OUR NETWORK

Honda PCX 160 Terbaru, Simak Spesifikasi Terbarunya Sebelum Membeli

Tidak hanya mengeluarkan varian Mobil baru saja. Tahun ini Honda juga memberikan sentuhan baru untuk jagoannya di kelas Motor yaitu PCX. Harapannya mampu bersaing secara ketat dengan rival abadinya yaitu Yamaha. Di mana mereka sudah lebih dulu memberikan sentuhan baru untuk NMAX.

Hal tersebut sudah bisa dirasakan dari bentuknya. Sekilas ecara kasat mata sebenarnya, tidak jauh berbeda dengan generasi seblumnya. Hanya saja lebih banyak lekukan. Jadi, lebih keren dan gagah. Sementara itu, pada garis mata terlihat sangat sederhana sehingga, menambah kesan garang dikelasnya.

Sementara pada bagian belakang masih mempertahankan posisi huruf X hanya saja lebih sederhana dibandingkan seri sebelumnya. Lebih terasa cocok dan menarik bagi setiap mata yang memandangnya pertama kali. Untuk posisi duduknya, masih nyaman bisa memilih untuk selonjoran atau ditekuk.

Untuk perjalanan jauh sekitar 2 sampai 3 jam rasanya cukup nyaman, kaki juga tidak terlalu pegal. Memang sedikit lebih lebar dan tinggi, cocok untuk Anda yang punya tinggi diatas 170 cm. Selanjutnya, beralih ke bagaimana performanya. Apakah mesin barunya cukup hebat untuk generasi terbaru ini?

Performa Dari Honda PCX 160

Source Image: astra-honda.com

Mesin eSP+156,99 cc mempunyai 4 katup silinder menghasilkan daya 16 PS pada torsi 14,7 Nm ternyata mempunyai dampak yang luar biasa. Salah satu yang bisa dirasakan adalah akselerasinya. Lebih responsif dbandingkan seri sebelumnya. Dibekali dengan CVT baru dan sangat terasa pada saat Anda menggunakannya pada trek menanjak.

Rasanya tidak terlalu berguncang jika, berada dalam kecepatan rendah dibawah 10 km/jam. Untuk rangkanya sendiri memang masih sama seperti penggunaan motor 110 cc. Tetapi, dibuat lebih sederhana. Jadi, terasa sangat ringan. Karena, bobotnya sendiri hanya 0,7 kg. Dengan begini, sistem pengendaliannya jadi lebih nyaman.

Source Image: astra-honda.com

Terasa sangat lincah apalagi untuk manuver belok kanan atau kiri, dalam keadaan cepat juga terasa sangat nyaman. Satu hal yang jadi catatan lagi adalah bagian belakang terutama pada suspensinya. Tersedia komponen yang namanya peredam kejut. Di mana berfungsi untuk meredam hentakan.

Jadi, lebih tepatnya diseram sehingga getaran tersebut tidak terasa. Pada komponen tersebut diperpanjang hingga 365 mm. Bagian per diperlebar ternyata, perubahan tersebut juga berdampak luar biasa. Saat melaju kencang sangat stabil dan tidak berguncang.

Lebih Nyaman dan Aman

Source Image: astra-honda.com

Rasanya, Honda PCX 160 ini lebih terasa soal kenyamanan dan keamanan. Saat melintas pada trek basah terutama pada trek yang mempunyai genangan. Membuatnya stabil dan tidak menyebabkan tergelincir. Walau berakselerasi dalam keadaan cepat. Sudah dibekali pula dengan ABS single Channel.

Jadi hanya ada pada bagian depan saja, belakangnya seperti tidak. Karena, saat melakukan pengeraman rasanya hampir tergelincir bila terlalu dipaksakan. Kakinya yang jadi tumpuan terasa kurang nyaman. Tetapi, adanya penambahan fungsi katrol untuk mencegah larangan putaran. Dapat dimatikan dan juga dihidupkan.

Source Image: astra-honda.com

Modifikasi yang dihidupkan oleh Honda memang membawanya menuju ke kelas atas, terutama pada bagian windshield. Sebenarnya, tidak ada fungsi startegis selain untuk menghalangi angin saja. Tetapi dilihat dari penampilan sungguh berbeda, seperti bukan PCX. Sepertinya, memang Honda terlalu niat untuk mengubah baju skutik satu ini.

Dilihat dari pesaingnya yaitu Yamaha All New NMAX tidak heran bila seteru abadinya itu mengubah total. Mulai dari mesin, performance hingga tampilannya. Dengan warna ciri khasnya masih gelap membuat penampilan dari PCX 160 terlihat lebih gagah. Cocok digunakan untuk Anda yang berperawakan tinggi besar.

 

Must Read