OUR NETWORK

Penjelasan Lengkap Mengenai Power Window Mobil

Pada ulasan kali ini kami akan membahas sebuah komponen penting yang ada di mobil kalian akan tetapi tidak berhubungan dengan mesin kalian, komponen penting yang kami maksud adalah Power Window yang ada pada mobil kalian. Seperti yang kami sebutkan jika Power Window merupakan sebuah komponen yang sangat penting untuk mobil kalian akan tetapi kalian tidak berhubungan dengan mesin kendaraan kalian.

Power Window ini akan memberikan kalian selaku pengemudi dan juga para penumpang yang ada di mobil menjadi lebih nyaman selama perjalanan kalian, karena kalian dapat menutup dan membuka kaca mobil kalian dengan cukup mudah. Nah, pada ulasan kali ini kami akan memberikan beragam informasi menarik mengenai komponen Power Window yang ada pada mobil kalian ini.

Buat kalian yang penasaran, ikuti dan simak ulasan kami di bawah ini sehingga kalian akan menemukan berbagai macam informasi menarik mengenai Power Window yang ada di mobil kalian.

Komponen Pada Power Window

Sumber Gambar: Liputan6

Agar sebuah Power Window dapat bekerja dengan baik tentu saja ada komponen – komponen yang dirangkai menjadi satu kesatuan sehingga dapat bekerja dengan baik dan dibawah ini akan kami berikan informasi mengenai komponen yang ada pada Power Window ini.

Aki

Sumber Gambar: jabar.tribunnews.com

Agar dapat beroperasi Power Window tentu saja memerlukan suplai tenaga yang cukup dan untuk mendapatkan suplai tenaga tersebut Power Window menggunakan Aki sebagai baterai atau juga sumber tenaga.

Saklar

Sumber Gambar: Youtube @The Win

Komponen yang satu ini berfungsi untuk mengaktifkan rangkaian listrik yang ada sistem Power Window pada mobil kalian sehingga kalian bisa mengendalikan kaca jendela agar bisa bergerak mau itu naik maupun turun.

Sekering

Sumber Gambar: cintamobil.com

Selanjutnya adalah komponen sekering yang berfungsi untuk membatasi arus listrik yang terlalu besar yang dapat mengakibatkan kabel – kabel pada Power Window kalian terbakar dan dengan adanya sekering ini dapat mencegah hal itu pada Power Window kalian.

Kabel Penghubung

Sumber Gambar: cintamobil.com

Dari namanya kalian sudah dapat mendapatkan gambaran mengenai komponen yang satu ini yang fungsinya memang untuk menghubungkan atau mengalirkan arus listrik dari baterai atau Aki untuk menuju ke motor listrik. Biasanya kabel – kabel ini memiliki warna yang berbeda – beda sehingga kalian akan tahu aliran listrik untuk menuju ke masing – masing komponen.

Power Window Motor Dan Juga Transfer Gear

Sumber Gambar: autoexpose.org

Berikutnya adalah Power Window Motor dan juga Transfer Gear, Power Window Motor sendiri memiliki fungsi untuk listrik yang didapatkan dari aki untuk menjadi energi gerak yang kemudian dapat menggerakan jendela mobil. Sedangkan Transfer Gear berfungsi untuk menyalurkan putaran dari output motor ke pulley dan relay Power Window ini bekerja dengan cara berputar ketika pulley berputar.

Tips Merawat Power Window

Sumber Gambar: Freepik

Sama seperti komponen lain yang ada di mobil kalian, Power Window juga harus kalian rawat agar dapat memberikan kinerja yang optimal dengan jangka waktu yang lama dan di bawah ini akan kami berikan beberapa tips yang dapat kalian gunakan.

Periksa Dan Bersihkan Secara Berkala

Agar Power Window mobil kalian dapat bekerja secara optimal dalam jangka waktu yang panjang maka kalian perlu melakukan pemeriksaan dan juga dibersihkan secara berkala karena dengan penggunaan yang relatif sering akan membuat kotoran dapat masuk ke dalam rangkaian Power Window.

Gunakan Saja Seperlunya

Penggunaan yang berlebihan dan dengan frekuensi yang terlalu sering dapat membuat daya tahan atau kinerja dari Power Window yang ada pada mobil kalian dapat berkurang dengan cukup drastis sehingga akan cepat mengalami kerusakan. Oleh sebab itu gunakan Power Window kalian secukupnya atau digunakan seperlunya saja agar umur dari Power Window kalian akan semakin panjang.

Periksa Karet Power Window Secara Berkala

Karet juga cukup penting bagi Power Window kalian sehingga kaca tidak akan bergesekan secara langsung dengan komponen lainnya yang dapat mengakibatkan kerusakan yang cukup serius pada Power Window. Jadi periksa secara berkala karet Power Window pada mobil kalian untuk mencegah kerusakan yang lebih serius dan membuat kalian malah mengeluarkan dana yang jauh lebih besar.

Nah, itulah beberapa informasi menarik mengenai Power Window yang ada pada mobil kalian.

Must Read