OUR NETWORK

Kelebihan dan Kekurangan Honda Vario 125 eSP yang Perlu Diketahui

Honda Vario 125 eSP menjadi motor matic paling laris dan disukai oleh semua kalangan tidak hanya anak muda saja, orang tua juga suka. Segmennya memang kelas menengah, karena masih ada varian 110 dan 150 cc.

Untuk harganya saat ini ada dikisaran 20 jutaan. Memang dari segi desain, motor jagoan Honda ini sangat bagus. Tidak terlalu kecil dan juga besar. Rasanya pas digunakan untuk pergi ke kantor atau berkeliling kota.

Bila Anda ingin membelinya, perhatikan dulu beberapa ulasan berikut ini. Mengenai kelebihan dan kekurangannya. Mungkin, bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan apakah mau lanjut membeli atau dipikir terlebih dulu.

Kelebihan Honda Vario 125 eSP

Source Image: astra-honda.com

Poin pertama adalah membahas mengenai kelebihannya terlebih dulu. Dilihat dari segi body memang tidak bisa diremehkan dengan berbagai macam warna pilihan sudah disediakan oleh pihak Honda. Setidaknya, ada 4 jenis seperti Bionic Red, Sonic Whute Red, Vigor Black, dan Titanium Black.

Menggunakan dual keen eyes headlight sehingga, tampilannya terlihat sangat mewah dan berkualitas. Keunggulan yang tidak dimiliki oleh motor sekelasnya adalah penggunaan bagasi, cukup besar mencapai 18 liter.

Source Image: astra-honda.com

Honda klaim mampu menyimpan helm full face dan beberapa peralatan lain. Selanjutnya, beralih pada kapasitas mesin 124,8 cc. Mampu mencapai torsi maksimal 10,8 Nm di 5000 rpm. Sedangkan tenaga maksimalnya mencapai 11,28 FPS pada putaran 8500 rpm.

Bukan Honda namanya kalau seluruh jagoannya tidak irit. Dalam beberapa pengujian hasilnya mampu mencapai 59,5 kpi. Hal ini dipengaruhi oleh teknologi idling stop yang bekerja secara maksimal.

Fitur idling stop sendiri merupakan fasilitas yang disematkan oleh pabrikan agar mesin motor dapat mati dengan sendirinya jika berada dalam kondisi berhenti selama 3 detik. Teknologi tersebut memungkinkan Vario menghemat bahan bakarnya.

Source Image: astra-honda.com

Fasilitas lain yang juga disematkan untuk motor ini adalah lampu yang sudah menggunakan LED. Seperti diketahui bahwa, penggunaan LED ini merupakan salah satu bentuk penghematan daya.

Selain itu saat digunakan di malam hari terasa lebih terang. Ditenagai dengan ACG starter, yang membuat mesin tetap aktif tetapi tidak terasa berisiki. Dari sisi keselamatan Vario juga dilengkapi dengan combi brake system.

Source Image: astra-honda.com

Mampu memberikan pengalaman optimal dengan menekan satu tuas rem pada sebelah kiri. Kemudian, menekan rem depan dan belakang secara berbarengan. Teknologi tersebut sangat bermanfaat menghindari kecelakaan.

Kekurangan Dari Vario 125 eSP

Setelah mengetahui berbagai kelebihannya tidak ada salahnya Anda juga tahu apa saja yang jadi kekurangannya. Saat digunakan rasanya suspensi pada bagian belakang terasa keras. Jadi, kurang nyaman bila berjalan di jalanan bergelombang atau jalan berlubang.

Hal ini akan terasa sekali bila Anda mengendarainya sendirian. Tetapi, saat berdua tidak terlalu terasa keras. Dengan kapasitas mesin besar dan bagasi luas. Tangki bahan bakar yang diberikan relatif kecil hanya 5,5 Liter saja. Seharusnya bisa lebih dari itu karena, dari segi body jauh lebih besar.

Kekurangan lain dari Vario 125 eSP ini masih menggunakan kunci manual, sementara beberapa kompetitornya sudah dilengkapi dengan fasilitas tanpa kunci. Dengan begini sistem keamanannya sudah bagus sebenarnya karena, ada tambahan alarm.

Hanya saja kurang maksimal, dengan metode tanpa kunci membuat motor ini jauh lebih sempurna dan mampu mengalahkan seluruh kompetitornya. Mungkin, tidak terlalu berpengaruh hanya saja, terasa masih jaman dulu sekali.

Keluhan lain yang sering dikeluhkan konsumen adalah penggunaan CVT yang terasa sedikit bergetar. Terutama pada saat perputaran mesin rendah. Sangat terasa sekali bahkan, beberapa motor keluaran honda lain juga sama.

Salah satu solusinya adalah mengganti kampas ganda atau melakukan sedikit modifikasi dengan cara melubanginya. Sebenarnya, kekurangan ini tidak terlalu signifikan sehingga, menghapus kenyamanan dalam berkendara. Jadi, apakah masih mau beli atau lihat nanti?

Must Read