OUR NETWORK

Kenapa Gas Pada Motor Naik Sendiri? Mungkin Ini Alasannya!

Buat kalian yang mengendarai sebuah sepeda motor rasanya minimal sekali dari pengalaman berkendara, kalian pernah merasakan jika gas pada sepeda motor kalian naik sendiri yang mana cukup berbahaya. Dengan gas yang tiba – tiba naik sendiri jika kalian tidak memiliki refleks yang bagus maka dapat menyebabkan kecelakaan yang cukup berbahaya apalagi jika kalian sedang berkendara dengan kecepatan yang cukup tinggi.

Ada beberapa hal tentunya yang menyebabkan hal ini terjadi pada sepeda motor kalian dan harus kalian atasi secepatnya agar kalian dapat berkendara dengan tenang serta nyaman apalagi kalian selalu melakukan dengan jarak tempuh yang cukup jauh. Pada ulasan kali ini kami akan memberikan kalian informasi mengenai hal – hal apa saja yang dapat menyebabkan gas pada sepeda motor kalian dapat naik secara tiba – tiba.

Buat kalian yang penasaran ikuti dan simak ulasan kami di bawah ini sehingga kalian dapat mengetahui apa saja hal yang menyebabkan gas pada sepeda motor kalian naik sendiri yang mana cukup berbahaya untuk kalian dan pengendara lainnya.

Kabel Gas Pada Sepeda Motor Kalian Bermasalah

Sumber Gambar: gridoto.com

Hal yang paling sering terjadi adalah dengan adanya masalah pada kabel gas, karena kabel ini memiliki umur pakai yang sangat panjang sehingga banyak dari pengguna kendaraan bermotor tidak menggantinya yang bahkan kalian gunakan selama lima tahun lamanya. Karena saking lamanya banyak yang tidak sadar jika kabel gas ini dapat berkarat pada selongsong gas atau komponen karet penutupnya rusak.

Tidak hanya itu pemasangan kabel gas juga harus dilakukan dengan baik karena jika sampai tertekuk akan membuat gerakan kawat yang ada di dalam selongsong menjadi tidak lancar sehingga dapat membuat gas pada sepeda motor kalian akan naik sendiri.

Jarak Pada Busi Kalian Tidak Sesuai Standar

Sumber Gambar: Freepik

Busi juga dapat menjadi salah satu alasan kenapa gas pada sepeda motor kalian naik sendiri, sebagai informasi untuk kalian jika busi memiliki gap atau jarak yang sudah memiliki standar, hal itu agar busi menghasilkan percikan api yang dihasilkan normal. Oleh sebab itu masing – masing pabrikan memiliki standarnya masing – masing dalam memproduksi sebuah busi agar sepeda motor kalian memiliki performa yang optimal.

Nah, dalam beberapa kasus ada banyak pengguna sepeda motor yang kemudian melakukan modifikasi pada busi motor dengan memperbesar jarak busi yang harapannya agar pembakaran yang dihasilkan lebih efisien dan juga tenaga yang lebih besar. Padahal praktik seperti ini dapat mempengaruhi kinerja busi dan bahkan sepeda motor secara keseluruhan, gas pada sepeda motor kalian akan sering naik sendiri dan karena jaraknya yang lebih besar membuatnya lebih cepat kotor.

Tekanan Bahan Bakar Tidak Cukup

Sumber Gambar: motorplus-online.com

Selanjutnya adalah tekanan bahan bakar pada sepeda motor kalian tidak cukup atau kurang, dengan tipe – tipe motor yang berbeda maka tekanan bahan bakar yang dibutuhkan juga akan berbeda – beda. Tekanan bahan bakar yang tepat dibutuhkan pada ruang pembakaran sama halnya dengan udara sehingga proses pembakaran dapat berjalan dengan lancar dan efeknya sepeda motor kalian dapat bekerja secara optimal.

Nah, jika tekanan bahan bakar kurang maka akan membuat proses pembakaran tidak lancar dan dampaknya akan membuat gas pada sepeda motor kalian tidak stabil yang tentu saja dapat membuat gas pada sepeda motor kalian akan naik dengan sendirinya. Untuk motor Injeksi mereka sudah menggunakan Fuel Pump yang mana berfungsi untuk menentukan seberapa banyak tekanan bahan bakar yang diperlukan.

Dengan begitu apabila Fuel Pump ini rusak dapat mengakibatkan tekanan bahan bakar menjadi berkuran dan jika hal itu terjadi maka kalian harus membawa sepeda motor kalian ke bengkel untuk diperbaiki atau diganti baru.

Rusaknya Choke Otomatis

Sumber Gambar: gridoto.com

Semua sepeda motor memiliki komponen bernama Choke Otomatis yang mana berfungsi untuk menambah Debit bahan bakar saat sepeda motor kalian masih dingin dan komponen ini akan langsung bekerja ketika sepeda motor kalian pertama kali dinyalakan. Jika komponen Choke Otomatis ini rusak maka akan membuat suplai bahan bakar ke ruang pembakaran akan menjadi terlalu berlebih yang mana tentu saja tidak baik untuk sepeda motor kalian.

Jadi jika gas pada sepeda motor kalian masih saja naik turun padahal sepeda motor sudah panas maka ada baiknya kalian membawa sepeda motor kalian ke bengkel karena kemungkinan besar komponen Choke Otomatis pada sepeda motor kalian rusak. Dengan rusaknya komponen ini membuat gas pada sepeda motor kalian menjadi tidak stabil dan dapat dengan tiba – tiba naik sendiri yang tentu saja berbahaya buat kalian.

Itulah beberapa alasan kenapa gas pada sepeda motor kalian naik sendiri, jika kalian menemukan masalah – masalah seperti yang kami sebutkan ada baiknya membawa sepeda motor kalian ke bengkel untuk memperbaikinya sehingga perjalanan kalian akan tetap aman.

Must Read