Mengenal Jeep Avenger, Mobil Listrik Canggih Yang Keren

Ini adalah Jeep Avenger. Ini adalah mobil listrik kompak baru untuk merek ini – dan telah mendapatkan banyak penghargaan sejak diluncurkan, bahkan meraih gelar Mobil Terbaik Eropa 2023. Namun, setelah menghabiskan beberapa waktu dengan mobil ini di jalanan Inggris, kami khawatir penghargaannya perlu ditinjau kembali. Avenger jelas merupakan SUV listrik kompak yang tampak mencolok dan kami cukup nyaman untuk menjulurkan leher dan mengatakan bahwa tidak ada saingan langsungnya yang dapat menawarkan kemampuan off-road yang sama. Meskipun demikian, mobil ini masih jauh dari yang terbaik di segmennya. Bahkan, ini agak rata-rata. Karena Jeep sekarang menjadi bagian dari Stellantis, Jeep dapat mendasarkan Avenger pada sasis e-CMP2 yang sama yang ditemukan di bawah Peugeot e-2008 dan Vauxhall Mokka Electric yang sama rata-ratanya. Dengan menggunakan teknologi yang ada, Jeep dapat dengan cepat memasarkan Avenger, di mana gaya mobil yang tajam dan merek perusahaan yang kuat dapat dimanfaatkan untuk mendorong penjualan.

Ketahui Lebih Lagi Tentang Jeep Avenger

Jeep Avenger_2b
Jeep Avenger. (Sumber: Motor1.com)

Ada beberapa bagian yang bagus, seperti kemampuan off-road-nya. Untuk memastikan Avenger dapat menangani tempat yang sering dilalui semak belukar, para insinyur Jeep menyisir arsitektur e-CMP2 dan membuat beberapa perubahan. Mereka menambahkan peredam yang lebih kaku, perlindungan ekstra di bagian bawah bodi mobil dan meningkatkan ketinggian mobil hingga 200mm (membuatnya lebih tinggi 30mm dari Peugeot e-2008).

Mereka juga membuat overhang depan dan belakang Avenger sependek mungkin untuk menguntungkan sudut mendekat dan menjauh. Yang paling menarik adalah sistem kontrol traksi yang sangat canggih yang menjanjikan untuk menjaga roda depan tetap berputar bahkan saat kondisi jalan menjadi sulit. Sistem ini memiliki pengaturan khusus untuk pasir, lumpur, dan salju.

Sumber Gambar: carmagazine.co.uk

Kami melakukan pekerjaan kami dengan sangat serius. Jadi, demi kepentingan analisis ilmiah (dan sama sekali bukan karena kami ingin berpura-pura menjadi Tommi Makkinen), kami mengendarai Avenger di jalur hijau untuk melihat apakah teknologinya berhasil.
Dan ternyata berhasil! Avenger kami melibas turunan berbatu, mengarungi genangan air yang dalam, dan bahkan menaiki lereng bukit yang diguyur hujan.

Mobil ini sama sekali bukan Defender, tetapi jauh lebih menyenangkan di medan yang berat daripada Hyundai Kona Electric atau Kia Niro EV. Di trek berpasir yang lebih cepat, kami bahkan dapat merasakan sistem kontrol traksi yang memindahkan tenaga ke roda dengan cengkeraman paling kuat.

Seperti Apa Interiornya?

Sumber Gambar: topgear.com

Cukup bagus. Kami akui, kami mengharapkan lebih banyak bahan premium untuk membantu membenarkan harga Avenger yang cukup mahal, tetapi kami dapat memahami mengapa Jeep membuat semuanya tetap sederhana. Plastik keras lebih mudah dibersihkan daripada kulit atau trim dasbor berbahan kain.

Sistem infotainment-nya merupakan unit Stellantis yang umum digunakan bersama antara Fiat 600e dan Peugeot e-2008 facelift. Desain menunya agak membosankan dan grafisnya tidak setajam sistem Smart #1, namun berfungsi dengan baik. Kami juga suka bahwa sistem ini dipasang tinggi di dasbor.

Sumber Gambar: carwow.de

Ini berarti Anda tidak perlu mengalihkan pandangan Anda terlalu jauh dari jalan untuk membaca sat-nav. Apple CarPlay nirkabel dan Android Auto juga merupakan standar.
Hal terbaik dari kabin Jeep Avenger adalah tempat penyimpanannya. Anda mendapatkan ruang sebesar 34 liter di antara berbagai kubikasi.

Tempat sampah pusat yang tertutup itu dapat menampung 15 liter barang saja, yang cukup untuk membuat tas kecil atau botol air besar menghilang. Bahkan memiliki pengisi daya smartphone nirkabel built-in, yang sangat bagus karena penutupnya menyembunyikan ponsel Anda dari pandangan dan menghilangkan godaan untuk memeriksanya saat bepergian.

Namun, tidak ada banyak ruang di bagian belakang. Dengan pengemudi yang tinggi di depan, hampir tidak ada ruang kaki untuk penumpang di belakang. Setidaknya ruang kepala cukup lega berkat gaya Avenger yang mengotak, tetapi ruang bagasi, sekali lagi, hanya rata-rata.

Bagasi Avenger berukuran 355 liter, yang membuatnya lebih kecil 120 liter dari Kia Niro EV. Bukan mobil keluarga yang ideal. Bagaimana? Apakah para pecinta otomotifnya tertarik untuk memiliki kendaraan listrik yang satu ini dimana cukup menarik untuk diboyong sebagai kendaraan ramah lingkungan yang keren dan modern?

Must Read

Related Articles