OUR NETWORK

Ini Dia Kelebihan Motor Listrik yang Wajib Anda Ketahui

Teknologi ramah lingkungan secara perlahan mulai diperkenalkan ke publik sebagai bagian dari kampanye mencintai bumi. Salah satunya menggunakan teknologi listrik seperti yang dikeluarkan beberapa pabrikan motor saat ini. Pertanyaannya, apa kelebihan dari kendaraan tersebut? Apakah bisa menggantikan peran dari motor berbahan bakar bensin?

Jawaban dari berbagai pertanyaan tersebut bisa Anda jawab sendiri saat mengetahui kelebihannya. Seperti, konsumsi bahan bakar jauh lebih irit. Untuk menghidupkan mesinnya pasti membutuhkan sumber tenaga. Pada kendaraan elektrik tersebut sumbernya berasal dari baterai.

Lebih Hemat Biaya Bahan Bakar

Source Image: cnnindonesia.com

Bila dihitung secara matematika. Biaya Anda membeli bensin pertalite ternyata jatuhnya lebih mahal dibandingkan dengan tarif listrik yang harus dibayar saat mengisi daya dari rumah. Mari ambil contoh motor listrik yang sudah ada yaitu Gesit. Di mana untuk mengisi charger agar penuh membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam.

Saat coba dilihat ternyata konsumsi daya yang dibutuhkan hanya 2 sampai 3 KWH. Dari penelitian diatas, bisa ditemukan sebuah rumus bahwa biaya untuk mengisi daya 3 x tarif dasa listrik PLN. Masih mengacu pada tarif bulan lalu. Untuk golongan 900 watt adalah Rp1400 (angka sudah merupakan pembulatan).

Setidaknya membutuhkan Rp4200. Sementara, harga pertalite 1 liter saja sudah Rp7650. Bisa dilihat bukan berapa selisih diantara keduanya. masih berpatokan pada motor Gesit. Di mana untuk mengisi daya penuh butuh waktu 4 jam maksimal. Dalam waktu demikian, saat digeber di jalan ternyata mampu mencapai 90 km (bila pada pengukuran tes 80 – 100 km).

Jadi, biaya yang dihasilkan agar motor ini bisa hidup adalah Rp8.400. Sementara dalam perhitungan untuk bensin, anggap saja 1 liter bisa menghabiskan 45 km. Jadi, menempuh 90 km membutuhkan 2 liter. Perhitungannya, Rp7.650 x 2 totalnya Rp15.300. Kalau motor tersebut mampu menempuh daya maksimalnya 60 km per liter.

Maka, pengisian menjadi 1,5 liter. Perhitungannya juga tetap sama. Jauh lebih mahal karena Anda harus membayar Rp11.450. Dari perhitungan ini saja sudah jelas. Motor listrik memang sedang dikembangkan agar mencapai batas konsumsi dan jarak yang ideal. Ilustrasi tersebut hanya hukum permisalan. Angkanya bisa lebih hemat atau boros tergantung penggunaan.

Hemat Oli

Bentuk penghematan lain yang bisa didapatkan adalah tidak perlu menggunakan oli. Karena, sistem elektrik tersebut tidak butuh sebuah pelumas, Jadi, saat perawatan tidak perlu memikirkan soal oli. Cukup memastikan saja kondisi rem dan yang lainnya. Biasanya pada bagian tersebut sering kehabisan.

Tidak hanya sampai disitu saja. Motor elektrik juga sudah terkoneksi dengan perangkat Andorid. Jadi, Anda bisa juga mengontol langsung bagaimana kendaraan dari motor Anda. Bahkan informasi yang diberikan sangat jelas dan lengkap. Kemungkinan, kerusakan bisa dihindari.

Perawatannya Sangat Mudah

Perawatan yang dibutuhkan untuk membeli motor listrik tidak terlalu mahal. Karena, banyak komponen dikurangi. jadi, saat melakukan service rutin hanya sedikit yang biasanya diganti. Tetapi, tetap, ban dan rem jangan pernah ditinggalkan agar keduanya aus. Berbeda bila Anda menggunakan motor jenis bensin.

Banyak komponen yang diperlukan agar motor bisa dihidupkan. Dengan begini harga yang harus dibayar saat rusak cukup tinggi. Dari suaranya juga berbeda, coba saja didengarkan secara seksama. Jauh lebih halus. hingga, mempunyai akselerasi cukup tinggi. sepertinya, banyak fitur serta fasilitas menarik yang bisa dirasakan saat membeli motor listrik.

Perubahan energi menjadi listrik ini memang sudah ditunggu-tunggu. Karena, Indonesia sendiri menjadi negara penyumbang polusi terbanyak Terutama Jakarta yang sangat padat oleh kendaraan bermotor. Dengan berbagai kelebihan yang dihadirkan rasanya menggunakan motor listrik ini cukup nyaman. Bagaimana dengan Anda, ingin membelinya?

 

 

Must Read