Spesifikasi Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 N

Hyundai Ioniq 5 N telah resmi dikenalkan secara global. Kendaraan ini merupakan salah satu mobil listrik high performance pertama yang diproduksi pabrikan. Menyandang embel – embel ‘N’ di belakang namanya, segahar apa spesifikasi mobil tersebut?

Spesifikasi Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 N

Hyundai Ioniq 5 N menjadi sorotan karena model N pertama yang berupa mobil listrik. Meskipun mengandalkan tenaga listrik murni, Hyundai sukses mengembangkan sebagai mobil yang berperforma tinggi, maka tidak heran mengapa banyak orang yang mengidamkan memiliki mobil ini. Nah, seperti apa spesifikasi dari Hyundai Ioniq 5 N? berikut ini spesifikasi mobil listrik Hyundai Ioniq 5 N, sebagai berikut :

  • Memiliki desain motor sport yang kuat
Sumber Gambar: hyundaimobil.co.id

Meskipun masih menggunakan rangka yang sama dengan varian regular, namun IONIQ 5 N berbeda secara tampilan. Pabrikan ini memberikan kendaraan tersebut dengan motor sport yang kental.

Pada bagian depan, terdapat N Mask graphic fascia dengan sifat fungsional serta jendela dan katup udara untuk pendinginan ekstra. Lip spoiler yang terpasang di bagian bawah bumper menegaskan performa, kemudian aksen eksklusif di bawah penutup bumper hitam yang memberikan kesan bak mobil balap.

Selanjutnya, di bagian belakang mobil, spoiler jenis sayap eksklusif Hyundai Ioniq 5 N dengan diffuser jingga dan air outlet. Hal ini akan membantu mengendalikan aliran udara demi performa aerodinamis terbaik yang menekankan kemampuan high – performance IONIQ 5 N yang agresif.

Kemudian di bagian interior, IONIQ 5 N juga membawa tampilan Hyundai Ioniq 5 N dengan eleman khas Hyundai Ioniq 5 N termasuk setir, jok, door scuff panel serta pedal logam yang dioptimalkan untuk berkendara di lintasan balap.

  • Memiliki performa yang tinggi
Sumber Gambar: hyundaimobil.co.id

IONIQ 5 N mendapat peningkatan teknis dibandingkan dengan varian regular. Kendaraan ini dibekali motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga hingga 641 dk serta kecepatan maksimum 260 km/ jam.

Baterai yang berkapasitas 84 kWh hanya memerlukan waktu sekitar 18 menit untuk mengisinya dari 10 persen ke 80 persen. Sayangnya, tidak disebutkan secara pasti berapa jarak maksimum yang dapat ditempuh kendaraan dalam sekali cas.

IONIQ 5 N juga dibekali dengan teknologi booster dan N Launch Control untuk meningkatkan akselerasi kendaraan. Bahkan, berkat teknologi tersebut mobil ini bisa melesat dari nol ke 100 km/jam dalam jangka waktu 3,4 detik.

Meskipun kencang, pabrikan menetapkan standar manajemen termal baru untuk penggunaan IONIQ 5 N di sirkuit balap, sehingga mobil ini tidak mudah panas atau kehilangan daya akibat overheating.

  • Memiliki suara khas ICE
Sumber Gambar: hyundaimobil.co.id

IONIQ 5 N memiliki keunikan lain dalam hal suara. Berbeda dibandingkan dengan mobil listrik lain, kendaran ini terdapat raungan suara khas mobil balap. Hanya saja suara itu bukan asli, melainkan dibantu dengan teknologi khusus. Pabrikan menanamkan IONIQ 5 N dengan N e-shift dan N Active Sound+.

Dimana fitur N e-shift memberikan sensasi atas power dan perpindahan gigi, sementara pada N Active Sound+ dapat menghasilkan suara yang disebut – sebut mirip dengan suara mesin bensin/ ICE (Internal Combustion Engine). Dari kedua fitur ini dihadirkan untuk menjawab keluhan dari para pengemudi yang menyebut bahwa mobil listrik terlalu senyam, tidak seperti mobil sport dengan mesin konvensional/ ICE.

  • Belum adanya harga yang tertera
Sumber Gambar: hyundaimobil.co.id

IONIQ 5 N sudah ditampilkan pada Goodwood Festival of Speed 2023 di Inggris. Meskipun demikian, harga kendaraan ini belum diumumkan pabrikan. Apakah akan dipasarkan di Indonesia atau tidak, namun pihaknya menjelaskan mobil listrik ini hanya akan dipasarkan di Eropa, Australia dan Asia.

Dijual Terbatas?

Sumber Gambar: otoinfo.id

Sesuai dengan namanya, track only biasanya diberikan untuk kendaraan atau mobil yang hanya dapat digunakan pada lintasan sirkuit. Artinya jelas kendaraan diberikan sejumlah modifikasi yang membuat suatu kendaraan tidak dapat dikendarai di jalanan umum. Maka, inilah yang akan dilakukan Hyundai, yaitu mendesain versi ini sesuai dengan standar FIA.

Dengan adanya tambahan modifikasi yang sudah diberikan, dapat ditebak apabila IONIQ 5 N track only bakal mempunyai bobot lebih berat ketimbang model street legal. Meskipun Hyundai dapat memastikan apabila bobotnya hanya bertambah sekitar 2 kg, jadi bobotnya tidak terlalu berat. Tentunya agar memudahkan mobil ketika dikendarai di lintasan.

Tidak hanya spesifikasi diatas, namun sejumlah perubahan visual juga telah dilakukan di mobil. Misalnya, lebih rendah 20 mm (0,78 inci), lebih besar 50 mm (1,9 inch) dan lebih panjang 80 mm (3,1 inci).

Interior di mobil ini juga sedikit berbeda. Dengan adanya model – model N akan membawa kemampuan performa tinggi ke dalam berkendara sehari – hari. Lini N juga membawa elemen elemen yang terinspirasi dari performa ke model dasar.

Must Read

Related Articles