OUR NETWORK

Kelebihan Mobil Listrik Yang Tidak Dimiliki Mobil BBM

Mobil merupakan kendaraan yang sering digunakan oleh orang banyak untuk berpergian mau itu untuk tujuan bekerja ataupun ketempat lainnya. Pada umumnya mobil menggunakan bahan bakar minyak tetapi dengan semakin majunya teknologi sudah ditemukan mobil yang digerakan oleh tenaga listrik. Belum banyak memang yang menggunakan mobil listrik ini mungkin belum banyak yang tahu apa saja kelebihan yang dimiliki oleh mobil ini.

Berikut akan kami berikan daftar – daftar kelebihan mobil listrik yang tidak dimiliki oleh mobil konvensional yang masih menggunakan Bahan Bakar Minyak.

1. Merupakan Mobil Yang Ramah Lingkungan

Sumber Gambar : katadata.co.id

Namanya saja mobil listrik sudah tentu mobil yang satu ini menggunakan listrik sebagai tenaga utamanya yang menggunakan baterai sebagai mediumnya. Berbeda dengan mobil konvensional yang menggunakan Bahan Bakar Minyak yang dimana memiliki asap hasil pembakarannya. Mobil listrik tidak memiliki masalah itu sehingga mobil listrik dianggap mobil yang ramah lingkungan.

Mobil listrik merupakan mobil non emisi sehingga tidak akan menyebabkan kerusakan lingkungan yang disebabkan emisi kendaraan yang dapat menimbulkan polusi udara. Nah polusi inilah yang dapat merusak lingkungan sekitar dan harus kita hindari.

2. Tidak Menimbulkan Suara Yang Bising

Sumber Gambar : electrek.co

Kadang kita sering suka merasa terganggu dengan mobil – mobil yang memiliki suara yang bising atau rebut. Terutama mobil yang berbahan bakar solar yang dapat menimbulkan suara yang sangat bising. Hal ini terkadang membuat tidak nyaman untuk si pengendara, penumpang bahkan pengguna jalan lainnya.

Berbeda dengan mobil listrik, karena menggunakan listrik mobil ini tidak menimbulkan suara bising atau suara rebut sehingga membuat tidak hanya nyaman tetapi juga tidak mengganggu.

3. Pengisian Bahan Bakar Yang Fleksibel

Sumber Gambar : chargedevs.com

Bahan bakar merupakan komponen penting baik buat mobil yang menggunakan Bahan Bakar Minyak ataupun mobil dengan tenaga penggeraknya listrik. Sehingga tidak aneh kalau stasiun pengisian bahan bakar semakin menjamur karena semakin banyaknya para pengguna kendaraan bermotor. Tetapi salah satu kegiatan yang paling ingin kita hindari adalah antri ketika sedang ingin melakukan pengisian bahan bakar di POM bensin.

Akan tetapi hal itu hanya akan dirasakan bagi mereka yang mengemudikan mobil yang menggunakan Bahan Bakar Minyak. Karena buat mereka yang menggunakan mobil listrik tidak akan merasakan hal ini. Mobil listrik memang memiliki stasiun pengisian daya di luar sana akan tetapi mengisi daya di stasiun bukanlah pilihan satu – satunya. Tidak seperti mobil yang menggunakan Bahan Bakar Minyak yang sepertinya tidak diberikan banyak pilihan dalam hal pengisian bahan bakar.

Mobil listrik dapat melakukan pengisian daya di rumah. Ya.. di rumah tanpa perlu anda keluar dari rumah. Kalian hanya perlu memasang yang namanya Home Charging Station yang bisa kalian gunakan untuk mengisi daya mobil listrik kalian.

4. Perawatannya Tidak Ribet

Sumber Gambar : edfenergy.com

Mobil listrik memang dikenal dengan mobil yang memiliki harga yang relatif mahal dibandingkan mobil berbahan bakar minyak. Jadi banyak orang yang merasa kalau perawatannya juga akan memakan biaya yang besar dan ribet. Tetapi semua anggapan itu sepertinya kurang tepat karena mobil listrik sendiri tidak memiliki sistem pembuangan yang membuat perawatannya menjadi tidak seribet yang dipikirkan banyak orang.

Karena tidak memiliki sistem pembuangan kalian tidak perlu mengeluarkan dana lebih untuk mengganti oli yang dimana kita tahu harus kita ganti setiap bulannya kemudian juga kalian tidak perlu mengisi ulang komponen – komponen yang diperlukan untuk sistem pembakaran.

Untuk mobil listrik kalian cukup memberikan perhatian ekstra kepada baterai mobil kalian saja. Hal ini membuat mesin listrik yang digunakan dalam kendaraan ini lebih mudah dirawat dan treatment yang dilakukan juga ringan dan simple. Tidak ribet lah pokoknya.

5. Lebih Hemat

Sumber Gambar : udrivers.sg

Terlepas dari harganya yang relatif lebih mahal mobil listrik sendiri sebenarnya lebih hemat. Terutama dalam hal bahan bakar, seperti yang kita tahu kalau mobil listrik dalam pengisian bahan bakar atau daya menggunakan isi ulang ( Charge ). Sementara mobil konvensional memerlukan BBM untuk mengisi bahan bakarnya.

Nah, berdasarkan penelitian terhadap mobil listrik, untuk mencapai jarak 120 kilometer diperlukan biaya sebesar Rp. 75.000 saja sedangkan kalau kalian menggunakan mobil konvensional kalian memerlukan biaya hampir dua kali lipatnya.
Jadi yang mana lebih hemat?

Must Read