OUR NETWORK

Biaya dan Penyebab Turun Mesin Motor yang Perlu Diketahui

Tidak hanya ada di mobil saja, kendala atau masalah turun mesin juga terjadi pada sepeda motor. Hal ini terjadi karena, Anda sendiri malas untuk merawatnya dengan membawa ke bengkel untuk melakukan servis rutin.

Kebiasaan tersebut sebaiknya sudah mulai dihilangkan, karena mempengaruhi kondisi kendaraan. Perlu diingat, biaya turun mesin sangat mahal. Oleh karena itu, lebih baik merawatnya dengan baik sejak sekarang dibandingkan harus menggantinya nanti.

Penyebab terjadinya turun mesin adalah telat ganti oli. Perlu diketahui bahwa oli adalah kehidupan bagi mesin. Dengan sistem pelumasan yang baik akan menjaganya dari kerusakan. Pihak pabrik sebenarnya sudah memberikan arahan.

Untuk 2 ribu meter sekali atau 3 bulan sekali harus dilakukan pergantian. Tidak ada salahnya mengikuti arahan tersebut. Kesalahan berikutnya adalah cara mengendarai motor Anda yang kurang bagus dan cenderung ugal-ugalan.

Ada lagi yang tidak mempedulikan air radiator dari motor. Fungsi air radiator sendiri adalah mendinginkan mesin. Terlalu sering overheat membuat kerusakan terjadi semakin dekat. Bila kesalahan tersebut sudah Anda lakukan, alangkah baiknya mulai dibenahi dan lebih peduli lagi terhadap kesehatan motor.

Tanda Kerusakan yang Terjadi Pada Motor

Sebelum motor terjadi penurunan mesin, biasanya akan ada tanda-tanda yang bisa Anda jadikan sebagai indikator. Bahwa, kendaraan Anda harus segera masuk reparasi. Pertama adalah keluar asap putih.

Biasanya motor tidak mengeluarkan asap apa-apa kecuali pada motor dengan neins 2 tak. Asap tersebut berwarna putih dan sangat pekat sulit. Kondisi ini bisa jadi pertanda bahwa, oli sudah mulai rembes dan masuk ke bahan bakar.

Gejala tersebut adalah peringatan bahwa ada beberapa komponen sudah melemah seperti piston, klep, silinder blok karet hingga seal klep. Pertanda kedua adalah motor jadi susah nyala. Hal ini menjadi bukti bahwa bagian oli tadi masih rembes.

Kemudian, membasahi busi hingga menimbulkan kerak hitam. Inilah penyebab utama mengapa sulit menyalakan kendaraan. Pertanda lainnya adalah suara mesin yang kalau didengar terasa sangat kasar.

Hal ini terjadi, karena sistem pelumasan tidak berjalan dengan baik. menyebabkan terjadinya gesekan antar komponen. Suara jadi lebih kasar selain itu, kinerja mesinnya sendiri tampak kurang bertenaga.

Biaya Servis Saat Motor Turun Mesin

Sebelum membahas lebih jauh berapa biaya yang dibutuhkan untuk turun mesin perlu ditekankan terlebih dulu. Setiap pabrikan punya tarifnya sendiri-sendiri. Jadi, apa yang akan disampaikan hanya bisa dijadikan sebagai salah satu indikator saja bukan jadi patokan pasti.

Biaya servis itu sendiri tergantung dari seberapa arah kerusakan yang terjadi. Biasanya terjadi pada bagian dapan atau atasnya disebut dengan silinder box atau head hal tersebut terjadi, karena kerusakan dari piston, klep, noken as, blok silinder hingga masih banyak lagi.

Komponen tersebut terjadi karena, Anda sendiri sering acuh dengan berbagai perawatan selama ini. Setiap bengkel selalu memberikan tarif biaya pemasangan sebesar Rp70 ribu sampai Rp100 ribu.

Sehingga, dalam satu keseluruhan turun mesin sepeda motor bisa sampai Rp1 juta. Angka tersebut bisa lebih banyak lagi jika semua komponennya sulit untuk mendapatkan perbaikan atau yang dibutuhkan sendiri ternyata habis jadi, harus menunggu dulu.

Turun mesin adalah kendala di semua kendaraan tidak hanya lama atau baru. Jika, sistem perawatannya kurang maksimal atau bahkan sangat buruk. Mungkin, akan ada solusi untuk mengganti mesinnya bukan lagi komponennya.

Untuk menghindari hal tersebut terjadi, silahkan perhatikan dengan bertanya pada bengkel. Kapan waktu untuk pergantian semuanya termasuk oli. Ingat, semakin bagus komponen yang ada di dalam motor, semakin baik kondisinya.

Must Read