OUR NETWORK

Tips Merawat Motor Harley Davidson Kalian Agar Awet Dan Tahan Lama

Siapa sih yang tidak mengenal dengan motor Harley Davidson, motor yang diproduksi dari pabrikan asal Amerika Serikat ini memang terkenal sebagai motor besar atau yang lebih sering kita sebut motor gede / MOGE kelas atas.

Sepertinya tidak bisa kita pungkiri kalau motor yang satu ini memang menjadi idaman para pecinta motor terutama motor besar.
Selain karena tampilannya yang macho sehingga membuat pengendaranya terlihat laki banget, dan juga karena harganya yang tinggi membuat para pengendaranya terlihat eksklusif.

Banyak yang mengira karena harganya yang tinggi sehingga membuat motor Harley Davidson memiliki perawatan yang khusu agar motor ini dapat bertahan lama.
Sebenarnya tidak juga tetapi memang ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk merawat motor ini tapi tidak dilakukan di motor – motor lainnya, tapi pada dasarnya sama saja.

Buat kalian yang memiliki motor Harley Davidson tapi bingung dengan perawatannya, akan kami berikan beberapa tips agar motor Harley Davidson kalian berumur Panjang.

1. Ketika Memanaskan Mesin Di Bawa Jalan Ke Jalan

Sumber Gambar : lasvegasharleydavidson.com

Memanaskan mesin motor itu ibarat kalian melakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga berat atau ringan yang akan menghindarkan kalian dari cedera. Sama halnya dengan motor sebelum digunakan untuk beraktivita ada baiknya motor dipanaskan terlebih dahulu. Dengan memanaskan motor akan membuat jalur oli dan bahan bakar dapat disalurkan dengan baik dan lancar sehingga membuat motor kalian berumur Panjang.

Sama halnya dengan motor Harley Davidson ini, bedanya adalah ketika kalian memanaskan mesin motor Harley Davidson ada baiknya dilakukan dengan dibawa jalan. Karena dengan dibawa jalan maka proses pemanasannya akan lebih optimal. Sehingga membuat motor Harley Davidson kalian dapat lebih awet.

2. Gunakan Bahan Bakar Berkualitas Tinggi

Sumber Gambar : @pertamina.com

Ya, namanya juga motor mahal sudah pasti menggunakan komponen yang tidak hanya bagus tetapi juga canggih sehingga membuat motor ini membutuhkan sumber tenaga yang juga tidak biasa. Agar mesin motor kalian bagus sebaiknya kalian menggunakan Bahan Bakar Minyak dengan kualitas yang bagus, agar proses pembakarannya dapat berjalan dengan sempurna.

Gunakanlah Bahan Bakar Minyak yang mengandung Oktan 95 ke atas seperti Pertamax Plus contohnya. Dan jangan sekali kali kalian mencoba menggunakan Bahan Bakar Minyak yang dioplos karena akan berdampak buruk kepada komponen mesin yang terkomputerisasi.

3. Lakukan Perawatan Rutin Busi Dan Oli

Sumber Gambar : @houstonharleytalk.com

Oli dan busi juga merupakan komponen penting untuk sebuah motor, entah itu motor biasa atau motor sekelas Harley Davidson. Sehingga kalian harus memperhatikan busi dan oli dan motor kalian, nah untuk motor Harley Davidson sendiri oli dan busi menjadi lebih penting karena apabila tidak diganti berkala akan berdampak buruk pada motor kalian. Tidak seperti motor biasa yang mungkin ketika telat mengganti oli tidak akan ada masalah yang terlalu serius.

Oli ini sendiri berfungsi untuk memindahkan panas dari mesin keluar atau dengan kata lain sebagai cairan pendingin motor agar motor tidak overheat. Agar motor Harley Davidson kalian awet ada baiknya kalau kalian mengganti oli kalian ketika speedometer kalian sudah menyentuh angka 8.000 kilometer dan kelipatannya.

Begitu juga dengan busi kalian selalu perhatikan dan ganti apabila diperlukan. Karena apabila tidak motor kalian akan langsung merasakan kalau motor kalian jadi susah dihidupkan, akselerasi motor menurun hingga bahan bakar kalian menjadi boros.

4. Jaga Sistem Kelistrikannya

Sumber Gambar : @houstonharleytalk.com

Motor Harley Davidson sudah menggunakan sistem yang terkomputerisasi sehingga system kelistrikannya sangatlah vital. Karena apabila system kelistrikannya mengalami masalah maka motor Harley Davidson kalian juga bisa terkena dampak yang sangat buruk.

Jadi apabila kalian hendak melakukan touring ada baiknya selalu memastikan kalau aki berada dalam kondisi yang prima dan siap untuk dibawa jalan jauh. Dan juga ketika kalian mengendarainya pastikan kalau kalian menggunakan atau mengendarai dengan cara yang benar.

Dengan cara yang benar dalam artian tidak menarik gas secara tiba – tiba dan langsung kencang. Akan tetapi naikkanlah gas secara perlahan – lahan agar mesin kalain tidak langsung menghentak dan membuat motor kalian bermasalah dikemudian hari.

Jadi buat kalian yang memiliki motor Harley Davidson ada baiknya selalu merawat tidak hanya rutin tetapi dengan cara yang benar agar motor kalian bisa awet dan juga tahan lama

Must Read