OUR NETWORK

PG-Bikes Blacktrail BT-01, Si Sepeda Listrik Seharga 80.000 Dollar

Sepeda listrik sudah banyak digunakan oleh berbagai kalangan karena mereka dapat mendapatkan sensasi mengendarai sepeda akan tetapi tidak merasakan lelahnya bersepeda. Tapi kalau kalian menganggap tidak ada bedanya dengan sepeda motor, tunggu dulu. Sepeda listrik dilengkapi dengan pedal yang bisa di gowes sehingga kalau kalian kehabisan baterai kalian tetap bisa mengayuh atau menggowes sehingga kalian tidak takut kalau kehabisan baterai.

Berbeda dengan motor yang hanya bisa kalian dorong sampai pada pengisian bahan bakar terdekat apabila kehabisan bahan bakar. Akan tetapi harga dari sepeda listrik sendiri memang lebih tinggi dari sepeda konvensional yang jelas karena komponen listrik tambahan pada sepeda.

Tapi semahal – mahalnya tidak akan mengalahkan sebuah sepeda yang sebenarnya sudah rilis 10 tahun yang lalu, adalah PG Bikes yang merancang sebuah sepeda yang diberi nama Blacktrail BT – 01 yang kemudian dibanderol dengan harga yang sangat – sangat fantastis untuk sebuah sepeda yaitu sebesar 80.000 Dollar atau sekitar Rp. 1,138 Miliar.

Harga yang sangat fantastis tentunya mengingat ini adalah sebuah sepeda, kalau begitu apa sih yang membuatnya begitu mahal.

Menggunakan Rangka Yang Terbuat Dari Karbon

Sumber Gambar : @electricbike.com

Untuk menampilkan desain yang indah dan elegan PG Bike bekerjasama dengan sebuah produsen body mobil terkemuka di Jerman yang biasanya memproduksi bodi untuk mobil – mobil Formula One atau F1 yaitu UB Composite. Proses yang dilakukan tentu saja bukan proses yang mudah apalagi murah karena mereka harus menghasilkan rangka yang tidak hanya kuat, indah, unik tetapi juga harus ringan.

PG Bikes sendiri mengklaim kalau bobot dari Blacktrail BT – 01 hanya seberat 20 kilogram saja dan sudah termasuk bobot baterai di dalamnya. Hal ini membuat PG Bikes menjadi perusahaan pertama yang menggunakan serat karbon untuk membuat rangka sepedanya.

Hal ini juga yang menjadi salah satu alasan betapa mahalnya sepeda listrik yang satu ini.

Baterai

Untuk baterai sendiri sepeda listrik mewah ini memutuskan untuk menggunakan baterai LiFePO4 17 – Ah 48V dengan bungkusan tas kulit yang mewah. Bobot dari baterai ini sekitar 10 kilogram atau setengah dari pada bobot sepeda secara keseluruhan.

Motor Listrik Yang Digunakan

Untuk motor listrik Blacktrail BT – 01 menggunakan motor Predator Plettenberg sebuah motor listrik yang sangat kuat dengan pendingin kipas kustom. Motor ini sendiri menggunakan pengontrol RC Jerman yang sangat kecil tapi juga sangat kuat yang tentu saja dengan harga yang cukup mahal yang dibuat oleh Schulze. Sebuah motor listrik yang tentu saja sangat gahar bahkan kalau dibandingkan dengan beberapa motor.

Menggunakan Sistem Dari Clean Mobile

Sumber Gambar : @electricbike.com

Clean Mobile adalah sebuah perusahaan di Jerman yang memiliki reputasi dalam membangun system mid – drive yang sangat baik untuk sepeda listrik. Yang dimana berfungsi sebagai reduksi gigi yang kemudian menerjemahkan kekuatan motor listrik kecil menuju ke braket bawah. Seperti yang kita tahu kalau sepeda listrik ada kalanya akan berputar terlalu cepat sehingga dapat menimbulkan kecelakaan nah system dari Clean Mobile ini solusinya.

Sudah ada beberapa sepeda listrik terkenal lainnya yang juga menggunakan system Clean Mobile ini sebut saja sepeda listrik dari Audi, sepeda listrik Espire dan juga Egnition KTM. System yang dibuat oleh Clean Mobile memang dirancang khusus untuk masing – masing sepeda sehingga tidak ada yang memiliki sistem yang sama.

Biasanya sistem Clean Mobile ini memungkinkan pengendaranya untuk berbagi gigi pedal yang sama dengan motor, yang merupakan suatu keuntungan apabila diaplikasikan pada E – Bike.

Layar LCD Yang Terintegrasi

Sumber Gambar : @electricbike.com

Blacktrail BT – 01 menggunakan layar OLED yang terpasang dengan begitu indah pada tabung atas tidak seperti pada sepeda listrik pada umumnya yang menggunakan LCD pada bagian stang. Selain itu kalian juga menghubungkan layar OLED tersebut pada smartphone kalian yang dimana kalian bisa mendapatkan informasi seperti Status Baterai, status Siklus Pengisian Daya, Indikator Kecepatan dan lain sebagainya.

Sebenarnya masih ada beberapa hal lagi hanya saja beberapa komponen utama inilah yang membuat sepeda listrik ini begitu mahal dan tentu saja beberapa detail – detail yang sangat diperhatikan juga oleh PG Bikes. Jadi, tertarik?

Must Read