OUR NETWORK

Ketika Rem Mobil Blong Di Turunan, Segera Lakukan Hal Ini

Rem merupakan komponen yang sangat penting bagi keselamatan kalian, kalian akan mengalami masalah apabila kalian tidak merawat rem kalian karena bisa mengancam keselamatan dan bahkan nyawa kalian selaku pengemudinya. Dan tentu saja rem blong merupakan hal yang paling dihindari dan bahkan ditakuti apabila kalian sedang mengendara apalagi kalau di jalan menurun.

Berikut akan kami berikan tips apa saja yang harus kalian lakukan ketika mobil yang kalian kendarai mengalami blong di jalan menurun pula.

1. Segera Lepaskan Kaki Kalian Dari Pedal Gas

Sumber Gambar: otomotif.kompas.com

Hal simple tapi sering kali tidak dilakukan karena sedang panik, ketika kalian sedang mengalami kejadian seperti yang disebutkan di atas kalian harus tetap tenang dan segera lepaskan kaki kalian dari pedal gas. Karena kalau kalian tetap menginjak pedal gas sudah jelas mobil kalian akan terus melaju semakin cepat dan akan makin susah kalian kendalikan nantinya.

Apalagi di jalan menurun yang akan membuat mobil kalian terus menambah kecepatan bahkan tanpa kalian menginjak pedal gas jadi bisa kalian bayangkan seberapa cepat mobil kalian akan melaju ketika kalian terus menginjak pedal gas.

2. Jangan Langsung Matikan Mesin Mobil

Sumber Gambar: otomotif.kompas.com

Mungkin banyak yang berfikir ketika kalian sedang mengalami rem blong apalagi di jalan turunan mematikan mesin adalah cara yang tepat dan harus dilakukan. Akan tetapi justru mematikan mesin mobil merupakan hal yang harus kalian hindari.

Kenapa harus kalian hindari, karena ketika kalian mematikan mesin mobil kalian akan semakin susah untuk mengendalikan mobil kalian. Selain itu juga mobil kalian akan semakin berat karena pompa power steering menjadi tidak aktif.

Dengan masih hidupnya mesin mobil pompa power steering akan tetap menyala dan membuat kalian bisa mengendalikan mobil kalian sambil kalian menghindari hal – hal yang berpotensi mencelakakan diri kalian atau bahkan orang lain.

3. Nyalakan Hazard Dan Tekan Klakson Berkali – Kali

Sumber Gambar: gridoto.com

Langkah kaki ini untuk membuat orang sekitar kalian menyadari kalau ada masalah dengan mobil yang kalian kendarai. Terus bunyikan klakson berkali – kali sampai orang – orang sadar dan kemudian membuat mereka tidak akan menghalangi jalan kalian sehingga tidak terjadi hal – hal yang tidak kalian inginkan.

Selain itu mungkin mereka bisa membantu kalian untuk membuat mobil kalian yang sedang blong untuk berhenti dengan cara yang mungkin tidak kalian pikirkan waktu itu.

4. Terus – Terusan Menginjak Pedal Rem

Ketika mobil kalian blong ingat selalu untuk terus – terusan menginjak pedal rem dengan harapan rem kalian setidaknya akan membuat mobil kalian melambat atau bahkan tekanannya bisa kembali seperti semula dan membuat mobil kalian berhenti.

Dan ketika mobil kalian sudah berhenti jangan langsung berasumsi kalau mobil kalian sudah tidak ada masalah. Jangan langsung kendarai mobil kalian tetapi segera cari bengkel terdekat untuk segera memperbaiki mobil kalian karena mengendarai mobil dengan dengan rem blong sangat berbahaya untuk keselamatan kalian dan juga orang lain.

5. Gunakan Rem Tangan

Sumber Gambar: daihatsu.co.id

Ketika rem pada kaki kalian tidak berfungsi ada baiknya menggunakan rem tangan. Akan tetapi untuk menggunakan rem tangan harus kalian gunakan secara hati – hati karena kalau kalian gunakan dengan tidak hati – hati mungkin saja kalian malah ditabrak oleh kendaraan yang berada di belakang kalian karena kalian akan berhenti mendadak.

Kalian harus merasakan gigitan rem tangan pada bagian kaliper roda hal ini menghindarkan kalian dari pengereman yang mendadak. Jadi kalian harus dengan perlahan untuk mengangkat rem tangannya, hingga mobil kalian melambat secara perlahan – lahan. Dan ingat selalu arahkan mobil kalian ke pinggir jalan atau lokasi yang sekiranya aman.

6. Tabrakan Mobil Kalian Ke Lokasi Yang Kalian Anggap Aman

Kalau semua sudah kalian lakukan tetapi tidak membuat mobil kalian melambat juga. Cara terakhir yang bisa kalian lakukan adalah dengan menabrakan dengan cara mencari lokasi yang menurut kalian aman. Aman dalam artian lokasi yang kalian pilih tidak mencelakai nyawa kalian dan juga nyawa – nyawa orang disekitar kalian.

Lokasi yang bisa kalian pilih seperti tumpukan pasir, semak – semak, gundukan tanah dan mungkin tumpukan ban. Atau ketika kalian berada di jalan tol, jalan tol memiliki jalur evakuasi yang bisa kalian gunakan ketika kalian sedang mengalami rem blong.

 

Must Read