OUR NETWORK

Cara Menghidupkan Motor Injeksi Tanpa Aki

Seiring perkembangan teknologi yang sudah semakin canggih ini kebanyakan motor injeksi, sistem injeksinya sudah terinstal dengan aki. Jadi bagaimana caranya menghidupkan motor injeksi tanpa menggunakan aki?

Saat ini motor injeksi, sistem kelistrikannya sudah menggunakan aki. Bahkan komponen utama seperti ECU dan pompa bensin bersumber dari aki. Jadi kalau aki motor injeksi sudah tekor, maka akan lebih sulit untuk menyalakannya.

Bahkan motor matik injeksi keluaran terbaru, terlihat sudah tidak menggunakan kick starter. Jadi semua proses pengaktifan mesin mengandalkan aki. Kalau aki motor alami masalah maka prosesnya akan lebih rumit. Bahkan ada beberapa motor matik yang akan semakin ribet kalau akinya sudah tak berdaya.

Cara Mudah Hidupkan Motor Injeksi Tanpa Aki

Source Image : Medcom.id

Namun semua itu bukan tidak mungkin, sebenarnya walau akinya sedang mati mesin motor masih bisa dihidupkan lagi. Memang cukup sulit agar mesin bisa menyala namun cara ini bisa menjadi solusi terbaik dikala mendesak.

Semua itu bisa terjadi kalau masih ada tegangan aki sekitar 5 volt. Kalau tegangan aki dibawah 5 volt atau kosong, maka motor tersebut dikatakan mati total. Mengingat tidak ada sumber arus yang cukup untuk menghidupkan mesin.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menghidupkan motor injeksi walau akinya sudah tekor. Penasaran? berikut ini penjelasannya :

  1. Motor jenis kopling

Cara menghidupkan motor yang mati akibat akinya tekor yaitu dengan menerapkan teknik mendorong motor dengan memasukkan gigi 1 sambil menarik kopling sehingga bisa memicu mesin bekerja. Ketika sudah didorong dengan kecepatan tertentu kamu bisa lepaskan kopling maka mesin motor kemungkinan besar bisa hidup lagi.

  1. Motor matik

Kalau untuk motor matik kamu bisa memanfaatkan keberadaan kick starter. Silahkan lakukan kick starter secara berulang-ulang, pastikan kontak masih off dengan tujuan bahan bakar sudah mengisi ruang bakar. Nah, setelah itu kamu bisa kamu bisa menyalakan motor dengan memanfaatkan kick starter pada kontak sudah on. Langkah ini ternyata bisa membantu mengisi aki setelah proses kick starter beberapa kali.

  1. Memanfaatkan kapasitor bank

Ada pabrikan motor yang sudah melengkapi unit motornya dengan kapasitor bank. Keberadaan fitur ini bertugas sebagai penyimpanan sementara arus listrik yang bersumber dari aki dan spul.

Ketika aki motor alami drop, masih ada kapasitor yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber arus listrik. Jadi ketika daya aki sudah menurun masih ada kapasitor sebagai sumber tenaga cadangan. Tentunya dengan adanya kapasitor bank ini sangatlah membantu ketika aki sudah tidak berfungsi lagi mengeluarkan arus listrik.

Ciri-ciri motor yang memiliki kapasitor adalah terlihat dari benjolan kapasitor yang ada di kiprok. Kalau untuk motor tipe sport lokasi kapasitor terpisah dengan kiprok. Kalau untuk motor matik yang tidak memiliki kapasitor biasanya sudah dilengkapi dengan starter kick.

Kalau motor yang tidak ada kapasitornya, terdapat lampu indikator di speedometer. Ketika lampu indikator menyala ini menandakan kalau daya aki sudah melemah dan kondisi ini membutuhkan minimal daya 5 volt.

Agar kamu tidak alami masalah yang lebih serius, kamu harus tahu tanda-tanda aki motor matik yang sudah mulai rusak. Biasanya kamu akan kesulitan untuk menyalakan mesin motor. Jadi silahkan lakukan perawatan secara rutin agar kondisi motor tetap bagus dan nyaman untuk digunakan sehari-hari.

Itulah penjelasan mengenai beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyalakan motor injeksi tanpa aki. Semoga dengan sedikit penjelasan ini bisa bermanfaat untuk kamu yang alami masalah aki. Pastikan lakukan perawatan secara rutin agar motor tidak sampai alami aki mati.

 

 

 

Must Read