OUR NETWORK

Masalah Yang Biasa Terjadi Pada Rem Cakram Motor

Rem cakram saat ini merupakan sistem pengereman yang banyak digunakan oleh motor keluaran terbaru. Tidak seperti dulu dimana piringan cakram hanya dipasangkan di ban bagian depan saja dan bagian belakang menggunakan sistem tromol. Sekarang sistem pengereman cakram sudah bisa dipasang dikedua ban baik itu depan ataupun ban belakang.

Tidak mengherankan memang, selain rem ini lebih pakem perawatannya juga memang lebih mudah dibandingkan sistem pengereman tromol. Tapi bukan berarti rem dengan sistem cakram ini sendiri tidak memiliki masalah ya.

Ada beberapa masalah yang juga sering terjadi pada rem cakram dan berikut akan kami berikan beberapa masalah yang akan kalian hadapi berhubungan dengan rem cakram kalian.

1. Gelembung Udara Di Saluran Minyak Rem

Sumber Gambar : gridoto.com

Agar rem kalian bisa berkerja dengan baik dan tanpa masalah kalian harus secara rutin mengecek dan mengganti minyak rem pada motor kalian. Nah ada kalanya pada saluran minyak rem akan muncul gelembung udara dan gelembung udara ini akan membuat rem kalian tidak pakem atau tidak menggigit sehingga bisa membahayakan kalian.

Gelembung udara pada saluran ini muncul di saluran minyak rem karena rem tersebut kalian gunakan pada kondisi yang sedang panas. Hal itu kemudian membuat rem mendidih dan muncul gelembung udara pada bagian salurannya. Untuk mengatasinya kalian bisa menggunakan metode bleeding pada bagian kaliper.

Metode bleeding bisa dilakukan dengan menggunakan kunci ring delapan. Kunci ring delapan ini selanjutnya digunakan untuk mengendurkan nipple yang ada pada kaliper, bisa kalian lakukan pada bagian kaliper depan maupun belakang.

Untuk rek cakram depan kalian bisa mengendorkan nipple dengan memutarnya berlawanan jarum jam sampai terlihat ada lelehan minyak, selanjutnya kalian tinggal menahan tuas rem dan diteruskan dengan pengencangan nipple.

Sebagai indikator kaliper sudah terisi dengan minyak rem kalian bisa melakukan pengocokan pada tuas rem sampai agak keras. Pada rem belakang juga tidak terlalu berbeda, hanya saja untuk rem pada ban belakang kalian perlu menginjak dan menahan pedal rem sambil mengencangkat baut dan jangan lupa untuk mengocok pedal sampai terasa keras.

2. Seal Rem Rusak

Sumber Gambar : maniakmotor.com

Untuk mengetahui Seal Rem kalian masih berfungsi dengan baik atau tidak kalian bisa melepas kemudian memompanya selama kurang lebih tiga puluh menit. Kalau Seal Rem masih tidak bekerja selamaan pemompaan maka sebaiknya kalian mengganti Seal Rem tersebut agar performa rem kalian optimal.

Ada dua factor yang bisa menyebabkan Seal Rem kalian rusak. Yang pertama adalah karena adanya kotoran yang masuk ke dalam Seal. Ketika kalian menghadapi masalah ini tidak sulit kok, kalian tinggal menyemprotinya dengan cairan WD atau minyak.

Faktor kedua karena memang seal rem digunakan melampaui umur pakainya, idealnya rem cakram perlu melakukan pergantian setiap lima tahun sekali. Dan kalau sudah melampaui umur tersebut ada baiknya diganti agar tidak mempengaruhi performa dari rem kalian.

3. Piringan Cakram Yang Menipis

Sumber Gambar : @gridoto.com

Perlu kalian ketahui kalau piringan rem cakram itu memiliki standar untuk ketebalan piringan mau itu motor sport ataupun motor matic jadi apabila sudah tidak mencapai ketebalan yang tidak standar lebih baik diganti saja. Untuk standar motor sport adalah 3,5 sampai 4 mm sedangkan untuk motor matic adalah sekitar 2,5 sampai 3 mm. Nah jadi ketika piringan cakram kalian sudah tidak mencapai standar yang disebutkan ada baiknya untuk segera diganti.

Untuk mengetahui atau melakukan pengecekan dapat kalian lakukan dengan kasat mata saja atau kalian raba, ketika kalian merasakan adanya cekungan atau piringan kalian tidak lagi rata sepertinya kalian sudah harus menggantinya.

4. Kampas Rem Habis

Sumber Gambar : @wahanahonda.com

Ketika kalian mendengar suara decitan ketika kalian melakukan pengereman itu kemungkinan menandakan kalau kampas rem yang ada pada piringan cakram kalian sudah habis. Kampas rem sendiri merupakan komponen yang cukup penting karena apabila habis dan tidak kalian ganti maka piringan rem cakram kalian akan terkikis dengan cepat sehingga cepat untuk menipis. Solusinya ya Cuma satu kalian harus segera mengganti kampas rem lama tersebut dengan kampas rem yang baru.

Must Read