Renault, produsen mobil asal Prancis, kembali meramaikan pasar SUV keluarga dengan memperkenalkan model terbaru mereka, Renault Austral. Dengan menggunakan landasan mekanis yang sama dengan Nissan Qashqai yang populer, Renault berharap Austral dapat bersaing dengan model-model populer dari Nissan, Kia, dan Peugeot.
Desain Eksterior dan Persaingan di Pasar
Secara tampilan, Renault Austral membagi landasannya dengan Nissan Qashqai, tetapi memiliki detail desain yang khas Renault.
Gril besar, lampu depan model boomerang, dan logo Renault yang besar memberi tahu kita siapa pembuat mobil ini. Namun, desainnya tidak terlalu mencolok, terlihat cukup umum jika dibandingkan dengan SUV keluarga terbaru lainnya.
Meskipun begitu, Austral menawarkan desain yang lebih menarik dibandingkan dengan beberapa pesaingnya. Lebih menarik dibandingkan dengan Toyota RAV4, dan lebih bersahabat dibandingkan dengan Hyundai Tucson dan Kia Sportage yang memiliki desain yang lebih futuristik.
Renault Austral juga memperkenalkan varian trim baru, Esprit Alpine, yang menawarkan desain lebih sporty tanpa upgrade mekanis. Varian ini menambah pilihan bagi konsumen yang menginginkan tampilan yang lebih menarik.
Interior dan Kehandalan
Meskipun eksterior Austral mungkin tidak terlalu mencolok, interior mobil ini lebih menarik. Layar sentuh besar menjadi pusat perhatian di kabin, dengan desain sekitarnya didesain mengelilingi layar tersebut. Terdapat penutup pusat konsol yang dapat digeser untuk menutupi tempat penyimpanan atau penyangga tangan saat menggunakan layar.
Kualitas bahan dalam kabin cukup baik, dengan beberapa bagian yang terbuat dari plastik lembut dan aksen krom yang cerdas. Namun, ada beberapa komponen yang terasa murah. Meskipun begitu, interior Austral setara dengan mobil-mobil dari merek pesaing seperti Ford dan Nissan.
Mobil ini juga menawarkan fleksibilitas dalam ruang kabin dan bagasi. Kursi belakang dapat digeser untuk memberikan ruang kaki yang besar atau meningkatkan kapasitas bagasi. Meskipun kapasitas bagasinya terlihat sedikit kecil di atas kertas, fleksibilitas ini menjadi nilai jual yang signifikan.
Teknologi dan Keamanan
Layar sentuh baru pada Austral menggunakan sistem operasi Android Automotive dari Google. Sistem ini telah digunakan dalam Megane E-Tech electric car dan beberapa produk Volvo dan Polestar. Antarmuka yang intuitif dan Google Maps terintegrasi membuatnya menjadi salah satu yang terbaik di kelasnya.
Renault mempertahankan kontrol iklim sebagai tombol fisik terpisah di bawah layar sentuh, yang merupakan pilihan yang baik untuk operabilitas saat berkendara. Display instrumen digital juga memberikan informasi dengan jelas dan dapat dipasangkan dengan head-up display. Dalam hal keamanan, Renault Austral dilengkapi dengan hingga 32 sistem bantuan pengemudi, termasuk teknologi lane-keeping, cruise control adaptif, pemantauan blind-spot, dan kamera manuver 360 derajat.
Performa, Output Tenaga, dan Akselerasi
Saat ini, satu-satunya opsi powertrain yang ditawarkan adalah sistem hybrid 1.2 liter yang sangat baik. Sistem ini menggabungkan mesin bensin tiga silinder 1.2 liter dengan turbocharger dan dua motor listrik. Sistem 196 tenaga kuda menggerakkan roda depan melalui transmisi otomatis multi-mode.
Meskipun akselerasinya tidak luar biasa, sistem ini mampu memberikan kecepatan yang memadai. Konsumsi bahan bakar yang sangat efisien membuat Austral menarik bagi pengemudi mobil listrik di perkotaan.
Namun, dalam pengujian di jalan, Austral mungkin kurang efisien, terutama saat berkendara di jalan raya. Meskipun begitu, rendahnya emisi gas buang akan menarik bagi pengemudi mobil perusahaan dan konsumen yang berada di pinggiran kota.
Ride dan Handling
Renault menawarkan opsi sistem kemudi empat roda (4Control) yang dapat memutar roda belakang hingga lima derajat. Sistem ini memberikan kendali yang sangat tajam, tetapi kemudi yang tajam ini bisa mengejutkan bagi pengemudi yang tidak terbiasa.
Kendali yang tajam membuat mobil langsung berbelok saat masuk tikungan, didukung oleh cengkeraman dari ban Michelin yang bagus. Meskipun begitu, kenyamanan berkendara mungkin kurang memuaskan dibandingkan dengan beberapa pesaingnya.
Suspensi yang kurang nyaman, terutama dengan roda alloy 20 inci, membuat mobil terasa kurang stabil di atas permukaan jalan yang tidak rata.
Sayangnya, tingkat kebisingan jalan yang cukup tinggi dapat terdengar di dalam kabin, merusak kenyamanan perjalanan. Secara keseluruhan, Austral menawarkan pengalaman berkendara yang menyenangkan, meskipun kenyamanan dan keheningan interior dapat ditingkatkan.
Renault Austral hadir sebagai pesaing yang serius di pasar SUV keluarga. Dengan desain menarik, teknologi canggih, dan performa yang baik, mobil ini memiliki daya saing dengan model-model terkemuka di kelasnya.
Meskipun ada beberapa kekurangan seperti kenyamanan berkendara yang kurang optimal, Renault Austral tetap menjadi pilihan menarik bagi konsumen yang mencari SUV yang efisien, modern, dan nyaman untuk keluarga mereka.