OUR NETWORK

Sejarah panjang Honda PCX Dari Impor Sampai Diminati Banyak Orang

Honda PCX saat ini mulai jadi pilihan masyarakat dalam berkendara. Berada di kelas matic dengan body yang lebih bongsor. Motor satu ini ternyata mampu memberikan pengalaman berkendara berbeda.

Kenyamanan berpadu dengan teknologi kekinian ala Honda serta bahan bakar yang bisa dikatakan cukup. Membuat pesaing utama Yamaha NMAX ini tidak pernah sepi peminatnya. Apalagi, pabrikan asal Jepang ini baru keluar saja keluar dari rumah seri 160 cc.

Berbicara PCX memang menarik karena sejarahnya masuk ke Indonesia cukup panjang. Di mana motor matic ini pertama kali didatangkan dari Thailand dengan kubikasi hanya 125 cc saja tepatnya pada tahun 2010.

Dua tahun berselang, melihat bagaimana pasar Otomotif Indonesia semakin bergeliat membuat pabrikan memberikan diri menghadirkan varian baru. PCX 150 masih ular dari Thailand untuk unitnya.

Penyegaran yang Begitu Berarti

Pasar otomotif Indonesia memang sangat menyenangkan. Tidak salah pabrikan asal Jepang itu memboyong PCX ke Indonesia. Varian 150 cc cukup diminati. Sehingga para pesaing NMAX tersebut mengalami beberapa penyegaran.

Indonesia mendapatkan PCX dari dua negara sekaligus yaitu Thailand dengan tipe premium Rp38 juta. Serta, dari Vietnam dengan tpe premium juga harganya mencapai Rp32 juta.

Cukup mahal bukan? Tidak salah bila di Indonesia menjadi skuter premium termahal sampai saat ini. Dari situs penjualan Honda, peminat untuk versi Vietnam tersebut cukup banyak karena mampu terjual kurang lebih 3 unit.

Pada tahun 2015, persaingan PCX menjadi raja harus digoyahkan oleh seteru abadi mereka yaitu Yamaha. Di mana mereka pertama kali secara resmi menghadirkan jagoan dan petarung abadi yaitu NMAX.

Dari sini persaingan dua pabrikan asal Jepang dimulai. Sayangnya penjualan PCX merosot tajam. Banyak peminat mulai melirik NMAX, karena dari segi harga jauh lebih murah, bongsor dan Yamaha sedang naik daun.

Tetapi saat awal kemunculan NMAX harus lebih aktif maskulin. Tidak heran banyak yang mulai meliriknya. Melihat fakta ini, pihak Honda mencoba berbagai macam cara mematahkannya.

Karena, semakin hari seakan tidak terkendali bahkan, sempat jadi tulang punggung. Perencanaan dan riset yang matang coba dilakukan demi mematahkan dominasi tersebut. Walau cukup sulit karena Produk Yamaha sudah menjangkau seluruh pelosok Nusantara.

Perubahan yang Dialami Honda

Butuh waktu 3 tahun bagi pabrikan asal Jepang ini melakukan berbagai macam perubahan. Hingga akhirnya meluncurlah All New Honda PCX yang menariknya lagi bukan impor dari Thailand atau Vietnam, diproduksi langsung di Indonesia.

Dari segi harga turun hampir mendekati seteru abadinya. teknologi dan desain juga dikembangkan sehingga, masyarakat bisa memilih. Evolusi besar-besaran ini dilakukan demi menantang para pesaing terberatnya agar dapat merebut pasar skutik Indonesia.

Hasilnya cukup baik, penjualan Yamaha jadi sedikit goyah. Harga serta desain dan teknologinya mendapatkan tempat di hati masyarakat. Tidak heran awal kemunculannya begitu banyak diminati.

Hingga akhirnya, tim Garpu Tala itu juga menghadirkan varian All New untuk NMAX. Keberadaan tersebut langsung direspon dengan varian 160 cc. Persaingan kelelahan memang semakin sengit saja.

Tetapi, cukup menarik untuk disimak. Bagaimana perjalanan Honda PCX yang awalnya hanya motor impor saja. Tetapi, saat ini sudah diproduksi sendiri. Tidak mengurangi kenyamanan serta keamanan dalam berkendara.

Apalagi, teknologi dari Honda memang dikenal selalu nomor satu. Kemampuannya memberikan bahan bakar juga jadi modal berikutnya. Hanya saja, orang Indonesia sudah berkembang dalam memilih motor.

Bukan hanya hemat saja, melainkan desain juga jadi salah satu syarat untuk mengambil motor. Masih menarik perhatian beberapa tahun kedepan, menciptakan apa lagi yang akan Honda sematkan untuk jagoannya ini.

 

Must Read