OUR NETWORK

3 Cara Untuk Hasilkan Pernis Cat Motor yang Bagus

Apabila kamu memiliki motor yang warna catnya sudah mulai kusam, ingin seperti baru lagi bisa melakukan pengecatan ulang alias repainting. Jika inginkan hasil repainting bisa lebih bagus kamu perlu menggunakan pernis cat motor yang berkualitas.

Pada proses pengecatan motor dibutuhkan waktu yang tidak cepat. Tentu semua itu bertujuan agar proses pengecatan motor lebih maksimal. Tampilannya bisa lebih menarik seperti baru. Proses akhir pada pengecatan ini dibutuhkan pernis untuk melapisi cat agar hasilnya semakin bagus.

Pernis merupakan tahapan akhir pada proses pengecatan. Berperan sebagai pelapis, pernis sendiri tidak berwarna atau bening. Pernis memang dibutuhkan untuk melindungi warna dan membuat warna asli cat motor lebih mengkilap. Dalam hal ini pernis bukanlah pelindung anti gores. Melainkan sebagai pelindung cat agar tidak mudah pudar dan tetap mengkilap.

Ketahui Cara Menghasilkan Pernis Cat Motor Dengan Hasil Bagus

Jadi agar proses finishing bisa lebih maksimal maka silahkan memilih pernis yang benar- benar berkualitas dan menerapkan teknik penyemprotan yang tepat. Merk pernis sangat berpengaruh terhadap hasil akhir, jadi pastikan kamu tahu cara memilih pernis cat motor yang tepat.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa tips memilih pernis yang terbaik. Selengkapnya bisa simak penjelasan berikut ini :

  • Memilih merk pernis yang berkualitas dan ternama

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memilih merk pernis yang benar-benar terbaik dan berkualitas. ketika beli pernis, jangan tergiur akan harga murahnya saja karena hasil akhir sangat berpengaruh terhadap penampilan motor.

Saat ini sudah banyak sekali merk pernis yang bisa kamu pakai. Agar tidak salah kamu bisa memilih pernis yang memang sudah terbukti kualitasnya dan harganya lebih terjangkau.

  • Menerapkan teknik pengecatan yang benar

Selain memilih merk pernis yang terbaik, kamu juga harus menerapkan teknik pengecatan yang tepat. Jadi demi mendapatkan hasil akhir yang terbaik maka proses penyemprotannya tidak boleh sembarangan.

Kalau dalam urusan ini tidak boleh asal semprot karena ada teknik tersendiri yang perlu dipahami. Poin pertama yang paling penting dalam tahap pengecatan dan menyemprotan pernis adalah proses pengenceran cat dengan thinner.

Nah, untuk mendapatkan hasil terbaik kamu bisa ikuti tahapan berikut ini :

    • Langkah pertama amplas bagian motor yang akan dicat
    • Sebelum proses pengecatan silahkan dasari dulu dengan epoxy dengan permukaan yang tidak tipis atau terlalu tebal.
    • Selanjutnya amplas lagi bagian epoxy yang sudah kering menggunakan amplas yang permukaannya lebih halus.
    • Penyemprotan warna dasar, bisa menggunakan warna putih atau silver
    • Proses pengeringan bisa dijemur atau diangin-anginkan
    • Kalau sudah kering, kamu bisa mulai menyemprotkan cat yang sesuai keinginan
    • Setelah itu keringkan dan hindari terkena debu yang menempel
    • Pastikan proses pengecatan sudah rata dan hasilnya sesuai keinginan
    • Tahap akhir bisa langsung penyemprotan dengan pernis untuk mendapatkan hasil yang lebih mengkilap
    • Tunggu sampai mengering dengan cara diangin-anginkan
  • Perawatan bodi motor dengan benar

Setelah proses pengecatan motor maka lakukan perawatan bodi motor dengan benar. Kamu bisa lakukan cuci motor setiap satu minggu sekali. Hal ini bertujuan agar kondisi cat tetap mengkilap.

Ketika parkir usahakan untuk ditempat yang teduh dan jangan terpapar matahari terlalu lama. itulah yang menyebabkan warna cat motor cepat pudar. Kamu bisa menggunakan pengkilap khusus agar tetap awet dan tahan lama.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa cara pengecatan dan pernis motor lebih mengkilap seperti baru. Agar hasilnya bisa sesuai harapan, bisa terapkan beberapa cara diatas. Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk kamu yang ingin memperbaiki tampilan motor.

 

 

Must Read