OUR NETWORK

Penyebab Tarikan Mobil Terasa Berat Beserta Solusinya

Memiliki Mobil harus siap dengan segala risikonya. Termasuk kerusakan yang mungkin terjadi karena kesalahan dalam perawatan. Salah satunya adalah tarikan pada kendaraan yang terasa sangat berat.

Kondisi ini membuat Anda merasa kurang nyaman dalam berkendara. Tidak hanya itu saja, masalah tersebut dinilai cukup serius sehingga harus segera ditangani secara maksimal. Agar tidak merembet ke lainnya.

Harus diketahui, efek dari tarikan teras yang membuat mesin menjadi panas. Dengan begini kinerja mesin jadi lebih berat. Dampak terburuknya adalah bensin menjadi lebih membosankan daripada biasanya.

Oleh karena itu, coba simak beberapa penyebab dari tarikan mobil Anda yang terasa berat. Sekaligus bagaimana solusi terbaiknya.

Mobil Kurang Diperhatikan Terutama Bagian Mesin

Pertama mengapa tarikannya terasa berat adalah karena mesin yang kurang diperhatikan atau dirawat dengan baik. Biasanya pihak bengkel akan memberikan rambu-rambu bila sudah 6000 km atau 6 bulan pemakaian harap dibawa kembali ke Bengkel.

Sayangnya, Anda tidak melakukannya sehingga perawatan terhadap oli dan melihat bagaimana kondisi mesinnya jadi berkurang. Membawanya rutin ke bengkel membuat kondisi kendaraan selalu prima.

Solusi selanjutnya adalah isi bensin sesuai dengan kapasitas mesinnya. Misal, untuk produk terbaru usahakan jangan menggunakan premium. Tetapi, cobalah memakai pertamax sebagai bagian dari perlindungan terhadap mesin.

Coba Lihat Pada Bagian Catalyc Converter

Dalam knalpot terdapat beberapa komponen yang berfungsi melancarkan saluran pembuangan. Kemungkinan terbesar ketika mobil tarikannya terasa berat adalah ada komponen yang tidak berjalan pada semestinya.

Cobalah periksa pada bagian Catalyc Converternya ke bengkel. Permasalahan sering terjadi karena adanya tumpukan dari kerak. Hal ni dapat terjadi karena tidak diperiksa dan dibersihkan membuatnya menumpuk dan menghambat fungsinya.

Oleh karena itu, cobalah melakukan perawatan dengan rutin untuk membersihkannya. Bawa saja ke bengkel yang mampu menangani permasalahan ini. Mereka mempunyai chemical atau cairan khusus agar kerak yang menempel dapat hilang.

Ada efek yang bagus yang akan didapatkan jika Anda rutin dalam membersihkannya. Pertama, performanya jadi lebih bagus dibandingkan sebelumnya. Kedua, emisi gas buangnya jauh lebih sempurna membuat mesin jadi lebih awet dan tahan lama.

Kaki-Kaki Mobil Mungkin Sudah Rusak

Jika merawat mesin sudah baik, Catalyc Converter selalu dibersihkan setiap bulan. Tarikan masih terasa berat? Cobalah periksa pada bagian kaki-kaki. Biasanya bagian bearing mengalami masalah karena terlalu kering atau kurang pelumas. Sehingga, kinerjanya jadi kurang maksimal.

Oleh karena itu, cobalah untuk membawanya ke bengkel dan diperiksakan. Kemungkinan, komponen tersebut hanya membutuhkan tambahan gemuk saja agar tidak kering. Usahakan melakukan pemeriksaan setiap satu bulan sekali minimal.

Atau sesuai dengan saran dari bengkel. Kondisi kaki-kaki ini sangat terasa sekali. Cobalah lakukan perawatan rutin tidak hanya lancar. Saat digunakan untuk berbagai manuver terasa ringan dan nyaman.

Kampas Kopling Menjadi Aus

Kondisi selanjutnya kemungkinan kampas kopling Anda akan Aus. Kondisi tersebut membuat kinerja Mobil pada saat melakukan transmisi akan tersendat. Tidak hanya menjadi berat biasanya tarikan juga akan selip.

Bila hal ini dibiarkan, maka komponen tersebut akan mengalami kerusakan. Sehingga, harus dilakukan pergantian. Tetapi, biasanya bengkel tidak hanya memeriksa bagian ini saja. Karena, efek dari keausan dan tarikan berat ini ada banyak sekali.

Jadi, lebih bijak jika sudah terasa langsung di bawa ke bengkel. Dengan begini Anda dapat meminimalisir pengeluaran khususnya untuk mengganti komponen yang mungkin ikut rusak akibat tarikan berat.

Tarikan mobil teras berat bisa menjadi indikasi bahwa ada yang salah dengan sistem perawatan Anda. segera diperbaiki sekarang juga, agar tidak berdampak pada komponen lain hingga akhirnya, biaya perawatannya akan membengkak.

Must Read