OUR NETWORK

6 Hal yang Harus Dilakukan saat Kunci Motor Hilang

Kunci motor adalah salah satu hal yang sangat penting untuk menyalakan motor tetapi sangat sering hilang karena lupa. Kejadian lupa atau kunci motor hilang ini sangat banyak dan hampir semua orang pernah mengalaminya. Tapi tenang saja, setiap masalah pasti ada solusinya.

Inilah Beberapa Hal yang Harus Dilakukan saat Kunci Motor Hilang

Kali ini akan kita bahas tentang 6 hal yang harus kamu lakukan ketika kunci motor hilang dari genggaman. Penasaran apa isinya? Simak di bawah ini ya:

  1. Jangan Panik dan Bertindak Grasah-grusuh

Hal pertama dan yang paling utama adalah jangan panik dan bertindak tanpa pikir panjang. Ya, panik akan membuat otak kamu menjadi tidak mudah berpikir jernih sehingga malah sering melakukan kesalahan yang lain.

Jika pikiran kamu sudah tenang dan santai maka ide-ide untuk menemukan atau cara mengemudikan motor akan lebih mudah muncul. Jadi, tak perlu waktu lama kamu tetap bisa beraktivitas dengan motor tersebut.

  1. Ingat-ingat Kronologi kamu pada Saat Turun dari Motor hingga Sekarang

Setelah kamu tenang dan tidak panik, selanjutnya ajak otak kamu berpikir untuk mengingat kronologinya. Coba urutkan kejadian-kejadian mulai saat turun dari motor hingga saat ini. Ingat-ingat ke mana saja kamu dan aktivitas apa yang dilakukan di sana.

Biasanya, jika pikiran sudah jernih akan mudah teringat atau paling tidak kamu punya kecurigaan terhadap suatu tempat. Jika muncul hal itu segera datangi tempat tersebut dan pastikan kunci kamu di sana.

  1. Coba Hubungi Pihak Keamanan dan Orang-orang Setempat

Apabila hipotesis sederhana yang kamu buat tadi tidak ada hasilnya sebaiknya hubungi pihak keamanan dan juga orang-orang setempat. Jika teman-teman atau orang-orang di sana tidak melihatnya coba menuju ke kantor satpam. Biasanya jika ada yang menemukan kunci motor akan diserahkan ke pihak keamanan. Mereka juga bisa membukakan CCTV jika memang dibutuhkan.

  1. Jika di Rumah, Gunakan Kunci Cadangan yang Masih Tersedia

Apabila kejadian kehilangan kunci tersebut berada di rumah, sudah dicari tidak ketemu, dan kamu terburu-buru maka gunakan kunci cadangan. Ya, setiap membeli motor kamu akan dibekali 2 kunci utama yang satunya bisa jadi cadangan.

Gunakan kunci cadangan dahulu sambil mengingat-ingat tempat menyimpan sebelumnya. Jika urusan sudah selesai, pulang dan cari lagi.

  1. Jika Tidak Ada Kunci Cadangan, Panggil Tukang Kunci

Jika keadaan di atas masih sangat jauh dari ekspekstasi di mana tak ada kunci cadangan maka segera panggil tukang kunci. Tukang tersebut bisa membuatkan kunci yang sesuai dengan motor kamu.

Buasnya cara ini memakan waktu sehingga sebaiknya kamu meminjam motor dahulu dan biarkan tukang bersama dengan anggota keluarga lain. Sebaiknya buat sekalian kunci cadangan atau jika masih kunci yang hilang ketemu, kunci tersebut bisa jadi cadangan.

  1. Jika kamu Bisa dan Berani, Bongkar Motor

Apabila kamu bisa dan berani dapat dengan membongkarnya. Potong kabel yang menuju ke tempat kunci dan sambungkan dua kabel yang dipotong tersebut kembali. Motor akan nyala tapi tentunya ada risiko lain ke depan.

Nah, itu dia beberapa hal yang harus dilakukan saat kunci motor hilang. Informasi di atas diharapkan bisa memberikan solusi dan juga pengingat ketika nanti kamu mengalami atau teman kamu yang mengalaminya. Tapi, dari pada hilang segera lakukan pencegahannya sejak sekarang dengan menyediakan kunci cadangan.

Must Read