncul adalah dimana karet wipernya berubah menjadi getas atau keras yang mengakibatkan lecet pada bagian kaca depan mobil.
  • Wiper juga bisa menjadi penyebab kaca depan lecet. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya perawatan yang dilakukan terhadap karet wipernya. Hal ini jugalah yang membuat karet wiper menjadi getas atau keras.
  • Selain membuat kaca depan tergores, karet wiper yang kaku juga bisa menyebabkan kaca depan jadi buram. Jika hal ini terjadi tentu saja bisa mengganggu penglihatan, terlebih bagi sang pengemudi kendaraan. Akibatnya bisa sangat fatal.
  • Untuk melakukan perawatan atas hal tersebut, maka Anda dilarang untuk memarkirkan kendaraan Anda di bawah sinar matahari secara langsung dalam waktu yang cukup lama. Namun jika memang terpaksa harus parkir di area terbuka, sebaiknya dilapisi terlebih dahulu supaya kaca tidak langsung terpapar oleh sinar matahari.

Tidak banyak orang yang mengetahui akan fungsi dari wiper ini. Oleh karena itu, pahami dan perlakukan wiper dengan baik dan lakukan perawatan secara berkala pada karet wipernya. Sebab, percuma saja jika memang Anda sudah mengetahui perihal penyesuaian durasi sapuan intermittent wiper, namun ternyata kondisi karet wipernya sudah rusak atau getas.

Jangan sampai juga ketika hujan turun begitu derasnya justru wiper mobil Anda tidak bisa bekerja secara maksimal. Alhasil, Anda pun akan kesulitan dalam melihat jarak pandang kedepan lantaran curah hujan yang cukup tinggi mengganggu penglihatan Anda.

Demikianlah beberapa penjelasan terkait dengan fungsi intermittent wiper yang ada pada mobil. Semoga dengan penjelasan ini Anda bisa lebih memahami akan fungsi dari wiper dan bisa merawatnya dengan baik.

 

Must Read