CFMoto Luncurkan Skuter Listrik Zeeho Cyber

Raksasa Cina, CFMoto, telah meluncurkan sub-merek global baru untuk mobilitas listrik. Dijuluki ZEEHO, divisi baru ini telah mengungkapkan kendaraan pertamanya, Cyber, yang meskipun masih dalam bentuk konsep sudah siap untuk diproduksi. Faktanya, CFMoto mengatakan bahwa Cyber akan memasuki masa produksi pada paruh pertama 2021, dengan mesin baru yang inovatif dijadwalkan tiba di Australia pada tahun 2022. Dengan motor listrik 10kW yang ditenagai oleh baterai lithium-ion Farasis Energy 4kWh, Cyber dikatakan mampu mencapai kecepatan tertinggi 110 km/jam dan memiliki jangkauan 130 kilometer (New European Driving Cycle). CFMoto mengatakan bahwa skuter ini dapat berakselerasi dari 0 hingga 50 km/jam dalam 2,9 detik, sementara kemampuan pengisian daya yang cepat menghasilkan pengisian daya 80 persen dalam 30 menit.

Direksi Terbarunya

Zeeho Cyber_2b
Zeeho Cyber. (Sumber: Kompas)

Powertrain ‘Cobra’ milik Cyber menggunakan motor listrik yang dipasang di tengah dan berpendingin air untuk menghasilkan torsi 21,3 Nm, yang dikirim ke roda belakang cakram padat melalui rantai final drive.

CFMoto tidak menyebutkan angka berat untuk Cyber. Di bawah bendera ‘Life Amplified’, CFMoto mengatakan bahwa ZEEHO menawarkan “gaya hidup yang dipimpin oleh desain untuk generasi muda melalui mobilitas perkotaan yang digerakkan oleh teknologi dan sadar lingkungan”.

Gaya motor yang mencolok merupakan hasil kolaborasi CFMoto dengan Kiska Design, yang dikenal karena kemitraannya yang panjang dengan KTM, dan menampilkan garis-garis yang mengalir, ‘lampu neon sayap ganda’ dan lampu depan LED.

Sistem manajemen baterainya dikatakan memiliki masa pakai 2.500 siklus, atau delapan tahun, dengan jarak tempuh hingga 300.000 km pada suhu operasi antara -20 dan 55 derajat Celcius.

Fitur-fitur berteknologi tinggi termasuk kontrol stabilitas Bosch dan ABS, throttle dengan kabel, tiga mode berkendara (Eco, Street dan Sport), start tanpa kunci, dan enam kamera definisi tinggi untuk sistem peringatan rintangan 360 derajat yang lengkap, ditambah instrumentasi yang dapat disesuaikan, perintah suara, diagnosa jarak jauh, dan pelacakan kendaraan secara langsung. Cyber dilengkapi dengan rem Brembo dan menggunakan ban Pirelli Diablo.

Ini Baru Permulaan

Zeeho Cyber_3c
Zeeho Cyber. (Sumber: Kompas)

“Ketika sepeda listrik mulai meramaikan jaringan utama sepeda motor, sudah waktunya bagi CFMoto untuk bergabung dan meluncurkan sub-merek EV yang sangat dinanti-nantikan,” kata direktur CFMoto Australia, Michael Poynton.

“Desain yang berbeda, teknologi dan kesadaran lingkungan mendukung ZEEHO. Bagi para pengendara Gen-Z di kota-kota besar dunia, ini mewakili dasar-dasar inti mobilitas perkotaan dan juga mewujudkan prinsip-prinsip panduan ZEEHO. Ini akan menjadi perjalanan yang menggetarkan.”

Zeeho Cyber

Pada peluncurannya di Beijing pada bulan Desember lalu, konsep Cyber dikatakan memiliki motor bertenaga 13,4bhp (10kW), dengan kecepatan tertinggi 68mph dan mampu melaju dari 0-31mph dalam waktu 2,9 detik dengan torsi 157lbft yang terdengar mengesankan. Ia juga mengklaim jarak tempuh 80 mil dan kemampuan untuk mengisi ulang hingga kapasitas 80% dalam waktu setengah jam dengan pengisi daya cepat.

Sekarang, gambar paten dari versi produksi telah muncul, bersama dengan satu-satunya foto motor dan rincian persetujuan tipe yang mengungkapkan spesifikasi awal versi showroom. Gambar-gambar tersebut menunjukkan bahwa motor produksi mempertahankan tampilan umum konsep, tetapi mendapatkan jok yang lebih panjang dengan ruang untuk sandaran, bersama dengan pegangan penumpang, alih-alih desain jok tunggal pada konsep.

Foto-foto tersebut juga menunjukkan bahwa punuk yang membelah pelat kaki motor konsep telah dihilangkan dan digantikan dengan lantai yang benar-benar rata. Hasilnya adalah gaya yang sedikit lebih umum, tetapi peningkatan kepraktisan yang signifikan.

Komponen-komponen canggih dari konsep ini, termasuk rem Brembo, dibawa ke motor produksi, bersama dengan roda depan yang tidak biasa. Tidak seperti kebanyakan skuter listrik berkinerja rendah, motor ini dipasang di sasis dengan penggerak sabuk ke roda belakang – menggantikan penggerak rantai yang terlihat pada motor konsep.

Dari segi performa, motor produksi ini mendekati klaim konsepnya. Secara resmi, motor ini memiliki tenaga sebesar 5kW (6,7hp), namun itu adalah tenaga ‘kontinu’, dan dalam waktu singkat motor ini dapat menghasilkan tenaga yang lebih besar dari itu tidak diragukan lagi menghasilkan klaim 10kW untuk versi konsepnya. Kecepatan tertinggi motor produksi yang dihomologasi adalah 64mph, 4mph lebih rendah dari klaim aslinya, dan beratnya 133kg.

Rodanya berdiameter 12 inci, dengan ban depan 100/80 dan ban belakang 120/70, dan keseluruhan motor ini kecil, dengan jarak sumbu roda 1.380 mm, sama dengan Vespa GTS125.

Must Read

Related Articles