OUR NETWORK

Pilihan Motor Listrik Di Indonesia

Tidak hanya mobil saja yang mulai menggunakan tenaga utama baru yaitu listrik. Tetapi kendaraan bermotor dua juga sudah mulai menunjukan keseriusannya walaupun sebenarnya motor listrik sudah ada jauh sebelum adanya mobil listrik.

Semakin banyaknya orang yang mulai sadar dengan polusi udara yang dikeluarkan oleh emisi kendaraan konvensional mau itu roda dua ataupun roda empat membuat kendaraan yang menggunakan tenaga utama listrik ini semakin popular. Motor atau mobil listrik memang dikenal ramah lingkungan karena memang tidak memiliki emisi pembuangan seperti kendaraan konvensional yang menggunakan Bahan Bakar Minyak.

Khusus untuk kendaraan motor, pilihannya semakin banyak karena semakin banyak produsen atau pabrikan yang berlomba – lomba berinovasi untuk kendaraan yang satu ini.

Memang untuk infrastruktur untuk pengisian daya kendaraan bisa dibilang masih cukup jarang atau belum memadai tapi hal itu tidak menyurutkan minat para penggunannya.

Nah, berikut akan kami berikan daftar beberapa motor listrik yang bisa kalian dapatkan di Indonesia.

1. Gesits

Source Image: gesitsbsjp.co.id

Sepeda motor yang merupakan hasil kolaborasi antara Garasindo dengan Institut Sepuluh Nopember ( ITS ). Gesits sendiri dikabarkan sudah diproduksi pada tahun 2018 dan sudah melewati proses pengembangan sejak tahun 2015. Akan tetapi pada tahun 2019 pada ajang Indonesia International Motor Show ( IIMS ) lah motor ini secara resmi diluncurkan dan diperkenalkan kepada masyarakat luas.

Desain dari motor listrik Gesits ini tidak terlalu berbeda jauh dengan motor Matic kebanyakan yang berbahan bakar minyak selain dari sumber penggeraknya saja. Pada bagian depan terlihat sedikit meruncing dan dilengkapi dengan lampu utama HID Projection berteknologi LED yang berbentuk sipit dan juga Day Running Light ( DRL ) pada sisi kiri dan juga kanannya.

Gesits sendiri dibekali dengan baterai LITHIUM Ion NMC ( Nickel Manganese Cobalt ) yang memiliki spesifikasi 72V 20 Ampere, yang apabila dalam kondisi penuh Motor Listrik Gesits bisa melaju sejauh 70 kilometer.

2. EC – GO2

Sumber Gambar : Instagram @ecgo.2

EC – GO2 sebuah motor listrik produksi dari PT. Green City Traffic ini sudah dilengkapi dengan fitur – fitur terkini. Banyak aplikasi – aplikasi yang sudah terhitung canggih untuk motor listrik yang satu ini. Sebut saja GPS dan aplikasi yang bisa kalian pasangkan di smartphone kalian yang dapat memonitor informasi sepeda motor ini. Informasi yang dapat kalian pantau antara lain tentang kondisi baterai, suhu kendaraan, lokasi GPS, kecepatan serta data lokasi pengisian baterai di luar yang sudah terkoneksi dengan BMS ( Battery Management System ).

EC – GO2 ini diklaim dapat melaju hingga 70 kilometer per jam selain itu apabila dalam kondisi baterai penuh dapat menempuh jarak terjauh hingga 80 kilometer sekali jalan. Dan juga kelebihan motor listrik EC-GO2 adalah dapat melewati genangan air setinggi 30 centimeter.

3. Viar Q1

Sumber Gambar : Instagram @dealer_viar_indonesia

Pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show ( GIIAS ) 2019 lalu PT. Triangle Motorindo ( TM ) Viar Indonesia yang bekerja sama dengan Bosch, merek otomotif asal Jerman meluncurkan koleksi motor listrik terbaru milik mereka. Motor listrik koleksi baru mereka ini diberi nama Viar Q1 yang menurut banyak orang cukup menarik.

Motor Viar Q1 sudah dilengkapi dengan baterai yang sudah lebih baik dari generasi sebelumnya, baterai yang menemani motor ini juga sudah menggunakan baterai dengan kualitas yang lebih baik yaitu menggunakan dua buah baterai LITHIUM Ion dengan kapasitas masing – masing sebesar 60V 23Ah. Dua baterai itu diklaim mampu bertahan hingga jarak tempuh sejauh 120 kilometer.

Untuk penggeraknya sendiri Viar Q1 menggunakan tipe BLDC dari BOSCH yang dapat mengeluarkan tenaga sebesar 800 watt. Buat kalian yang tertarik untuk membeli mobil ini tidak perlu takut kalau motor ini mati ditengah jalan karena Viar Q1 memiliki baterai cadangan yang di taruh di bagasinya untuk menggantikan baterai yang habis dayanya.

4. Honda PCX Electric

Sumber Gambar : Instagram @motoroids_india

Motor Listrik keluaran PT. Honda Astra Motor ( AHM ) yang kalau kita lihat sekilas tidak ada bedanya dengan Motor PCX standar yang menggunakan Bahan Bakar Minyak. Tapi kalau diperhatikan dengan lebih teliti lagi ada perbedaan pada bagian lampu yang dimana semuanya sudah menggunakan Teknologi LED.

Motor Listrik PCX ini sendiri sudah dibekali dengan dua baterai Lithium – Ion dengan masing – masing berkapasitas 50,4V. Dengan kapasitas tersebut PCX Electric dapat menempuh jarak sejauh 69 kilometer dengan rata – rata kecepatan 40 kilometer per jam jika baterai terisi penuh.

 

Must Read