OUR NETWORK

Begini Cara Mengencangkan Komstir Motor Serta Begini Merawatnya

Salah satu bagian sepeda motor yang mempengaruhi kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara adalah Komstir. Sayangnya, beberapa orang sering melupakannya dan menganggap keadaan kendaraan tersebut baik-baik saja.

Contohnya, pada saat mengemudi stang terasa susah untuk dikendalikan. Hal yang bisa dilihat adalah saat stang ini diajak untuk berbelok. Sepertinya, sedikit melawan atau terasa berat, handling tampak kaku sehingga, membutuhkan tenaga tinggi untuk belok ke kanan atau kiri.

Selain itu, ciri lain dari awal munculnya permasalahan pada bagian tersebut adalah terdengar suara. Saat melintas di jalan bergelombang atau saat Anda berusaha melakukan pengereman mendadak.

Hal terakhir yang membuat Anda harus membawanya ke bengkel atau mengganti sendiri komstir adalah rem menjadi blong. Jarak pengereman saat menggunakan rem bagian depan berubah jika, terus dibiarkan akan berbahaya bagi pengguna dan penumpangnya.

Oleh karena itu, cobalah untuk membongkarnya dan melakukan pergantian. Pada tahap ini jangan sembarangan menggantinya. Begini, tahapan dalam mengganti komstir agar motor kembali aman dan nyaman saat digunakan untuk biasa atau sedang bermanuver.

Efek Salah Dalam Memasang Komstir

Permasalahan dalam memasang komstir ada dua pertama, karena terlalu kencang. Akibatnya, saat Anda sedang berkendara, stang akan berbelok sendiri. Tidak hanya dalam kecepatan rendah saja, sedang atau tinggi juga sama.

Kekencangan dalam memasang bagian tersebut membuat pengemudi susah dalam mengendalikan motornya. Dengan begini, kecelakaan tidak bisa dihindarkan. Sulitnya pengendara mengontrol motor membuat kecepatan semakin tidak stabil.

Bila kurang tenang, bisa-bisa kecepatannya akan bertambah dengan sendirinya. Selanjutnya, efek yang terjadi bila Komstir ini terasa kendor. Sebenarnya, tidak menimbulkan efek apa-apa selama Anda tidak melintas di polisi tidur.

Tetapi saat berjalan di jalanan yang berlubang lambat laun laker akan bermasalah sehingga stang susah dibelokkan baik kanan atau kiri. Paling parah adalah as pada stang akan terputus karena, munculnya korosi pada bagian komstir.

Cara Melakukan Setelan

Komstir terdiri dari dua baut pengencang posisinya ada di bagian atas dan bawah. Kendurkan dulu keduanya, kemudian kencangkan pada bagian bawahnya. Jika, berbarengan Anda akan merusak bagian drat. Jadi, usahakan bagian bawah dulu.

Cobalah cek dengan menggerakan rodanya, jika terpasang dengan pas maka akan terasa enteng saat roda depan di putar. Berbeda bila proses pemasangannya salah. Rasanya akan terasa berat pada bagian kanan dan kiri.

Setelah baut bawah sudah pas, baru Anda bisa mengencangkan pada bagian atasnya. Usahakan saat mengencangkan, bagian bawah harus ditahan dengan kunci sehingga tidak ikut berputar.

Perlu diketahui bahwa, bagian atas ini akan berpengaruh pada stang. Anda bisa mengaturnya sendiri mau yang berat atau enteng. Setelah selesai, coba lakukan pengecekan dengan memutar roda disertai dengan menggerakkan bagian stang.

Perawatan Komstir yang Benar

Salah satu cara supaya komstir ini tidak cepat rusak adalah teknik perawatannya harus benar. Sebenarnya tidak rumit dan sulit cukup membersihkan bagian komstir saja, setidaknya 6 bulan atau satu tahun sekali.

Jangan lupa memberikan pelumasan untuk mencegah terjadinya korosi. Perhatikan bagian Grease, demi mengurangi keausan bisa menambahkan dengan bola-bola kecil. Kemudian, bersihkan bagian bola bearing.

Bagian tersebut dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan selama 4000 kilometer sekali. Lakukan saja pemeriksaan di bengkel, dengan begini Anda akan mendapatkan kondisi komstir selalu terjaga dengan baik.

Perlu diingat, bagian komstir sangat penting diperhatikan. Jika mengalami perasaan aneh atau stang sudah sulit untuk melakukan berbagai manuver, tidak ada salahnya lakukan pemeriksaan ke bengkel.

Must Read