OUR NETWORK

Rem Cakram Vs Rem Tromol

Rem cakram dan rem tromol merupakan dua system rem yang sering digunakan oleh produsen – produsen untuk melengkapi motor atau mobil yang akan mereka produksi. Nah, untuk rem tromol dan rem cakram sendiri memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing.

Jadi buat kalian yang kurang mengerti akan kami berikan penjelasan mengenai kelebihan dan juga kekurangan untuk rem tromol dan juga rem cakram.

Rem Cakram

Sumber Gambar : @wuling.id

Rem cakram atau dikenal juga dengan Disc Brake terdiri atas dua bagian yaitu pringan cakram dan juga kaliper rem. Untuk kalipernya juga terdiri dari dua bagian juga yaitu piston dan juga kampas rem. Nah kedua bagian inilah yang bertugas menjepit piringan cakram supaya laju kendaraan berkurang hingga berhenti total.

Sedangkan untuk cara kerjanya sendiri, ketika pedal kalian injak pedal rem maka master rem akan mendorong minyak rem agar mengalir ke piston. Kemudian kaliper akan mendorong piston untuk menekan kampas yang menyebabkan piringan cakram terjepit sehingga akhirnya roda mobil akan melambat kemudian berhenti total.

Nah kalau kalian perhatikan desain piringan cakram memiliki bolongan – bolongan bukan? Nah desain itu tidak dibuat tanpa alasan, desain bolong – bolong itu bertujuan untuk membuang gas yang dihasilkan dari gesekan. Sehingga piringan cakram kalian tidak menghasilkan panas yang berlebihan.

Rem cakram memiliki kelebihan yang lebih responsive dibandingkan dengan rem tromol. Dan rem cakram juga penggunaannya lebih stabil dan konsisten setiap dalam takaran pengereman. Dari segi perawatan juga rem cakram lebih unggul dibandingkan dengan rem tromol, hal ini dikarenakan konstruksi dari rem cakram yang lebih sederhana dibandingkan dengan rem tromol.

Untuk kekurangannya rem cakram sendiri karena terlalu fisiknya yang terbuka maka dari itu piringan cakram sangat mudah terkena kotoran. Dan juga rem cakram tidak dilengkapi dengan fitur ABS atau Anti Lock Braking System sehingga membuat rem cakram apabila kalian sedang berkendara dalam kecepatan yang tinggi bisa membuat rem kalian memiliki resiko terkunci.

Rem Tromol

Sumber Gambar : @s3-id-jkt-1.kilatstorage.id

Rem tromol juga dikenal dengan sebutan Drum Brake, rem dengan system tromol bekerja dengan mekanikal yang mengandalkan gesekan antara kampas dan juga tromol. Komponen utama dari rem tromol ini sendiri adalah silender roda, kampas rem dan tentu saja tromol rem. Bentuk tromol sendiri menyerupai dua mangkuk yang menutup sekilas mirip dengan drum sehingga disebut juga dengan drum brake.

Untuk cara kerjanya ketika pedal rem diinjak minyak rem akan mendorong piston untuk menggerakan kampas dalam proses tersebut nanti kampas akan seolah – olah melebar yang kemudian membuat dorongan. Setelah itu akan menekan piston yang mendorong tromol untuk menghasilkan gaya gesek, nah gaya gesek inilah yang menyebabkan proses pengurangan laju kendaraan.

Permukaan kampas yang lebih lebar akan berdampak dengan daya pengereman yang kuat tetapi juga lembut. Sehingga membuat masih banyak truk dan juga bus yang mengandalkan rem tromol. Mobil – mobil penumpang juga masih banyak menggunakan rem tromol untuk roda pada bagian belakang.

Karena system rem ini memang cocok untuk mobil – mobil besar karena rem tromol cenderung lebih bersih karena system kerjanya yang lebih tertutup dibandingkan dengan rem cakram. Tetapi dengan tertutupnya desain ini membuat rem dengan system ini sulit untuk mendapatkan sirkulasi udara.

System pengereman ini lebih cepat panas dibandingkan dengan rem cakram dan juga memiliki respon yang jauh lenih lambat dibandingkan dengan rem cakram.

Nah itulah rem cakram vs rem tromol. Masing – masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang ada pada system rem tersebut. Terlepas dari system rem yang kalian gunakan harus kalian ingat untuk selalu memperhatikan dan juga merawat rem yang kalian gunakan. Untuk rem cakram harus kalian perhatikan ketebalan pringan rem cakram dan juga kebersihan yang ada pada rem cakram kalian.

Kemudian untuk tromol kalian harus menggunakan break cleaner kalau kalian mau membersihkan rem secara mandiri. Sebelum dibersihkan kalian harus membuka dulu rem tromol kalian dan untuk membukannya kalian bisa menggunakan tangan atau palu karet untuk memukul bagian samping tromol. Sehingga kebersihan dari rem kalian tetap bersih dan juga dapat bekerja dengan baik dan optimal.

Must Read