OUR NETWORK

Semua Yang Perlu Kalian Ketahui Mengenai Speedometer Mobil

Speedometer Mobil adalah salah satu komponen yang dapat kalian temukan pada kabin mobil atau lebih tepatnya berada di dashboard mobil. Komponen yang satu ini akan memberikan kalian informasi – informasi penting yang kalian butuhkan selama perjalanan. Di Speedometer Mobil ini juga memiliki lampu indikator yang berguna sebagai penanda dari setiap kondisi bagian mobil.

Untuk mengetahui lebih baik mengenai Speedometer Mobil ini ada beberapa informasi yang mungkin perlu kalian ketahui. Apa sajakah itu? Buat kalian yang mungkin penasaran, dapat mengikuti dan menyimak ulasan kami di bawah ini hingga tuntas. Dengan begitu kalian akan mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai apa itu Speedometer Mobil.

Fungsi Dari Speedometer Mobil

Sumber Gambar: hondabintangtabanan.co.id

Sama halnya dengan komponen lainnya pada mobil, komponen Speedometer Mobil ini juga memiliki fungsi yang sangat berguna bagi kalian. Pada dasarnya Speedometer Mobil menyediakan informasi yang akan sangat berguna bagi kalian yang sedang berkendara. Informasi yang diberikan juga sangat beragam misalnya saja kecepatan yang sedang kalian gunakan.

Kalian juga akan mendapatkan informasi mengenai sisa dari bahan bakar mobil sehingga kalian tidak perlu khawatir akan kehabisan bahan bakar. Speedometer Mobil juga menampilkan posisi dari gigi transmisi dan juga menampilkan posisi lampu mobil dalam keadaan menyala atau mati. Dan yang tidak kalah pentingnya, Speedometer Mobil juga menampilkan suhu atau temperatur udara mobil.

Dengan kata lain jika Speedometer Mobil bekerja dengan baik maka kalian dapat memantau kinerja mobil kalian dengan lebih akurat.

Jenis – Jenis Speedometer Mobil

Sumber Gambar: momobil.id

Pada dasarnya Speedometer Mobil ini terbagi menjadi dua jenis saja, yaitu Speedometer Mobil Digital dan juga Speedometer Mobil Analog. Dari namanya saja kalian sudah mendapatkan gambaran mengenai apa kedua jenis Speedometer Mobil ini. Untuk Speedometer Mobil Digital biasanya digunakan pada mobil – mobil produksi baru.

Speedometer Mobil Digital ini bekerja dengan menggunakan energi magnetik, sistem gir yang ada pada roda depan akan disambungkan dengan Cluster Mobil. Pada Cluster tersebut dipasangkan dengan kawat speedo yang disebut dengan Optocoupler. Nah, Optocoupler inilah yang kemudian akan memberikan kalian informasi – informasi tersebut.

Berikutnya adalah Speedometer Mobil Analog yang sering sekali kalian temukan. Speedometer Mobil Analog ini menghubungkan antara poros roda kendaraan dengan roda penggerak pada Speedometer menggunakan kabel.

Penyebab Speedometer Mobil Mati

Sumber Gambar: auto2000.co.id

Sama halnya dengan komponen – komponen lainnya, Speedometer Mobil juga dapat mengalami masalah dan dapat rusak atau mati. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan komponen Speedometer Mobil ini mati. Di bawah ini kami akan memberikan kalian informasi mengenai apa saja yang dapat menyebabkan Speedometer Mobil kalian mati.

Sistem Kelistrikan

Speedometer Mobil terutama yang sudah Digital sangat tergantung dengan sistem kelistrikan sebuah mobil. Ketika sistem kelistrikan pada mobil kalian mati akan besar kemungkinannya Speedometer Mobil tidak bekerja dengan benar. Setidaknya beberapa informasi yang kalian dapatkan tidak akan akurat atau lebih parahnya tidak menyala sama sekali.

Jika kalian melihat Speedometer Mobil bermasalah ada baiknya bawa ke bengkel kepercayaan kalian untuk melakukan pengecekan. Dan melihat apakah memang kelistrikan pada mobil kalian mengalami masalah atau tidak.

Kerusakan Pada Sensor

Agar Speedometer Mobil dapat bekerja dengan baik maka peran sensor sangat penting dan sensor ini akan membantu memberikan kalian informasi berguna tersebut. Sensor Speedometer Mobil ini sendiri terletak pada bagian transmisi mobil kalian. Selain itu ada juga sensor yang terpasang pada roda – roda mobil.

Nah, jika sensor – sensor ini mati maka sudah pasti maka Speedometer Mobil mobil kalian akan bermasalah dan bahkan mati.

Panel Error

Hal terakhir yang dapat menyebabkan Speedometer Mobil kalian mati adalah panel error yang mana dapat menyebabkan lampu indikator bisa mati. Dengan lampu indikator yang mati tentu saja dapat menyebabkan gangguan pada Speedometer Mobil kalian, walaupun yang mati hanya satu.

Speedometer Mobil adalah komponen yang cukup penting terutama untuk memberikan kalian informasi yang dapat kalian gunakan selama perjalanan. Oleh sebab itu memastikan Speedometer Mobil berfungsi dengan baik adalah suatu keharusan.

Must Read